Sempat Ditentang Warga Merauke, Proyek Pelabuhan untuk Program Cetak 1 Juta Hektare Sawah Kembali Berjalan

Puluhan warga di Kabupaten Merauke, Papua Selatan, akhirnya menyetujui pembangunan pelabuhan untuk program cetak 1 juta hektare sawah di wilayah tersebut.

oleh Achmad Sudarno diperbarui 14 Agu 2024, 12:41 WIB
Diterbitkan 14 Agu 2024, 12:37 WIB
Sempat Ditentang Warga Merauke, Proyek Pelabuhan untuk Program Cetak 1 Juta Hektare Sawah Kembali Dilanjut
Puluhan warga di Kabupaten Merauke, Papua Selatan, akhirnya menyetujui pembangunan pelabuhan untuk program cetak 1 juta hektare sawah di wilayah tersebut

Liputan6.com, Jakarta - Puluhan warga di Kabupaten Merauke, Papua Selatan, akhirnya menyetujui pembangunan pelabuhan untuk program cetak 1 juta hektare sawah di wilayah tersebut. 

Warga sepakat mendukung program pemerintah dengan syarat mereka juga berhak atas tanah ulayat, serta limbah kayu menjadi milik pemilik tanah ulayat.

Kesepakatan muncul setelah dilakukan pertemuan antara lembaga masyarakat adat dengan pemilik Jhonlin Group, Andi Syamsuddin Arsyad. 

Ketua Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Yohanis Mahuze mengatakan ada dua hal yang dibahas dalam pertemuan dengan pihak Jhonlin Group, yaitu terkait tanah ulayat milik masyarakat adat di wilayah itu.

"Kalau pelepasan hutan dari kehutanan. Tapi yang harus kita clear-kan itu dari aspek pemilik ulayat. Nanti pemilik ulayatnya akan saya kasih gambaran, supaya kita semua sepakat," kata Yohanis Mahuze saat dialog dengan Arsyad, Senin (12/8/2024).

Yohanis menyetujui pembangunan pelabuhan, karena mendukung program cetak sejuta hektare sawah di Merauke. Bahkan, Yohanis meminta pembangunan infrastruktur jalan untuk menunjang program tersebut segera direalisasikan. 

"Karena ini akan melewati beberapa otoritas sehingga perlu ada komunikasi. Kalau bisa cepat, saya sudah minta Pj Gubernur (Papua) yang baru untuk bisa segera bertemu. Supaya ini jangan terhambat karena musim. Kalau sudah musim hujan susah kita menggerakkan alat berat," ujar Yohanis. 

Hadir dalam perundingan itu antara lain Dansatgas Hanpangan Kementan RI Mayjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, tokoh masyarakat Papua Selatan Johanes Gluba Gabze, dan Hermanto dari Kementerian Pertanian. Sementara dari kelompok masyarakat adat yakni Basilius Awabalik selaku Korlap dan Yohanis Mahuze Ketua LMA. 

Dalam mendukung kelancaran program cetak sejuta hektare sawah, Jhonlin Group segera membangun pelabuhan. Lebar pelabuhan sekitar 1 kilometer dan memanjang sekitar 140 kilometer ke arah Boven Digul.  

Sekadar Informasi, Jhonlin Group melalui anak perusahaannya PT Batulicin Beton Asphalt (BBA) telah memulai pembangunan jalan di Merauke, Papua Selatan. 

Pekerjaan jalan ini dimulai di titik Wanam, Distrik Ilwayab, Kabupaten Merauke. Rencananya, jalan sepanjang ratusan kilometer ini akan menghubungkan empat distrik yaitu Distrik Ilyawab, Kaptel, Ngguti, dan Distrik Muting.

Jauh hari sebelumnya, Syamsuddin Arsyad dan timnya sudah melakukan survei untuk menentukan titik pembangunan jalan di empat distrik tersebut.

Bahkan, puluhan alat berat telah dimobilisasi untuk mendukung pekerjaan pembangunan jalan tersebut.

Pembangunan jalan ini selain untuk menunjang proyek cetak sawah sejuta hektare, juga diharapkan dapat menjadi solusi bagi sebagian daerah di Merauke yang masih terisolasi.

"Dalam benak saya hanya terlintas, bagaimana gagasan Presiden terpilih Bapak Prabowo Subianto bisa tercapai. Bagaimanapun caranya satu juta hektare bisa terealisasi, dan berhasil dalam tiga tahun, tanpa berpikir untung rugi. Ini adalah tugas negara yang diberikan kepada saya," kata Arsyad.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya