Mengenal Kalguksu yang Membuat Minji NewJeans Dihujat K-Netz

Kontroversi kalguksu tersebut tak berhenti dan terus diungkit netizen selama setahun. Idol Kpop ini kemudian sempat buka suara terkait masalah tersebut yang justru membuatnya semakin dikritik warganet.

oleh Tifani diperbarui 22 Jan 2024, 13:26 WIB
Diterbitkan 22 Jan 2024, 13:26 WIB
Minji NewJeans
Minji NewJeans

Liputan6.com, Yogyakarta - Minji NewJeans sempat terlibat kontroversi yang disebut sebagai kontroversi kalguksu. Anggota tertua di NewJeans tersebut terus mendapat kecaman dari netizen Korea Selatan setelah mengaku tidak tahu apa itu kalguksu.

Kontroversi kalguksu tersebut tak berhenti dan terus diungkit warganet selama setahun. Idol Kpop ini kemudian sempat buka suara terkait masalah tersebut yang justru membuatnya semakin dikritik warganet.

Lalu, apa sebenarnya kalguksu yang membuat Minji NewJeans jadi bulan-bulanan K-Netz.

Kalguksu adalah mi sederhana yang disajikan dengan kaldu dan aneka topping seperti pangsit, kimchi, aneka daging, atau sayuran. Dikutip dari berbagai sumber, hidangan tradisional Korea Selatan ini juga sering disebut dengan mi potong pisau lantaran cara memasaknya dipotong menggunakan pisau bukan dengan cara ditarik seperti pembuatan mi pada umumnya.

Mi kalguksu biasanya terbuat dari tepung gandum yang dicampur dengan telur. Teksturnya yang kenyal berasal campuran tepung kacang kering atau kacang hijau yang dihaluskan ke dalam adonan mi.

Selain itu, penambahan daun seledri ke adonan juga memberikan rasa herba yang sedikit pahit. Banyak orang Korea Selatan menyantap kalguksu pada musim panas.

Kalguksu memiliki cita rasa gurih yang berasal dari kuah kaldu yang terbuat dari seafood, ayam, atau daging sapi. Meskipun saat ini kalguksu dianggap sebagai hidangan sederhana, kalguksu adalah sajian mewah yang dihidangkan hanya pada acara istimewa saja pada masa kerajaan Goryo dan Joseon.

Pada masa tersebut, tepung terigu sulit ditemukan, sehingga tepung buckwheat digunakan untuk membuat adonan kalguksu. Tradisi menyantap kalguksu dari tepung terigu setelah panen gandum dan jelai pada bulan Juni menjadi momen berbagi hidangan dari hasil panen bersama-sama.

Pada akhir 1960-an, kalguksu meraih popularitasnya. Ada banyak sekali rumah makan yang menyajikan menu tersebut.

Pada masa itu, mayoritas hidangan ini menggunakan kaldu daging, tetapi pada 1990-an, kalguksu berkuah hasil laut mulai dikenal dan disukai oleh banyak orang. Bahkan, mantan Presiden Kim Young Sam memberikan dukungan besar terhadap kalguksu.

Ia menjadikannya menu utama untuk jamuan makan siang di gedung presiden. Berkat dukungan tersebut, kepopuleran kalguksu meroket pada masa itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya