5 Tempat Wisata Terkenal yang Terletak di Pusat Kota Yogyakarta

Yogyakarta atau Yogya merupakan salah satu kota yang cukup banyak dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara

oleh Reza Efendi diperbarui 15 Sep 2022, 19:36 WIB
Diterbitkan 15 Sep 2022, 19:32 WIB
Keraton Yogyakarta
Keraton Yogyakarta (sumber: kratonjogja.id)

Liputan6.com, Yogyakarta Yogyakarta atau Yogya merupakan salah satu kota yang cukup banyak dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Kota yang dijuluki Kota Pelajar ini menawarkan cukup banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi.

Letak tempat wisata di Yogyakarta juga bisa dibilang cukup berdekatan, terutama yang berada di pusat Kota Yogyakarta, namun ada juga yang berada di luar pusat kota.

Berikut 5 tempat wisata terkenal yang berada di pusat Kota Yogyakarta, apa saja?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:


1. Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat

[Bintang] Yogyakarta
Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Yogyakarta. (Sumber Foto: jehhay/Instagram)

Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat merupakan istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat yang kini berlokasi di Kota Yogyakarta.

Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat menjadi salah satu tempat wisata favorit karena letaknya yang berada di pusat kota, tepatnya berada di Jalan Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Di Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, wisatawan bisa melihat langsung bagaimana isi dalam istana dan mengetahui cerita kehidupan kerajaan di masa lampau hingga saat ini.

Berkunjung ke Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, pengunjung dikenakan biaya masuk Rp 8.000 untuk wisatawan lokal dan Rp 15.000 untuk wisatawan asing.

Bagi wisatawan yang ingin mendengar bagaimana sejarah Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat dan isinya, bisa menggunakan jasa pemandu dengan membayar seikhlas hati.

Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga 14.00 WIB.

Beberapa fasilitas yang ada di Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat selain benda-benda kerajaan ada juga diorama dan manekin, etalase cinderamata bersejarah, pojok suvenir, dan lainnya.


2. Taman Sari Yogyakarta

Taman Sari Yogyakarta
Wisatawan berfoto di Taman Sari Yogyakarta (Reza Efendi/Liputan6.com)

Taman Sari Yogyakarta juga cukup banyak dikunjungi wisatawan baik lokal maupun asing.

Berada di Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Taman Sari Yogyakarta adalah situs bekas taman atau kebun istana Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Taman Sari ini dibangun di bekas keraton lama, Pesanggrahan Garjitawati, yang didirikan oleh Susuhunan Paku Buwono II sebagai tempat istirahat.

Kompleks Taman Sari setidaknya dapat dibagi menjadi 4 bagian. Bagian pertama adalah danau buatan yang terletak di sebelah barat.

Bagian selanjutnya adalah bangunan yang berada di sebelah selatan danau buatan antara lain Pemandian Umbul Binangun. Bagian ketiga adalah Pasarean Ledok Sari dan Kolam Garjitawati yang terletak di selatan bagian kedua.

Bagian terakhir adalah bagian sebelah timur bagian pertama dan kedua dan meluas ke arah timur sampai tenggara kompleks Magangan.

Taman Sari Yogyakarta buka pukul 09.00 WIB hingga 15.00 WIB dengan harga tiket masuk untuk wisatawan domestik adalah Rp 5.000 per orang, sedangkan harga tiket masuk wisatawan asing adalah Rp 15.000 per orang.


3. Alun-alun Kidul Yogya

Odong-odong yang mengitari Alun-alun Kidul Yogyakarta
Di malam hari, nampaklah odong-odong unik khas Alun-alun Kidul yang mengitari kota Yogyakarta. (dok. instagram.com/destinasinusantara/https://tourjogja.com/read/18/jalan-malioboro-the-24-hours-street.html/Esther Novita Inochi)

Alun-alun Kidul merupakan halaman belakang Keraton Yogyakarta yang banyak dikunjungi tak hanya wisatawan, tetapi juga warga lokal untuk sekadar bersantai.

Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Alun-alun Kidul seperti menikmati beragam jajanan pinggir jalan sambil duduk lesehan di tengah alun-alun. Atau sekadar duduk santai dengan teman atau keluarga.

Ada tradisi unik yang sering dilakukan saat berada di Alun-alun Kidul yaitu berjalan dengan mata tertutup melewati pohon beringin kembar yang berada di tengah alun-alun.


4. Tugu Yogyakarta

Tugu Yogyakarta
Wisatawan berfoto di Tugu Yogyakarta (Reza Efendi/Liputan6.com)

Berkunjung ke Yogyakarta tak lengkap rasanya jika tak mengunjungi dan berfoto dengan latar belakang Tugu Yogyakarta.

Tugu Yogyakarta berada di Jalan Jendral Sudirman, Gowongan, Kecamatan Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta dan merupakan ikon Kota Yogya yang cukup terkenal.

Tugu Yogyakarta akan ramai dikunjungi pada malam hari untuk sekadar berfoto atau duduk lesehan dengan pemandangan lalul intas Kota Yogya.

Ada beragam kuliner khas Yogya yang bisa dicoba saat Anda berada di Tugu Yogyakarta, seperti kuliner khas angkringan, kopi jos dan lainnya.

Tepat di dekat Tugu Yogyakarta tersebut ada orang yang mengenakan pakaian khas abdi dalem yang bisa diajak berfoto.


5. Jalan Malioboro

Ilustrasi Jalan Malioboro, Yogyakarta
Ilustrasi Jalan Malioboro, Yogyakarta. (Photo by Agto Nugroho on Unsplash)

Jalan Malioboro tentu sudah tidak asing lagi di telinga dan selalu dipadati wisatawan hampir setiap hari.

Jalan Malioboro memiliki panjang sekitar 2 kilometer dan banyaknya toko-toko yang menjual beragam oleh-oleh khas Yogyakarta menjadi salah satu alasan wisatwan mengunjungi Malioboro.

Jalan Malioboro adalah nama salah satu kawasan jalan dari 3 jalan di Kota Yogyakarta yang membentang dari Tugu Yogyakarta hingga ke perempatan Kantor Pos Yogyakarta.

Secara keseluruhan terdiri atas Jalan Margo Utomo, Jalan Malioboro, dan Jalan Margo Mulyo. Jalan ini merupakan poros Garis Imajiner Kraton Yogyakarta.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya