Sambut Bulan Suci Ramadan, Ini 6 Menu Buka Puasa yang Sehat

Bulan Ramadan menjadi bulan yang dinantikan oleh para umat muslim di seluruh dunia dan Indonesia.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 23 Mar 2023, 18:00 WIB
Diterbitkan 23 Mar 2023, 18:00 WIB
5 Menu Cepat Saji Lezat untuk Sahur dan Berbuka Puasa
Ilustrasi telur ceplok disajikan dengan nasi hangat.

Liputan6.com, Bandung - Bulan Ramadan menjadi bulan yang dinantikan umat Muslim di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia. Bulan ini tidak hanya menjadi kesempatan untuk memperbaiki diri dan memperoleh pahala, tetapi juga banyak hal lain yang bisa dipelajari.

Ramadan mengajarkan kita untuk berpuasa dan menahan nafsu. Maka dari itu, asupan makanan yang kita makan untuk menjalani aktivitas selama puasa pun harus baik.

Ada banyak makanan sehat yang bisa kita makan ketika sahur dan juga berbuka puasa. Karena itu, penting untuk kita memilih makanan-makanan yang sehat untuk asupan pada bulan puasa ini dengan benar.

Perlu makanan yang bisa menjaga daya tahan tubuh selama puasa serta mengandung nutrisi baik agar tetap semangat.

Tapi perlu diingat ketika berbuka puasa tidak boleh berlebihan apalagi bisa membuat tubuh justru mendatangkan sejumlah penyakit yang tidak diinginkan. Berikut ini enam menu buka puasa sehat yang bisa kamu olah untuk keluarga dirumah:

1. Kurma

Seperti kita ketahui ketika berpuasa dianjurkan untuk berbuka dengan yang manis terlebih dahulu. Salah satunya adalah berbuka dengan kurma yang bahkan merupakan salah satu sunnah dari Rasulullah SAW.

2. Buah-buahan

Salah satu menu berbuka puasa dengan makanan manis yang lebih sehat adalah berbuka dengan buah-buahan. Ada banyak sekali buah-buahan yang mengandung nutrisi baik untuk tubuh dan berbuka dengan buah menghindarkan kita dari mengonsumsi gula karena sebagian buah-buahan sudah mempunyai rasa manisnya sendiri.

3. Ikan

Menu makanan buka puasa yang lainnya adalah mengonsumsi ikan karena ikan kaya akan nutrisi, vitamin, dan rendah lemak. Tidak heran mengkonsumsi ikan ketika berbuka puasa sangatlah sehat dan direkomendasikan terutama dimakan dengan lauk lainnya yang sehat juga.

4. Sayur-sayuran

Sama seperti buah-buahan menu berbuka dengan sayur-sayuran tentunya sangat sehat untuk tubuh terutama di bulan suci Ramadan. Ada banyak olahan makanan sayuran menarik yang bisa kamu buat untuk keluarga dan bisa bervariasi sepanjang bulan puasa ini.

5. Tempe orek

Tempe adalah menu makanan yang disukai oleh masyarakat Indonesia ada banyak olahan tempe yang bisa dibuat salah satunya tempe orek. Menu makanan ini murah dan juga sederhana, tetapi mengandung berbagai manfaat untuk kesehatan seperti menjaga kesehatan jantung dan bisa jadi antioksidan dan anti-inflamasi.

6. Olahan daging

Untuk makanan berat dalam berbuka puasa Anda bisa membuat menu makanan berbuka dari olahan daging. Karena daging mengandung sejumlah manfaat seperti sumber zat besi yang baik untuk tubuh. Anda bisa membuat olahan daging untuk keluarga seperti membuat sup ayam, soto, dan lain sebagainya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya