Polisi Jaga Ketat 11 Titik Kota Bandung di Malam Tahun Baru 2024, Mana Saja?

Pengamanan ditingkatkan di antaranya di daerah Jalan Sukajadi, Setiabudi, Cipaganti, Cihampelas, Dago, Ahmad Yani, dan Cimencrang.

oleh Dikdik Ripaldi diperbarui 31 Des 2023, 04:30 WIB
Diterbitkan 31 Des 2023, 04:30 WIB
Jalur Puncak Jelang Malam Pergantian Tahun
Petugas gabungan menghentikan pengendara mobil yang hendak menuju Puncak di Simpang Gadog, Bogor, Kamis (24/12/2020). Polisi bakal menutup jalur Puncak guna mengantisipasi lonjakan volume kendaraan dan penyebaran Covid-19 seiring peringatan malam tahun baru. (merdeka.com/Arie Basuki)

Liputan6.com, Bandung - Pihak kepolisian akan meningkatkan pengamanan di sejumlah wilayah yang berpotensi jadi titik keramaian di Kota Bandung pada malam tahun baru 2023/2024.

Kelapa Bagian Ops Polrestabes Bandung, AKBP Sumari mengatakan, pengamanan ditingkatkan di antaranya di daerah Jalan Sukajadi, Setiabudi, Cipaganti, Cihampelas, Dago, Ahmad Yani, dan Cimencrang.

"Plotting personil dipertebal di 11 titik konsentrasi massa salah satunya di fly over Psupati, Jalan Braga, Asia Afrika, Alun-alun Bandung, dan Ir. Djuanda karena di sana pasti ada penumpukan," katanya dalam keterangan pers di Bandung, dikutip Sabtu, 30 Desember 2023.

Sumari menyampaikan, pengamanan tidak hanya ditingkatkan di wilayah pusat kota tapi juga di daerah perbatasan Kota Bandung. Hal tersebut guna mengantisipasi kedatangan masyarakat dari luar kota yang masuk melalui Cibiru atau wilayah barat dan selatan.

"Fly over lain tetap diantisipasi seperti Kiaracondong, Kebon Kopi, lalu Alun-alun Ujungberung, Cicendo, dan Taman Tegalega juga akan ditingkatkan pengamanannya," katanya.

Rekayasa lalu lintas, katanya, akan dilakukan jika kondisi arus sudah tidak lancar.

"Sedangkan Jalan Asia-Afrika belum ada rencana penutupan. Tapi, berdasarkan laporan Kapolsek Regol, kemungkinan ada penutupan di Jalan Dewi Sartika sampai globe di Jalan Asia-Afrika. Itupun mungkin penuh, hanya situasional. Kita akan buka terus sampai jam peralihan tahun baru," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Pilihan Ini:


Peningkatan Mobilitas

Plh Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung, Ricky Gustiadi memastikan, akan memasang water barrier, rambu-rambu, traffic cone untuk menutup fly over Mochtar Kusumah Atmadja pada malam tahun baru.

"Jalan yang ditutup ke arah fly over itu mulai dari Cikapayang, depan Gasibu juga dipasang water barrier, Tamansari Balubur, Jalan Cihampelas, dan Jalan Djundjunan. Semua sarana tersebut akan dipasang pukul 21.00 WIB," jelas Ricky.

Ia mengatakan, jelang tahun baru akan terjadi lonjakan di beberapa ruas titik lalu lintas, seperti di Gasibu, Jembatan Pasupati atau Jalan Prof Mochtar Kusumaatmadja, Alun-alun Bandung, Jalan Asia Afrika, Dago, Braga, dan Merdeka.

"Tentunya ini sudah diantisipasi oleh satuan lalu lintas Polrestabes Bandung. Cara bertindak di lapangan akan diselaraskan dengan Polrestabes Bandung. Tentunya kami akan mendukung dan memfasilitasi," akunya.

Sedangkan untuk kebijakan dan manajemen rekayasa lalu lintas, sifatnya situasional sesuai dengan kebutuhan di lapangan. Sebab, terpantau di dua gerbang tol yakni Pasteur dan Buahbatu mengalami lonjakan kendaraan masuk. Dari Gerbang Tol Buah Batu sebanyak 138.252 kendaraan dan Gerbang Tol Pasteur sebanyak 279.883 kendaraan.

"Jumlah kedatangan dan keberangkatan penumpang melalui Terminal Leuwipanjang mengalami peningkatan bila dibandingkan dengan tahun 2022, sebesar 48,57 persen. Sedangkan dari Terminal Cicaheum naik 5,45 persen," paparnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya