Mencicipi Kuliner Legendaris di Ciamis, Ini 5 Tempat Makan yang Wajib Dikunjungi

Berikut deretan tempat yang wajib dikunjungi saat ingin mencicipi kuliner legendaris Ciamis

oleh Switzy Sabandar diperbarui 23 Sep 2023, 17:00 WIB
Diterbitkan 23 Sep 2023, 17:00 WIB
bakso daging
ilustrasi bakso sapi/copyright By yuda chen (Shutterstock)

Liputan6.com, Ciamis - Selain kaya akan sejarah dan budaya, Ciamis juga memiliki ragam kuliner legendaris yang masih eksis hingga kini. Ragam kuliner ini wajib diburu para wisatawan saat berkunjung ke Kota Pensiun ini.

Kuliner-kuliner Ciamis yang legendaris ini dijajakan di beberapa tempat makan yang juga legendaris. Cita rasa yang autentik menjadi ciri khas dan rahasia eksistensi tempat makan ini.

Mengutip dari Visit Ciamis, berikut deretan tempat yang wajib dikunjungi saat ingin mencicipi kuliner legendaris Ciamis:

1. Bakso H. Oding

Bakso H Oding berlokasi di Jalan Ir H Juanda No.147, Ciamis, Jawa Barat. Tempat makan ini menjadi salah satu tempat favorit untuk menikmati bakso di Ciamis. Uniknya, sajian bakso di tempat makan ini ditambahkan dengan mi golosor, yakni mi berbahan dasar sagu aren.

2. Bubur Pusaka

Bubur adalah jenis makanan yang dibuat melalui proses pelunakan dengan cara direbus. Terdapat banyak macam bubur, di antaranya bubur ayam, bubur kacang hijau, bubur ketan hitam, dan lainnya.

Untuk menikmati aneka macam bubur di Ciamis, pengunjung bisa menuju ke Bubur Pusaka. Bubur Pusaka berlokasi di Jalan Pemuda No.194, Ciamis, Jawa Barat.

3. Kupat Tahu Ocih

Kupat tahu merupakan sajian kupat dan tahu yang dilumuri dengan bumbu kacang. Terdapat warung kupat tahu legendaris di Ciamis, yaitu Kupat Tahu Ocih. Tempat makan ini berlokasi di Jalan WR Supratman, Ciamis, Jawa Barat.

Konon. warung ini sudah ada sejak 1970an dan sekarang sudah dikelola oleh generasi ketiga dari keluarga Pak Ocih. Kupat tahu si tempat ini dibuat dengan proses tradisional dengan menggunakan tungku dan bahan bakar kayu.

Proses menghaluskan bumbu juga dilakukan secara manual, tanpa memanfaatkan blender. Adapun jenis bumbu yang ditawarkan ada empat macam, yaitu bumbu cuka iris bawang, bumbu sayur, bumbu kacang, dan bumbu campuran.


Sate dan Gule H Etom

4. Sate dan Gule H Etom

Sate merupakan makanan khas Indonesia yang mudah ditemukan, termasuk di Ciamis. Sate dan Gule H Etom yang berlokasi di Jalan Pemuda No.48, Ciamis, Jawa Barat ini sudah ada sejak 1965-an.

Hampir semua warga ciamis sudah pernah mencicipi kuliner yang kini telah dipegang oleh generasi ketiga keluarga H Etom. Sate yang disajikan menyuguhkan rasa yang khas dan sudah diwariskan secara turun-temurun.

5. Soto Iyun

Selain sate, soto juga merupakan makanan sejuta umat masyarakat Indonesia. Terdapat warung soto legendaris di Ciamis yang masih diolah dengan cara tradisional, yaitu Soto Iyun.

Soto Iyun berlokasi di Jalan WR Supratman, Ciamis, Jawa Barat. Proses produksi Soto Iyun masih dilakukan dengan cara tradisional, yakni menggunakan tungku.

Api yang dihasilkan dari kayu bakar ini menjadikan kualitas sajian soto lebih nikmat. Selain itu, resep sotonya pun telah diwariskan secara turun-temurun, sehingga terasa berbeda dengan soto pada umumnya.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya