Tips Memasak Roti Canai Agar Tidak Gosong

Memasak roti canai dengan api besar bisa membuatnya cepat gosong di luar namun belum matang di dalam sehingga perlu diatur besar apinya.

oleh Panji Prayitno diperbarui 25 Jul 2024, 10:00 WIB
Diterbitkan 25 Jul 2024, 10:00 WIB
Tips Memasak Roti Canai Agar Tidak Gosong
Roti Canai.  foto: Instagram: @sharesepbunda

Liputan6.com, Jakarta - Roti adalah kata dalam bahasa Urdu, Melayu, dan Indonesia untuk kata bread dalam bahasa Inggris. Sementara canai bisa merujuk kepada masakan Channa di India, atau kata canai yang berarti adonan yang digulung dalam bahasa Melayu.

Di Indonesia, roti canai juga disebut roti cane, roti konde, atau roti maryam, dan biasanya disajikan dengan kari kambing dan teh tarik. Namun, seringkali roti ini menjadi gosong saat dimasak.

Untuk menghindari hal ini, ada beberapa tips yang bisa diikuti agar roti canai yang anda buat menjadi sempurna, empuk di dalam, dan renyah di luar tanpa gosong.

Pan atau wajan yang digunakan sangat mempengaruhi hasil akhir dari roti canai. Disarankan untuk menggunakan wajan anti lengket atau wajan besi tuang.

Wajan ini dapat mendistribusikan panas dengan merata sehingga roti canai tidak mudah gosong. Sebelum memasak, pastikan wajan sudah benar-benar panas.

Suhu api sangat penting dalam memasak roti canai. Sebaiknya, gunakan api sedang hingga kecil.

Memasak roti canai dengan api besar bisa membuatnya cepat gosong di luar namun belum matang di dalam.

Dengan api sedang, roti akan matang dengan sempurna dan memiliki warna keemasan yang menarik. Penggunaan minyak atau mentega juga mempengaruhi hasil roti canai.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tingkat Kematangan

Jangan terlalu sedikit, karena roti bisa menjadi kering dan mudah gosong. Namun, jangan juga terlalu banyak, karena bisa membuat roti menjadi terlalu berminyak.

Oleskan minyak atau mentega secukupnya dan pastikan roti canai tidak lengket di wajan. Membalik roti canai dengan tepat waktu juga sangat penting.

Jangan terlalu sering membalik, karena bisa membuat roti pecah dan tidak matang merata. Biarkan satu sisi matang selama 1-2 menit atau hingga terlihat sedikit kecokelatan, baru kemudian balikkan. Lakukan hal yang sama pada sisi lainnya.

Sebelum memasak, pastikan adonan roti canai telah diistirahatkan selama minimal 30 menit. Proses ini membantu gluten dalam tepung berkembang dengan baik, sehingga adonan lebih elastis dan mudah dibentuk.

Adonan yang sudah diistirahatkan juga akan menghasilkan tekstur roti yang lebih lembut dan tidak mudah gosong saat dimasak. Selalu periksa roti canai Anda secara berkala selama memasak.

Ini penting untuk memastikan roti tidak terlalu lama di wajan yang bisa membuatnya gosong. Jika sudah mencapai tingkat kecokelatan yang diinginkan, segera angkat dan sajikan.

Menggunakan spatula untuk mengangkat roti juga bisa membantu mengecek tingkat kematangan di bagian bawah roti. Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat memasak roti canai yang sempurna tanpa takut gosong.

 

Penulis: Belvana Fasya Saad

 
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya