Viral WNA Ludahi Imam Masjid di Buahbatu Bandung, Polisi Tangkap Pelaku

Pihak kepolisian menangkap pria yang diketahui memiliki paspor Australia berinisial MB (48) di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Sabtu (29/4/2023)

oleh Huyogo Simbolon diperbarui 29 Apr 2023, 18:00 WIB
Diterbitkan 29 Apr 2023, 18:00 WIB
Polisi menangkap warga Australia yang meludahi seorang imam masjid di kawasan Bandung, Jawa Barat. Peristiwa ini pun viral di media sosial.
Polisi menangkap warga Australia yang meludahi seorang imam masjid di kawasan Bandung, Jawa Barat. Peristiwa ini pun viral di media sosial.

Liputan6.com, Bandung - Media sosial riuh atas sebuah video rekaman CCTV yang memperlihatkan warga negara asing (WNA) meludahi imam masjid di Kota Bandung. Tak berselang lama, pihak kepolisian menangkap pria yang diketahui memiliki paspor Australia itu.

Pihak Polrestabes Bandung mengamankan pria asal Australia berinisial MB (48) di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Sabtu (29/4/2023) sekitar pukul 01.00 WIB. MB ditangkap saat hendak kembali ke negaranya Australia.

"Alhamdulillah, kami dapat bantuan dengan kepala imigrasi khusus Soekarno Hatta ternyata sudah mau berangkat ke negaranya. Sehingga kami berkoordinasi untuk melakukan penundaan sementara yang bersangkutan agar bisa diamankan terlebih dahulu untuk dimintai keterangan di Polrestabes Bandung," kata Kepala Polrestabes Bandung Kombes Budi Sartono di Bandung, Sabtu (29/4/2023).

Budi menjelaskan, WNA Australia itu saat ini sudah berada di Mapolrestabes Bandung untuk dimintai keterangan atas dugaan perbuatan tidak menyenangkan di tempat umum. Namun, belum ada hasil pemeriksaan mengingat masih menunggu pemeriksaan tim penyidik.

"Hasilnya lihat dulu seperti apa dari pemeriksaan," ujarnya.

Budi mengatakan, penyelidikan dilakukan berdasarkan pemeriksaan terhadap saksi korban imam masjid Al Muhajir yang merasa dilakukan perbuatan tidak menyenangkan.

"Ternyata benar ada pelapor atau korban yang merasa dilakukan perbuatan tidak menyenangkan oleh warga negara asing," ucapnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, imam Masjid Al-Muhajir bernama Muhammad Basri Anwar mendapat perlakuan tak menyenangkan dari WNA pada Jumat pagi (28/4/2023). Aksi WNA yang belakangan diketahui berasal dari Australia itu terekam CCTV.

Akun @fakta_bandung, turut membagikan unggahan video tersebut. Terlihat dalam video yang tersebar di media sosial, pria WNA Australia itu saat masuk masjid tanpa melepaskan alas kaki.

Lalu sampai ke batas suci, pria asing itu terlihat marah-marah kepada imam masjid sambil mengeluarkan kata-kata kasar.

Tak sampai di situ, pria asing tersebut mendekat ke imam masjid dan tiba-tiba meludah. Menerima ludah dari pelaku, imam masjid itu pun melarikan diri.

Menurut pengakuan imam masjid, WNA itu merasa terganggu dengan lantunan ayat suci sehingga melakukan aksi tersebut.

“Pas lagi Jumat Bersih kan suka ada murotal Al Quran, kayanya dia merasa terganggu,” kata Basri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya