Sinopsis Film Stronger, Adaptasi Kisah Nyata Korban Bom Maraton Boston 2013

Film Stronger dijadwalkan tayang pada Selasa (28/5/2024) pukul 23.00 WIB di salah satu stasiun tv swasta. Film ini diadaptasi dari kisah nyata korban selamat bom Marathon Boston 2013.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 02 Jun 2024, 22:37 WIB
Diterbitkan 28 Mei 2024, 16:45 WIB
Poster Film Stronger (2017)
Poster Film Stronger (2017), Sumber: IMDb

Liputan6.com, Bandung - Film Stronger merupakan film tahun 2017 yang diadaptasi dari kisah nyata seorang pria bernama Jeff Bauman. Sosoknya menjadi inspiratif karena bisa bangkit setelah menjadi salah satu korban selamat dari peristiwa bom maraton Boston tahun 2013.

Stronger mengangkat genre film biografi dan drama yang digarap oleh sutradara David Gordon Green. Sang sutradara dikenal pernah menggarap film Halloween (2018) hingga The Exorcist: Believer (2023).

Kemudian naskah filmnya ditulis oleh John Pollono, Bret Witter, dan sosok inspiratif film ini yaitu Jeff Bauman. Mempunyai durasi 1 jam 59 menit film Stronger hanya bisa disaksikan oleh penonton berusia 18 tahun ke atas.

Diketahui film Stronger diperankan oleh aktor Jake Gyllenhaal bersama artis Tatiana Maslany. Melalui film ini Jake Gyllenhaal berperan sebagai Jeffe Bauman dan menjadi pemeran utama.

Sementara artis Tatiana Maslany berperan sebagai Erin Hurley dan artis Miranda Richardson berperan sebagai Patty. Mengutip dari situs Rotten Tomatoes film Stronger meraih skor tinggi sekitar 91% dari total 196 pengulas.

Menurut salah satu penonton filmnya berhasil menjadi film kisah nyata yang luar biasa. Kemudian para penonton juga memuji sutradara David Gordon Green yang berhasil menggarap film dari kisah nyata tersebut.

Terutama berhasil mengarahkan para pemainnya untuk berperan yang tidak berlebihan serta membiarkan aktor Gyllenhaal dan Maslany memberikan cerita dengan emosi jujur yang dibutuhkan setiap film adaptasi.

Sementara dalam situs IMDb, film Stronger meraih rating yang cukup sekitar 6.9 dari total 50 ribu pengguna.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sinopsis Film Stronger

Film Stronger (2017)
Film Stronger (2017), Sumber: IMDb

Menceritakan kisah Jeff Bauman (Jake Gyllenhaal) yang mengalami peristiwa pahit karena kehilangan kedua kakinya setelah terjadi peristiwa bom di Boston Marathon 2013. Sebelum kejadian tersebut Jeff berusaha memberikan dukungan untuk orang terdekatnya.

Diketahui orang tersebut merupakan Erin (Tatiana Maslany) mantan kekasihnya dan Jeff tertarik untuk kembali menjalin hubungan yang baik bersamanya. Jeff juga berupaya mengadakan donasi di tempatnya bekerja untuk disumbangkan kepada cara amal di Boston Marathon.

Erin juga diceritakan ikut menjadi pelari dalam acara tersebut dan mengatakan akan berlari hingga garis finish. Jeff juga berjanji kepada Erin akan menunggunya di sana namun kejadian tidak terduga pun terjadi.

Ketika Jeff menunggu terjadi ledakan bom yang tidak jauh dari lokasinya berdiri hingga membuatnya harus dilarikan ke rumah sakit. Jeff menjadi korban selamat, tetapi kedua kakinya harus diamputasi dari bagian atas lututnya.

Tidak hanya kehilangan kedua kakinya, Jeff juga sempat dihadapkan dengan tindakan hukum karena ada seseorang yang mencurigakan dan dianggapnya sebagai pelaku pengeboman. Alhasil, Jeff tidak bisa diam dan ingin mengungkap kebenaran atas aksi kejahatan yang dilakukan oleh pembom tersebut.

Jeff juga harus berjuang menghadapi kesulitan ketika kedua kakinya sudah tidak bisa berfungsi lagi. Meskipun berada di kesulitan yang besar Jeff tidak menyerah dan melalui film ini penonton akan melihat perjalanan inspiratif dari sosoknya.


Daftar Pemain Film Stronger

Film Stronger (2017)
Film Stronger (2017), Sumber: IMDb

Berikut ini adalah daftar pemain film Stronger:

1. Jake Gyllenhaal sebagai Jeff Bauman.

2. Tatiana Maslany sebagai Erin Hurley.

3. Miranda Richardson sebagai Patty.

4. Richard Lane Jr. sebagai Sully.

5. Nate Richman sebagai Big D.

6. Lenny Clarke sebagai Paman Bob.

7. Patty O’Neil sebagai Bibi Jenn.

8. Clancy Brown sebagai Big Jeff.

9. Kate Fitzgerald sebagai Bibi Karen.

10. Danny McCarthy sebagai Kevin.

11. Frankie Shaw sebagai Gail Hurley.

12. Carlos Sanz sebagai Carlos.

13. Michelle Forziati sebagai Jill Hurley.

14. Sean McGuirk sebagai Bill Hurley.

15. Karen Scalia sebagai Lori Hurley.

16. Judith Mclntyre sebagai Michelle Kerr.

17. Jeffrey Kalish sebagai Dr. Jeffrey.

18. Johnny Hickey sebagai Penjaga.


Fakta Menarik Film Stronger

Film Stronger (2017)
Film Stronger (2017), Sumber: IMDb

Mengutip dari situs IMDb berikut ini fakta menarik film Stronger:

1. Adaptasi kisah nyata korban selamat bom Boston Marathon 2013

Film Stronger mengangkat adaptasi kisah nyata Jeff Bauman salah satu korban dari teror bom Boston Marathon pada 2013. Sosoknya menjadi inspiratif karena berhasil bangkit dari keterpurukan dan merebut hati kota dan dunia.

2. Para pemeran pendukung menggunakan nama sendiri

Sebagian besar karakter pendukung dalam film Stronger menggunakan nama asli mereka sendiri terutama karakter profesional medis yang memerankan kembali kejadian nyata dalam adegan tanpa naskah.

Misalnya saja Jeffrey Kalish yang melepaskan perban dari kaki Jake Gyllenhaal merupakan tindakan nyata yang ia lakukan kepada kaki Jeff Bauman. Termasuk teknisi rehabilitasi dan perawat di Spalding Rehab memerankan karakter mereka sendiri di dunia nyata.

3. Difilmkan bersama dengan film Patriots Day (2016).

Film Stronger ternyata difilmkan bersamaan dengan film Patriots Day (2016) yang juga diadaptasi dari kisah nyata peristiwa bom Boston Marathon 2013. Melalui film tersebut juga terdapat karakter Jeff Bauman yang menjadi karakter pendukung di film Patriots Day.

Jika film Stronger menceritakan salah satu korban selamat yang menginspiratif film Patriots Day lebih berfokus pada kisah kepolisian dan FBI menyelidiki kasus tersebut dan memburu dua teroris yang bertanggung jawab.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya