Berjasa di Dunia Perfilman India, Amitabh Bachchan akan Terima Penghargaan Lata Deenanath Mangeshkar

Dengan penghargaan ini, Amitabh Bachchan akan bergabung dengan para penerima penghargaan ini sebelumnya, yaitu Perdana Menteri (PM) India, Narendra Modi (yang menerima penghargaan pada tahun 2022) dan penyanyi Asha Bhosle (yang menerima penghargaan pada tahun 2023).

oleh Arie Nugraha diperbarui 22 Apr 2024, 02:00 WIB
Diterbitkan 22 Apr 2024, 02:00 WIB
Amitabh Bachchan
Megabintang Bollywood, Amitabh Bachchan.

Liputan6.com, Bandung - Megabintang Bollywood, Amitabh Bachchan, akan dianugerahi penghargaan terhormat, Lata Deenanath Mangeshkar, sebagai penghormatan atas dedikasinya yang luar biasa terhadap negara dan masyarakat luas India.

Penghargaan bergengsi ini, yang akan dianugerahkan kepada Amitabh Bachchan oleh keluarga Mangeshkar, menggarisbawahi pengaruh besar Bachchan terhadap budaya dan masyarakat India.

Dilansir The Hindu, dicuplik dari laman Bollywood Indonesia, Sabtu, 20 April 2024, pengumuman tersebut diterbitkan pada Selasa, 16 April 2024 lalu.

Dengan penghargaan ini, Amitabh Bachchan akan bergabung dengan para penerima penghargaan ini sebelumnya, yaitu Perdana Menteri (PM) India, Narendra Modi (yang menerima penghargaan pada tahun 2022) dan penyanyi Asha Bhosle (yang menerima penghargaan pada tahun 2023).

Penghargaan Lata Deenanath Mangeshkar, yang didirikan oleh Deenanath Mangeshkar Smriti Pratishthan untuk mengenang mendiang penerima penghargaan Bharat Ratna dan penyanyi Lata Mangeshkar, memberikan penghargaan kepada individu atas kontribusi luar biasa mereka di berbagai bidang.

Selain Amitabh Bachchan, beberapa tokoh lainnya juga akan dianugerahi penghargaan Master Deenanath Mangeshkar atas pencapaian luar biasa mereka.

Di antaranya adalah Penata musik, AR Rahman; aktor Veteran Marathi, Ashok Saraf; Bintang Ikonik Padmini Kolhapure; Penyanyi Roopkumar Rathod; lalu juga pendukung teater Marathi, Atul Parchure, dan penulis terkenal, Manjiri Phadke.

Mereka semua akan menerima penghargaan dibidangnya masing-masing. Selain itu, aktor-produser-sutradara, Randeep Hooda, juga akan menerima penghargaan khusus atas kontribusinya yang signifikan terhadap sinema India.

Upacara penghargaan tahunan, yang dijadwalkan akan berlangsung pada 24 April mendatang di Deenanath Mangeshkar Natyagruha di Vile Parle, menjanjikan peristiwa yang sangat penting.

Berbicara kepada pers saat pengumuman tersebut, direktur musik Hridaynath Mangeshkar, menyatakan kebanggaannya atas beragamnya bakat yang diakui tahun ini.

Selama 34 tahun terakhir, penghargaan ini telah memberikan penghargaan kepada 212 tokoh terkemuka, yang menunjukkan komitmen Pratishthan untuk merayakan keunggulan di berbagai bidang.

Film Drama Marathi, Galib, akan dianugerahi Penghargaan Mohan Wagh untuk Drama Terbaik, sementara proyek Manobal dari Yayasan Deepstambh, yang didedikasikan untuk memberikan pelatihan perumahan bagi individu yang kurang beruntung, akan menerima pujian atas layanan sosialnya yang luar biasa.

Dengan dihadiri para pejabat tinggi, termasuk penyanyi Usha Mangeshkar dan putra Hridaynath yaitu Aadinath Mangeshkar, acara tersebut menjanjikan perayaan bakat, dedikasi, dan tanggung jawab sosial.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Pilihan Ini:


Profil Amitabh Bachchan

Dicuplik dari laman Kapan Lagi, Amitabh Bachchan dilahirkan di Allahabad, Uttar Pradesh, pada tanggal 11 Oktober 1942, ia merupakan seorang aktor senior India, yang telah menjadi legenda dunia.

Selain itu dia juga seorang pengarang, penyanyi, dan mantan pembawa acara televisi untuk program Kaun Banega Crorepati.

Bachchan menikah dengan aktris Jaya Bhaduri dan dikaruniai dua orang anak, Shweta Nanda dan Abhishek Bachchan. Abhishek juga mengikuti jejak sang ayah menjadi aktor, dia pun menikahi aktris Aishwarya Rai.

Jejak Karir

Dia memulai karir di film pada tahun 1969, dengan filmnya SAAT HINDUSTANI. Meskipun belum sukses secara finansial, film debutnya ini mendapat banyak pujian karena penampilan aktingnya yang gemilang.

Film selanjutanya, ANAND pada 1971 langsung melambungkan namanya karena mendapat banyak pujian dan laris di pasaran. Bachchan membintangi puluhan film lain sepanjang karirnya.

Film yang membuat namanya populer di jagat film India modern yaitu KABHI KHUSHI KHABHIE GHAAM yang dibintanginya dengan aktor terpopuler Shakhrukh Khan.

BAGHBAN, DEV, dan banyak film lain makin mengokohkan namanya sebagai seorang legenda hidup India.

Kiprah Bachchan tak hanya terbatas pada film. Bachchan juga merupakan anggota parlemen India dari tahun 1984-1987.

Karir politiknya bermula karena Bachchan ingin mendukung teman lamanya, Rajiv Gandhi, putra Mahatma Gandhi. Hanya tiga tahun, ia memutuskan berhenti dan kembali ke dunia hiburan.

Bachchan mendirikan sebuah rumah produksi, Amitabh Bachchan Corporation dan kembali berakting. Bachchan juga mengeluarkan album dan memandu acara TV, WHO WANTS TO BE A MILLIONAIRE. (Arie Nugraha)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya