Simak Cara Pakai BeaconLink, Fitur Telepon Gratis Tanpa Sinyal dan Internet di Oppo Reno 12

Oppo Indonesia baru-baru ini memperkenalkan fitur menarik di ponsel terbaru mereka bernama BeaconLink. Fitur tersebut diklaim bisa melakukan panggilan telepon gratis tanpa sinyal dan internet.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 24 Jul 2024, 18:00 WIB
Diterbitkan 24 Jul 2024, 18:00 WIB
OPPO Reno 12
OPPO Reno 12 series (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Liputan6.com, Bandung - Oppo Indonesia belakangan ini memperkenalkan fitur menarik yang dikenal dengan nama BeaconLink. Fitur tersebut tersedia dalam ponsel terbaru mereka Oppo Reno 12 yang disebut-sebut menjadi teknologi telekomunikasi terbaru di Indonesia.

BeaconLink diketahui sebagai fitur yang menawarkan panggilan suara dengan terhubung melalui bluetooth. Melansir dari pernyataan resminya, fitur ini bahkan memungkinkan penggunanya tetap terhubung meski tidak memiliki jaringan sinyal atau kuota data.

“BeaconLink memungkinkan pengguna tetap terhubung dengan orang-orang terdekat meskipun perangkatnya tidak memiliki jaringan sinyal atau kuota data,” kata Oppo Indonesia pada Senin (22/7/2024).

Pihak manajemen Oppo Indonesia juga menjelaskan fitur BeaconLink dapat mengatasi kendala komunikasi di lokasi yang tidak terjangkau sinyal ponsel, misalnya di area pedalaman atau yang terisolasi.

Fitur ini diketahui sebagai hasil peningkatan efisiensi daya perangkat bluetooth BR/EDR hingga 300 persen sehingga mampu memperluas jarak transmisi data. Terutama untuk digunakan pada lokasi ramai dengan gangguan sinyal.

BeaconLink bisa digunakan oleh dua unit Oppo Reno 12 dan menelepon dalam jarak maksimal 30 meter. Jarak panggilannya juga diklaim bisa mencapai 200 meter di basement dan lebih dari itu radar bluetooth tidak akan berfungsi optimal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cara Pakai BeaconLink

Oppo Reno 12 Series
Oppo Indonesia membuka pendaftaran minat untuk lini Oppo Reno 12 Series di Tanah Air. (Dok: Oppo Indonesia)

Sebagai informasi, fitur BeaconLink diperkenalkan pertama kali di Indonesia dalam perilisan HP Oppo Reno 12 Pro 5G dan Reno 12 5G. Untuk mengaktifkan fitur tersebut pengguna bisa masuk ke Pengaturan atau mengikuti langkah berikut:

1. Masuk ke pengaturan ponsel.

2. Buka bagian jaringan seluler.

3. Kemudian klik BeaconLink.

4. Pengguna juga bisa menggunakan aplikasi Odialer yang tersedia dalam Google Play Store.

Fitur BeaconLink menggunakan protokol komunikasi yang dipatenkan untuk meningkatkan transmisi Bluetooth yang memungkinkan panggilan suara hingga jarak 200 meter. Fitur ini bermanfaat terutama dalam situasi darurat.


Manfaat BeaconLink

Oppo Reno 12
Penampilan Oppo Reno 12 Series yang siap meluncur untuk pasar Indonesia. (Dok: Oppo Indonesia)

Berdasarkan penjelasan Oppo Indonesia fitur BeaconLink membantu penggunanya untuk bisa melakukan panggilan suara antara dua smartphone Oppo yang mendukung BeaconLink dan diklaim bermanfaat dalam situasi darurat.

Fitur BeaconLink diklaim mampu untuk meningkatkan efisiensi daya perangkat keras Bluetooth BR/EDR hingga 300 persen untuk memperluas jarak transmisi data melalui Bluetooth.

Sehingga penggunanya bisa tetap terhubung melakukan panggilan suara hingga jarak 200 meter. Fiturnya dinilai bisa bermanfaat dalam situasi darurat misalnya selama penerbangan, perjalanan di lokasi terpencil, atau acara besar seperti konser atau festival.

Pasalnya, ketika berada di acara konser atau festival terkadang sulit untuk mendapatkan sinyal. Namun, dengan BeaconLink para pengguna dapat melakukan panggilan suara dengan jarak mencapai hingga 30 meter.

Sementara, pengguna yang berada di parkiran basement bisa melakukan panggilan BeaconLink mencapai 200 meter. Fitur ini juga dinilai bermanfaat untuk para pencinta alam yang pergi ke pegunungan untuk saling terhubung dengan orang lain.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya