Dermaga Pelabuhan Bakauheni Lampung Terpantau Sepi Senin Pagi atau H-5 Lebaran Idul Fitri 2023

Pemudik di dermaga Pelabuhan Bakauheni, Lampung, tampak sepi di Senin pagi (17/4/2023) atau lima hari menjelang Lebaran Idul Fitri 2023.

oleh Liputan6.com diperbarui 17 Apr 2023, 11:16 WIB
Diterbitkan 17 Apr 2023, 11:16 WIB
Pelabuhan.
Kondisi Pelabuhan Bakauheni. (Foto: Istimewa)

 

Liputan6.com, Lampung - Pemudik di dermaga Pelabuhan Bakauheni, Lampung, tampak sepi di Senin pagi (17/4/2023) atau lima hari menjelang Lebaran Idul Fitri 2023

Jika dibandingkan dengan kondisi pada Minggu (16/42023) kemarin, tidak banyak pemudik yang berada di dermaga untuk mengakses layanan penyeberangan menuju ke Pulau Jawa pada Senin pagi. Dermaga Pelabuhan Bakauheni terlihat lengang.

"Dari pagi sepi, ini saja belum sama sekali bawa barang orang," kata Dul Karim (50), seorang kuli panggul di Pelabuhan Bakauheni.

"Kalau kita prediksi sih mulai ramai pemudik itu nanti H-3, karena memang sudah di prediksi oleh pihak ASDP juga tahun ini akan naik (jumlah pemudik)," katanya.

Berdasarkan data Posko Mudik Lebaran Pelabuhan Bakauheni selama periode 16 April 2023 pukul 08.00 WIB hingga 17 April 2023 pukul 08.00 WIB, ada 29 kapal yang beroperasi dan 99 trip kapal di Pelabuhan Bakauheni.

Jumlah penumpang kapal yang tidak membawa kendaraan tercatat meningkat menjadi 1.817 orang dari 718 orang pada kurun yang sama tahun 2022.

​​​​​​​General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni Rudi Sunarko mengimbau pengguna layanan kapal penyeberangan membeli tiket feri jauh hari sebelum waktu keberangkatan.

"Kami mengimbau untuk calon pemudik dari Pulau Jawa ke Sumatera dan sebaliknya yang akan menggunakan jasa penyeberangan ASDP untuk membeli tiket dari jauh hari," kata Rudi Sunarko.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pengamanan Merak-Bakauheni

Kepolisian Daerah (Polda) Banten meningkatkan pelayanan kelancaran arus lalu lintas kendaraan dan pengamanan jalur mudik Lebaran 2023 di Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Ciwandan, Banten.

"Kami hari ini dalam rapat bersama Kemenhub dan PT ASDP Merak membahas tentang kelancaran dan pengamanan arus mudik Lebaran," kata Wakapolda Banten Brigjen Pol M Sabilul Alif dalam keterangannya di Merak, Banten, Minggu.

Ia mengatakan rapat digelar untuk meningkatkan pelayanan dan kelancaran arus lalu lintas di pelabuhan penyeberangan pada masa angkutan Lebaran, terutama pada lintas penyeberangan Merak-Bakaheuni.

Menurut dia, Polri tidak hanya fokus pada pengaturan arus lalu lintas di dermaga, tapi juga fokus untuk keamanan dan kenyamanan yang ada di rute-rute jalan yang dilewati oleh para pemudik.

Kepolisian juga sudah melakukan antisipasi terhadap pungutan liar yang dilakukan oleh oknum-oknum tertentu dan dipastikan jalur yang dilewati oleh pemudik tidak ada pemalakan, tidak ada aksi pencurian yang dilakukan.

Karena itu, pihaknya memperbanyak personel yang diturunkan dalam pelaksanaan pengamanan arus mudik.

"Kita pastikan dengan cara pola yang pertama adalah kita akan memperbanyak anggota patroli sabhara pada jalur-jalur tersebut, yang kedua menempatkan anggota-anggota yang tidak memakai seragam yang bisa melakukan penangkapan apabila menemukan hal-hal tersebut," kata Sabilul.

Menurut dia,sampai saat ini, belum ada laporan kejahatan dan antisipasi sudah dimaksimalkan dalam pelaksanaannya sampai nanti selesai operasi.

Pihaknya juga telah melakukan antisipasi terhadap crosing pada jalur arteri.

"Crosing sudah kita antisipasi, bagaimana crosing dari jalur arteri dari gerbang tol, kita sudah menginformasikan dari awal bahwa untuk motor yang dari jalur arteri dan untuk crosing hingga tadi malam tidak terjadi, kita harapkan polda pengaturan crosing tersebut dapat kita an

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya