Mengukur Kesehatan BUMD Melalui BUMD Awards

Penghargaan sebagai Direktur Utama atau CEO diberikan kepada Apung Widadi, dari PT Migas Perseroda Kota Bekasi.

oleh Edhie Prayitno Ige diperbarui 26 Mar 2024, 13:40 WIB
Diterbitkan 26 Mar 2024, 13:40 WIB
Apung
CEO PT Migas Perseroda Apung Widadi menerima penghargaan sebagai Top CEO BUMD. Foto: liputan6.com/edhie prayitno ige 

Liputan6.com, Bekasi - Kinerja BUMN dan BUMD selalu menjadi sorotan. Keberadaan lembaga profit milik pemerintah atau pemerintah daerah itu sering membebani APBN/APBD namun tak memberikan kontribusi.

Kondisi ini yang kemudian terus dibenahi, salah satunya dengan stimulus pemberian penghargaan sebagai bukti capaian prestasi.

Dalam BUMD Awards 2024, PT Minyak dan Gas Bumi Perseroda yakni BUMD Kota Bekasi, meraih dua penghargaan.

Masing-masing untuk BUMD Aneka Usaha dengan predikat Bintang 3 Top BUMD Awards 2024 dan Top CEO BUMD 2024 untuk Direktur PT Migas Perseroda Kota Bekasi, Apung Widadi.

Menurut Apung Widadi, penghargaan itu bisa menjadi pelecut semangat karyawan untuk bekerja lebih baik lagi. Menurutnya prestasi lembaga merupakan cerminan dukungan kerja dari karyawan dan Pemda Kota Bekasi.

"Ini hasil kerja keras seluruh karyawan PT Migas Perseroda berkat dukungan dari Pemerintah Kota Bekasi," kata Apung Widadi.

Predikat Bintang 3 pada TOP BUMD Awards 2024 ini diberikan dengan memperhatikan sejumlah indikator yang berbasis meritokrasi. Mulai dari pencapaian kinerja dan kepemimpinan serta manajerial yang baik hingga kontribusi dan perannya dalam pembangunan ekonomi di daerah.

"Penghargaan berbasis indikator itu membuat lebih bersemangat untuk berkontribusi lebih besar dalam pembangunan Kota Bekasi," kata Apung.

Apung berterimakasih atas penghargaan Top CEO BUMD 2024 yang diberikan kepadanya. 

PT Migas Perseroda ikut berkontribusi pada Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Bekasi di bawah kepemimpinan Apung sejak 2022.

"Pada tahun 2022,  kami menyetorkan dividen sebesar Rp300 juta, kemudian Rp850 juta pada tahun 2023," katanya.

Sementara itu, Pj Wali Kota Bekasi, Gani Muhammad, mengaku bangga karena BUMD di Kota Bekasi mampu bersaing dan meraih prestasi di kancah Nasional.

"Selamat dan terima kasih atas kerja keras dan kontribusi dari unsur BUMD dalam membangun Kota Bekasi. Kedepannya agar terus tingkatkan capaian kinerja bisnisnya dengan baik dan berkelanjutan," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya