Pace Mace, Ini Lokasi Penukaran Uang Jelang Idul Fitri 1444 H di Papua

Uang layak edar yang disiapkan akan didistribusikan melalui perbankan di Jayapura dan 7 kas titipan Bank Indonesia di Biak, Merauke, Nabire, Sorong, Serui, Timika dan Wamena.

oleh Katharina Janur diperbarui 19 Apr 2023, 16:40 WIB
Diterbitkan 31 Mar 2023, 05:00 WIB
Layanan Penukaran Uang Receh untuk Lebaran
Warga menukarkan uang pecahan kecil di mobil Kas Keliling BI, Pasar Rawa Bening, Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (18/4/2022). Bank Indonesia (BI) telah menyiapkan layanan penukaran uang tunai baru untuk kebutuhan Ramadhan dan Idul Fitri. (merdeka.com/Iqbal S.Nugroho)

Liputan6.com, Jayapura - Bank Indonesia Provinsi Papua menyiapkan uang layak edar Rp1,39 miliar pada bulan suci Ramadan dan Idul fitri 1444 Hijriyah. Uang tunai yang disiapkan lebih banyak dari tahun sebelumnya, yakni senilai Rp1,31 miliar. Artinya, kebutuhan uang tunai di Papua pada Ramadan dan Idul Fitri tahun ini meningkat 3,1 persen untuk tahun ini.

Uang layak edar yang disiapkan akan didistribusikan melalui perbankan di Jayapura dan 7 kas titipan Bank Indonesia di Biak, Merauke, Nabire, Sorong, Serui, Timika, dan Wamena. 

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Papua, Juli Budi Winantya menyampaikan bersama dengan perbankan di Papua menyediakan 107 titik layanan penukaran uang yang mencakup Provinsi Papua, Papua Tengah, Papua Pegunungan dan Papua Selatan.

"Jumlah ini bertambah 24 titik dibandingkan tahun sebelumnya. Uang tunai yang disiapkan terdiri dari Rp1,31 triliun Uang Pecahan Besar (UPB) dan Rp80 miliar Uang Pecahan Kecil (UPK)," kata Juli.

Di luar 107 titik layanan penukaran di perbankan, KPw BI Papua juga menyediakan opsi layanan penukaran uang melalui kas keliling ritel di wilayah Kota Jayapura (Pasar Youtefa, Pasar Hamadi, Pasar Skouw, dan beberapa pusat pertokoan/perbelanjaan lain di daerah Entrop, Abepura, Koya dan Tanah Hitam).

Lalu pada kas keliling kepada lembaga/instansi di sekitar Kota Jayapura, dan layanan penukaran uang di area penumpang pelabuhan di Kota Jayapura. Khusus untuk layanan penukaran di kas keliling, masyarakat diharapkan melakukan pemesanan terlebih dahulu melalui aplikasi PINTAR (https://pintar.bi.go.id).

Juli mengajak masyarakat untuk “Cinta, Bangga, dan Paham Rupiah". Implementasi cinta Rupiah yaitu dengan merawat Uang Rupiah, bangga Rupiah dengan menggunakan Uang Rupiah dalam setiap transaksi, serta paham Rupiah dengan membelanjakan Uang Rupiah secara bijak. 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya