Ajak Masyarakat Waspada Tuberkulosis, Dokter Aci: Penanganannya Tidak Mudah

Semua pihak diajak untuk ikut menggalakkan pencegahan dan awas terhadap penyakit tuberkulosis atau TB yang penyebarannya masih tinggi.

oleh Reza Efendi diperbarui 28 Jul 2024, 16:39 WIB
Diterbitkan 28 Jul 2024, 16:39 WIB
Kepala Dinas Kesehatan Deli Serdang, dr. Asri Ludin Tambunan
Kepala Dinas Kesehatan Deli Serdang, dr. Asri Ludin Tambunan

Liputan6.com, Deli Serdang Semua pihak diajak untuk ikut menggalakkan pencegahan dan awas terhadap penyakit tuberkulosis atau TB yang penyebarannya masih tinggi.

Ajakan itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Deli Serdang, dr. Asri Ludin Tambunan, saat menghadiri kegiatan Active Case Finding (ACF) Tahap I menuju eliminasi dan bebas TB 2028, di Puskesmas Tanjung Morawa, Kamis, 26 Juli 2024.

"Kegiatan ini melakukan screening aktif TB atau yang diduga TB. Jadi, gerakan ini yang nantinya menemukan cikal bakal TB berikutnya, pada akhirnya mendukung eliminisai TB Indonesia tahun 2028," kata Asriluddin.

Disebutkan, pada kegiatan kali ini dilakukan screening kepada 200-an masyarakat sebagai langkah awal. Meski begitu, pria yang karib disapa Dokter Aci berharap agenda ini menjadi pelecut pengentasan TB.

"Penanganan kasus TB di Deli Serdang masih belum maksimal. Setidaknya ada pelonjakan kasus tiap tahunnya. Tercatat sudah ada 2000 kasus," sebutnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Harus Libatkan Semua Pihak

Kepala Dinas Kesehatan Deli Serdang, dr. Asri Ludin Tambunan
Kegiatan Active Case Finding (ACF) Tahap I menuju eliminasi dan bebas TB 2028, di Puskesmas Tanjung Morawa, Kamis, 26 Juli 2024

Diungkapkan Dokter Aci, penanganan kasus TB di Deli Serdang tidak bisa ditekan hanya lewat tenaga dan fasilitas kesehatan saja. Namun, mesti melibatkan semua pihak termasuk menjalankan program pencegahan.

"Ini langkah awal kita. Harapannya bersifat seperti bola salju, akan semakin besar dan direspons masyarakat. Harapan kita bisa tercapai eliminasi TB sebelum 2028," ungkapnya.

Sebagai perpanjangan tangan, Dinas Kesehatan Deli Serdang, bakal membuat intervensi serentak screening massal secara berkala. Selain itu, juga akan membuat pemeriksaan-pemeriksaan TB yang baru di setiap Puskesmas.

"Kalau penanganan sejauh ini, kita sudah kerja sama tiga rumah sakit di Deli Serdang, seluruh rumah sakit swasta, fasilitas klinik milik pemerintah, dan swasta yang MoU dengan BPJS," dr. Asri Ludin Tambunan menuturkan.


Masyarakat Sangat Terbantu

Kepala Dinas Kesehatan Deli Serdang, dr. Asri Ludin Tambunan
Pada kegiatan kali ini dilakukan screening kepada 200-an masyarakat sebagai langkah awal

Seorang masyarakat yang mendapatkan pelayanan kegiatan, Jariyem (68), warga Dusun I, Desa Tanjung Baru, Kecamatan Tanjung Morawa, merasa sangat terbantu. Terlebih dengan fasilitas kesehatan yang disediakan.

"Saya datang pagi. Saya diperiksa dan disuntik. Berkas yang dibawa juga enggak ribet," bebernya.


Diapresiasi Masyarakat

Kepala Dinas Kesehatan Deli Serdang, dr. Asri Ludin Tambunan
Dinas Kesehatan Deli Serdang bakal membuat intervensi serentak screening massal secara berkala

Jariyem mengapresiasi kegiatan yang diinisiatori Dinas Kesehatan Kabupaten Deli Serdang ini. Menurutnya, warga yang sakit bisa terbantu dengan program pencegahan persebaran TB.

"Kita warga yang sakit. Program ini sangat baik. Harapan saya sebagai masyarakat, kegiatan yang seperti ini kalau bisa ada lagi, karena kami sangat membutuhkan," Jariyem menandaskan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya