3 Pulau Paling Populer di Sumenep, Tempat Populer Wisatawan Asing

Beberapa pulau tersebut sudah sering menjadi kunjungan wisatawan domestik sampai mancanegara karena memiliki daya tarik tersendiri.

oleh Panji Prayitno diperbarui 17 Jan 2023, 15:00 WIB
Diterbitkan 17 Jan 2023, 15:00 WIB
3 Pulau Paling Populer di Sumenep, Tempat Populer Wisatawan Asing
Gili Iyang Pulau Oksigen di Madura. foto: @andrepoetra_. (dok.Instagram @exploremadura/https://www.instagram.com/p/BpYs-Yal0ZL/Henry

Liputan6.com, Jakarta - Kabupaten Sumenep merupakan tempat dengan pesona keindahan yang terhampar di ujung timur pulau Madura Jawa Timur.

Sebuah kabupaten dan kota yang memiliki ratusan pulau di Jawa Timur. Bahkan, beberapa pulau tersebut sudah sering menjadi kunjungan wisatawan domestik sampai mancanegara.

Terdapat beragam wisata yang ada di Kabupaten Sumenep, mulai dari wisata sejarah, wisata alam, wisata religi, hingga kulinernya. Termasuk pulau-pulau kecil yang juga menyimpan pesona yang luar biasa. Berikut beberapa pulau di Sumenep, yang bisa kamu kunjungi:

Gili Iyang

Gili Iyang tekenal dengan kualitas oksigennya yang terbaik di Indonesia. Itulah salah satu alasan kenapa banyak sekali turis mancanegara tertarik untuk datang ke Gili Iyang.

Pulau kecil di tengah belasan ribu pulau di kawasan nusantara itu didatangi banyak kalangan yang ingin menghirup kesegaran dan kebersihan oksigennya. Terdapat tebing curam yang menghadap ke Laut Jawa, namanya Batu Cangga.

Tempat ini berbentuk rongga mirip Lorong, kemudian secara alamiah disangga batu layaknya pilar dalam bangunan tumah. Di pulau ini orang-orang biasanya melakukan swafoto untuk mengabadikan momen bahwa mereka sudah pernah mengunjungi Gili Iyang.

Ada juga dua gua yang keberadaannya ikut menyumbang kualitas udara di sekitar tempat itu, namanya Gua Mahakarya dan Gua Celeng.

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

Saksikan video pilihan berikut ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Gili Labak

Daya tarik dari pulau Gili Labak terletak pada pesona hamparan pasir putihnya yang sangat luas. Bahkan, sebelum perahu sampai di pulau Gili Labak, pesona pasir putihnya sudah sangat terlihat jelas.

Di pulau ini kalian juga bisa menikmati pemandangan bawah lautnnya, dengan snorkeling, apalagi ombaknya terbilang sangat kecil.

Untuk harga tiket masuk pulau Gili Labak, terbilang hanya untuk biaya transportasi perahu saja.

Pulau Gili Genting

Jangan heran jika Sumenep didominasi oleh objek wisata berupa pulau cantik yang menawan. Karena setidaknya terdapat 126 pulau-pulau kecil. Salah-satu yang terkenal adalah Pulau Gili Genting.

Gili Genting merupakan kecamatan yang memiliki pantai eksotis yang bernama Pantai Sembilan. Nama Pantai Sembilan merujuk kepada bentuk pasir pantainya seperti angka sembilan. Bentukan tersebut dari sebuah proses alamiah.

Pesona keindahan lainnya yaitu airnya yang masih bersih, menyajikan dua warna khas dari pantai yang indah, yaitu warna hijau tosca, dan biru. Itulah 3 pulau terpopuler yang ada di Sumenep. Ingat, Sumenep memiliki banyak pulau dengan pesonanya yang beragam dan berbeda di setiap pulaunya. Ini baru 3 terpopuler, bagaimana dengan keindahan pulau yang ada di Sumenep lainnya?

Penulis: Nila Amalia Putri

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya