Railink Uji Coba Terbatas Perpanjangan Layanan Kereta Api Srilelawangsa

PT Railink (KAI Bandara) melakukan perpanjangan layanan Kereta Api Srilelawangsa dari Stasiun Kuala Bingai sampai dengan Bandara Kualanamu pada September 2023.

oleh Reza Efendi diperbarui 29 Agu 2023, 18:22 WIB
Diterbitkan 29 Agu 2023, 18:22 WIB
PT Railink
Perpanjangan layanan Kereta Api Srilelawangsa dari Stasiun Kuala Bingai sampai dengan Bandara Kualanamu (Reza Efendi/Liputan6.com)

Liputan6.com, Medan PT Railink (KAI Bandara) melakukan perpanjangan layanan Kereta Api Srilelawangsa dari Stasiun Kuala Bingai sampai dengan Bandara Kualanamu pada September 2023.

Untuk mempersiapkan hal tersebut, uji coba terbatas dilakukan Selasa (29/8/2023) bersama perwakilan dari kantor pusat PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) dan Divisi Regional 1 Sumatera Utara (Divre 1 Sumut).

Direktur Utama PT Railink, Porwanto Handry Nugroho mengatakan, mulai September 2023, PT Railink akan menjadi operator Kereta Api Srilelawangsa, dengan rencana perpanjangan lintas pelayanan dari Stasiun Kuala Bingai hingga Stasiun Bandara Kualanamu.

Penambahan lintas pelayanan Kereta Api Srilelawangsa ini diharapkan dapat mengakomodir demand penumpang dengan kebutuhan mobilisasi urban, serta mendorong minat masyarakat untuk memaksimalkan pemanfaatan transportasi publik, baik dari maupun menuju Kota Medan.

"Perpanjangan layanan ini akan menjamin kemudahan masyarakat untuk mengakses Bandara Kualanamu," kata Porwanto.

 


Pembelian Tiket

PT Railink
Loket pembelian tiket di Stasiun Binjai (Reza Efendi/Liputan6.com)

Kereta Api Srilelawangsa akan melayani penumpang dengan menggunakan sarana kereta api bandara, untuk relasi dari Stasiun Kuala Bingai menuju Stasiun Bandara Kualanamu.

Porwanto juga menambahkan, tiket Kereta Api Srilelawangsa dapat dibeli via aplikasi KA Bandara, aplikasi Access by KAI, website resmi PT Railink, serta pembelian langsung di stasiun melalui mesin tiket.

Turut dalam uji coba, Direktur Operasi dan Teknik PT Railink, Anggoro Triwibowo. Vice President of Subsidiary Monitoring and Evaluation PT KAI (Persero), Ari Mulyono Madyo Saputro, Komersial dan Pelayanan PT Railink, Diah Suryandari, kemudian Indah Suryandari, Direktur Administrasi dan Keuangan PT Railink.


Penambahan Stasiun

PT Railink
Manager Komersial dan Pelayanan PT Railink, Diah Suryandari (Reza Efendi/Liputan6.com)

Manager Komersial dan Pelayanan PT Railink, Diah Suryandari menjelaskan, akan ada 2 lintas layanan untuk Kereta Api Srilelawangsa yang relasinya existing atau yang sudah ada saat ini dari Stasiun Kuala Bingai-Binjai-Medan.

Kemudian Kereta Api Bandara nantinya akan ada penambahan stasiun Medan-Bandar Kalipah-Batang Kuis-Araskabu-Stasiun Bandara Kualanamu.

"Nantinya ada penambahan Stasiun Batang Kuis dan Araskabu untuk melayani naik turun penumpang, karena sebelumnya Kereta Api Bandara hanya melayani Medan-Bandar Kalipah- Stasiun Bandara Kualanamu," sebutnya.

Diungkapkan Diah, rencananya September atau semester II 2023 bisa dimulai. Terkait infrastruktur, saat ini sudah ready atau siap, begitu juga dengan pelayanan, loket pembelian tiket kereta api di Stasiun Binjai.

"Kita sedang melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait, terutama stakeholder," Diah menandaskan.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya