Kale vs Horenso, Mana yang Lebih Sehat? Yuk, Cari Tahu!

Kale dan horenso keduanya termasuk dalam keluarga sayuran hijau yang sangat sehat. Keduanya memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, termasuk vitamin, mineral, dan serat, serta rendah kalori dan karbohidrat.

oleh Mega Dwi Anggraeni diperbarui 27 Feb 2023, 16:00 WIB
Diterbitkan 27 Feb 2023, 16:00 WIB
Bayam
Credit: Shutterstock.com

Liputan6.com, Jakarta - Kale dan horenso atau bayam Jepang merupakan sayuran hijau yang kerap digunakan sebagai bahan smoothie. Namun, bagaimana dengan kandungan nutrisi keduanya? Berikut ulasannya!

Kale dan Horenso keduanya termasuk dalam keluarga sayuran hijau yang sangat sehat. Keduanya memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, termasuk vitamin, mineral, dan serat, serta rendah kalori dan karbohidrat. Meskipun keduanya sangat baik untuk kesehatan, setiap sayuran memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda.

Kale lebih kaya akan beberapa nutrisi tertentu seperti vitamin K, vitamin C, vitamin A, dan mineral seperti kalsium dan zat besi. Kale juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang membantu melawan kerusakan sel dan radikal bebas dalam tubuh.

Di sisi lain, horenszo lebih kaya akan beberapa nutrisi lain seperti vitamin B6, folat, dan magnesium. Horenso juga mengandung senyawa antioksidan yang kuat seperti lutein dan zeaxanthin, yang baik untuk kesehatan mata.

Melansir dari berbagai sumber, berikut adalah perbedaan nutrisi dari kale dan horenso.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kandungan Nutrisi Horenso

ilustrasi jus bayam untuk menjaga sistem imun tubuh/pixabay
ilustrasi jus bayam untuk menjaga sistem imun tubuh/pixabay

Berikut ini adalah beberapa kandungan nutrisi penting yang terdapat pada 100 gram horenso mentah:

Kalori: 23 kalori

Karbohidrat: 3,6 gram

Protein: 2,9 gram

Lemak: 0,4 gram

Serat: 2,2 gram

Vitamin A: 469 mikrogram

Vitamin C: 28,1 miligram

Vitamin K: 482,9 mikrogram

Folat: 194 mikrogram

Besi: 2,7 miligram

Kalsium: 99 miligram

Magnesium: 79 miligram

Kalium: 558 miligram

Horenso juga mengandung senyawa aktif seperti lutein, zeaxanthin, flavonoid, dan beta-karoten yang memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan, dan dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel.

 


Kandungan Nutrisi Kale

Kale
Kale, sayuran hijau kaya kalsium (Foto: .shamatapilates)

Berikut ini adalah beberapa kandungan nutrisi penting yang terdapat pada 100 gram kale mentah:

Energi: 35 kal

Protein: 2,9 g

Karbohidrat: 4,4 g

Serat: 4,1 g

Lemak total: 1,5 g

Retinol (vitamin A): 241 mcg

Tiamin (vitamin B1): 0,113 mg

Vitamin C: 93,4 mg

Vitamin K: 390 mcg

Asam Folat: 62 mcg

Lutein + Zeaxanthin: 6.960 mcg

Fosfor: 55 mg

Kalium: 348 mg

Kalsium: 254 mg

Seng: 0,39 mg

Kale juga mengandung senyawa aktif seperti lutein, zeaxanthin, kaempferol, dan quercetin yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi serta dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel.

Ada beberapa perbedaan kecil dalam kandungan gizi dan manfaat kesehatan kale dan horenso. Meski begitu, keduanya merupakan sayuran dengan nutrisi yang padat dan dapat dinikmati sebagai bagian dari diet sehat yang lengkap.

Idealnya, cobalah memasukkan beberapa porsi masing-masing ke dalam makanan mingguan kamu, bersama dengan bermacam-macam sayuran hijau lainnya, seperti romaine, chard Swiss, dan kubis.

Masing-masing bahan ini tidak hanya memberikan rangkaian nutrisi yang berbeda, tetapi juga dapat menambahkan sedikit variasi dan rasa baru ke dalam makanan kamu.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya