Deretan Sutradara Indonesia di Hollywood, Mendunia Lewat Sinema

Berkat karya-karya hebat yang berhasil diciptakan, banyak rumah produksi luar negeri yang mulai melirik para sutradara Indonesia. Beberapa di antaranya telah bekerja sama untuk menggarap film luar negeri berskala Hollywood.

oleh Switzy Sabandar diperbarui 19 Jul 2024, 09:00 WIB
Diterbitkan 19 Jul 2024, 09:00 WIB
Mouly Surya (Instagram/moulysurya)
Mouly Surya (Instagram/moulysurya)

Liputan6.com, Yogyakarta - Kemajuan industri perfilman di Indonesia tak bisa dipisahkan dari peran sutradara dalam menggarap sebuah film. Kualitas hebat para sutradara Indonesia ternyata juga merambah ke industri film Hollywood.

Berkat karya-karya hebat yang berhasil diciptakan, banyak rumah produksi luar negeri yang mulai melirik para sutradara Indonesia. Beberapa di antaranya telah bekerja sama untuk menggarap film luar negeri berskala Hollywood.

Mengutip dari kemenparekraf.go.id, berikut deretan sutradara Indonesia di Hollywood:

1. Mouly Surya

Mouly Surya menjadi sutradara Indonesia pertama yang terlibat langsung dalam pembuatan film Hollywood, Trigger Warning. Film yang dibintangi Jessica Alba ini telah tayang di Netflix pada 21 Juni 2024.

Dalm film ini, Mouly Surya bekerja sama dengan Basil Iwanyk sebagai produser. Ia merupakan produser film John Wick, Sicario, dan Wind River.

Trigger Warning merupakan film bergenre action-thriller yang sukses menarik perhatian penonton di seluruh dunia. Film ini berhasil menempati posisi pertama dalam kategori Top Movie di Amerika Serikat (AS).

Sebelum terlibat dalam menggarap film Trigger Warning, sutradara perempuan Indonesia ini telah sukses dengan film-film memukau, di antaranya Fiksi (2008), What They Don't Talk About When They Talk About Love (2013), Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak (2017), hingga Perang Kota (2024). Film garapannya juga sempat tayang di Cannes Film Festival.

2. Kimo Stamboel

Kimo Stamboel dikenal sebagai sutradara yang ahli di film bergenre horor. Salah satu film terbarunya yang sukses menarik perhatian pecinta film horor adalah Badarawuhi di Desa Penari (2024).

Baru-baru ini, ia juga bekerja sama dengan Netflix dalam memproduksi film horor bertema zombi. Menariknya, film tersebut juga dibalut cerita dan budaya Indonesia.

Film yang akan mengambil latar di desa terpencil dekat Yogyakarta ini berkisah tentang pemilik usaha jamu yang justru memicu wabah zombi. Film berjudul Abadi Nan Jaya itu rencananya akan dirilis pada 2025.

3. Timo Tjahjanto

Timo Tjahjanto sukses menggarap film-film populer Indonesia, salah satunya Headshot (2016). Film action-thriller ini sempat ditampilkan di Toronto International Film Festival dan L’Estrange Festival Paris 2016.

Timo Tjahjanto juga kerap terlibat dalam menggarap film-film internasional. Terbaru, ia ditunjuk sebagai sutradara film Hollywood, Nobody 2, yang menjadi sekuel film Nobody (2021).

Ini sekaligus menjadi kerja sama pertama Timo bersama Universal Pictures. Film yang dibintangi Bob Odenkirk ini akan mulai produksi pada Agustus 2024 dan dijadwalkan tayang Agustus 2025.

 

Penulis: Resla

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya