Tanggal 2 Februari 2024 Memperingati Hari Apa, Berikut Daftarnya

Baru-baru ini publik banyak mencari tahu ada peringatan apa di tanggal 2 Februari 2024.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 02 Feb 2024, 17:46 WIB
Diterbitkan 02 Feb 2024, 17:43 WIB
[Bintang] Kalender
Ilustrasi Kalender (Sumber Foto: cloudfront.net)

Liputan6.com, Bandung - Baru-baru ini banyak yang mencari tahu terkait peringatan yang jatuh pada tanggal 2 Februari 2024. Melansir dari beberapa sumber, ternyata pada tanggal 2 Februari terdapat sejumlah peringatan dan perayaan.

Peringatan tersebut menjadi perayaan penting yang bisa memberikan dampak besar kepada masyarakat. Selain itu, peringatan ini juga menjadi peringatan penting yang kerap dirayakan di dunia.

Melansir dari National Today ada beragam peringatan di tanggal 2 Februari di antaranya adalah peringatan Hari Lahan Basah Sedunia, Hari Kesadaran Artritis Reumatoid, hari Ayn Rand Day, hingga Hari Candlemas.

Sejarah Hari Lahan Basah Sedunia

Hari Lahan Basah Sedunia merupakan peringatan yang dirayakan setiap tanggal 2 Februari setiap tahunnya. Peringatan ini dirayakan sebagai bentuk penghargaan serta menyadari pentingnya lahan basah dan keanekaragamannya untuk dunia.

Sebagai informasi lahan basah adalah sebuah area yang tergenang air hampir sepanjang tahun. Dalam lahan ini terdapat kehidupan dari berbagai macam makhluk hidup mulai dari ikan, reptil, mamalia, amfibi, burung unik, hingga tanaman.

Lahan basah mempunyai beragam fungsi dan yang paling penting adalah sebagai sumber utama pengisian ulang air tanah. Lahan basah juga berfungsi sebagai garis pertahanan pertama terhadap badai serta topan.

Melalui peringatan ini masyarakat diharapkan bisa menyadari betapa pentingnya kehadiran lahan basah. Pasalnya, lahan basah sangat sensitif secara ekologis sebab mudah terpengaruh terhadap perubahan lingkungan dan iklim.

Sementara itu, terpilihnya tanggal 2 Februari sebagai peringatan ini tidak terlepas dari aksi para pecinta lingkungan yang membagikan informasi tentang perlindungan lahan basah setiap tanggal tersebut.

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mulai menetapkan tanggal 2 Februari sebagai Hari Lahan Basah Sedunia secara resmi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sejarah Hari Kesadaran Artritis Reumatoid

Rheumatoid Artritis
Rheumatoid Artritis

Peringatan Hari Kesadaran Artritis Reumatoid ditetapkan oleh Rheumatoid Patient Foundation sebagai upaya memberikan kesadaran tentang penyakit tersebut. Sebagai informasi Artritis Reumatoid (RA) merupakan gangguan peradangan kronis yang bisa mempengaruhi persendian manusia.

Artritis Reumatoid terjadi karena kondisi autoimun atau sistem kekebalan tubuh menyerang jaringannya sendiri. Penyakit ini bisa menyebabkan pembengkakan pada lapisan sendi, peradangan, nyeri hebat, kelainan bentuk, erosi tulang, dan lain-lain.

Seperti penyakit autoimun lainnya kondisi RA juga bisa menyebar pada seluruh tubuh dan mempengaruhi kesehatan jantung, ginjal, tulang, hingga ototnya. Saat ini tidak ada obat yang bisa menyembuhkan RA namun bisa dikontrol dengan mengatur gaya hidup dan pengobatannya.


Sejarah Hari Ayn Rand

Ilustrasi buku, cerpen, novel
Ilustrasi buku, cerpen, novel. (Image by Freepik)

Hari Ayn Rand merupakan peringatan yang dirayakan di Amerika Serikat setiap tanggal 2 Februari setiap tahunnya. Diketahui peringatan ini untuk menghargai sosok penulis dan filsuf bernama Ayn Rand.

Ayn Rand adalah sebuah nama pena dan nama lengkapnya adalah Alisa Zinovyevna Rosenbaum. Sosoknya dikenal sebagai penulis dan filsuf yang inspiratif serta mendirikan aliran objektivisme.

Sepanjang hidupnya Ayn Rand ternyata terlibat dalam banyak kontroversi di antaranya kontroversi politik. Sementara itu peringatan ini dibuat untuk mengakui kedalaman karyanya serta merayakan kehidupannya yang selamat dari kesengsaraan dari banyak kesulitan politik.

Sebagai informasi, Ayn Rand lahir di tengah kekacauan politik revolusi Rusia dan keluarganya merasakan penderitaan di bawah pemerintahan Bolshevik yang dipimpin oleh Vladimir.

Karena pengalamannya di Rusia tersebut membuat Ayn Rand mendapatkan pemikiran-pemikiran objektivisme yang ia buat dalam beberapa karya tulis. Karya tulisnya menceritakan tentang konflik antara individualitas dan kolektivitas totaliter.

Pada masa itu, tulisannya menarik perhatian filsuf akademis lainnya namun ia tidak mendapatkan banyak momentum pengakuan terhadap ide-idenya. Ayn Rand meninggal dunia pada 1982 karena mengalami gagal jantung dan meski telah tiada karya sastra dan akademiknya ternyata semakin berkembang.


Sejarah Hari Candlemas

FOTO: Restorasi Patung Bayi Yesus Jelang Candlemas Day di Meksiko
Fernando Guadalupe Mondragon Cortes (kanan) memperbaiki cat pada sosok Bayi Yesus usai lengannya yang patah diperbaiki di Hospitalito de Ninos Dios Gaby atau Rumah Sakit Bayi Yesus Kecil Gaby dalam bahasa Spanyol, Mexico City, 28 Januari 2021. (AP Photo/Rebecca Blackwell)

Hari Candlemas atau Hari Lilin merupakan sebuah peringatan dari perayaan tertua dalam kalender Kristen yang telah ada sejak abad ke-4 Masehi di Yerusalem. Melalui catatan sejarah tulisan seorang perempuan bernama Egeria dijelaskan tentang perayaan Candlemas.

Ia menulis sebuah catatan rinci tentang ziarah panjang ke Kota Suci Yerusalem serta menggambarkan perayaan lilin di sana. Kemudian pada abad ke-6 konstantinopel dilanda sebuah wabah mengerikan.

Kaisar Yustinianus I kemudian memerintahkan untuk melakukan doa besar-besaran di seluruh kota. Kala itu sudah dilakukan sebuah tradisi memegang lilin yang diberkati sebagai penghormatan.

Kemudian setelah wabah berlalu perayaan rutin menggunakan lilin tersebut menyebar ke seluruh kekaisaran Romawi. Sehingga berjalannya waktu terdapat tradisi tambahan untuk merayakan Candlemas dan kerap menimbulkan perdebatan.

Diketahui, saat ini, beberapa orang menganggap Candlemas sebagai perayaan yang sudah kuno dan bahkan merujuk kepada sesuatu dalam film lama hitam-putih. Namun bagi umat Kristiani senantiasa melaksanakan perayaan perayaan tersebut hingga sekarang dengan khidmat dan penuh ibadah untuk mencoba menjadi “Terang di dunia”.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya