Mimpi Putri Wapres Ma’Ruf Amin Sulap Kawasan Talaga Bodas Garut Lebih Mempesona

Insya Allah, mudah-mudahan tidak ada halangan, kami berencana mendatangkan Pak Wapres dan beberapa kementerian terkait seperti Kemenparekraf, kemudian juga Kementerian Lingkungan Hidup.

oleh Jayadi Supriadin diperbarui 26 Agu 2024, 06:00 WIB
Diterbitkan 26 Agu 2024, 06:00 WIB
Kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Talaga Bodas Garut, Jawa Barat, siap menjadi kawasan destinasi wisata unggulan yang baru di Jawa Barat. (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)
Kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Talaga Bodas Garut, Jawa Barat, siap menjadi kawasan destinasi wisata unggulan yang baru di Jawa Barat. (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Liputan6.com, Garut - Ketua Dewan Pembina Yayasan Dewa Dewi Indonesia, Siti Mamduhah Ma'ruf Amin, yang juga putri Wakil Presiden Ma’ruf Amin, siap menyulap kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Talaga Bodas Garut, Jawa Barat, menjadi kawasan wisata kelas dunia yang mempesona.

Selain menyuguhkan kemolekan alam berupa danau besar dengan air belerang putih yang masih alami, kawasan TWA Talaga Bodas seluas hampir 24 hektar di Kecamatan Wanaraja itu, menyimpan potensi besar untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata baru.

Tak ayal dengan sugudang potensinya itu, rencananya Siti Mamduhah Ma'ruf Amin siap memoles kawasan tersebut mulai September mendatang, seiring dengan rencana groundbreaking pembangunan TWA Talaga Bodas.

“Insya Allah, mudah-mudahan tidak ada halangan, kami berencana mendatangkan Pak Wapres dan beberapa kementerian terkait seperti Kemenparekraf, kemudian juga Kementerian Lingkungan Hidup,” ujarnya dalam silaturahmi dengan Pj. Bupati Garut Barnas Adjidin, beberapa waktu lalu.

[bacajuga:Baca Juga](5682920 5682522 5680570

Menurutnya, sebagai daerah dingin yang dikelilingi pegunungan yang asri, Kabupaten Garut memiliki potensi wisata alam yang luar biasa untuk dikembangkan.

“Dengan pengelolaan yang baik, keindahan alam di Kabupaten Garut dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian daerah secara signifikan,” ujar dia.

Hal senada disampaikan Bupati Garu Barnas Adjidin. Menurutnya, kawasan TWA Talaga Bodas memiliki syarat yang lengkap dengan potensi besar, menjadi destinasi wisata baru yang membanggakan masyarakat kota dodol.

"Di sana ada kawah yang luar biasa pemandangannya, karena juga tidak berbau (airnya) disana itu,” kata dia.

Tidak hanya itu, lokasi wisata yang mudah dijangkau dari pusat perkotaan Garut, menjadikan kawasan TWA Talaga Bodas bakal mudah digemari pengunjung domestik, hingga pelancong dari luar negeri.

“Di kawasan itu ada tempat air panas yang bisa digunakan oleh para tamu ataupun pengunjung untuk bisa stay di sana, plus menikmati pemandangan sambil berenang,” ujar dia bangga.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Pilihan Ini:


Perlu Aturan yang Jelas

Siti Mamduhah Ma'ruf Amin, yang juga putri Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin, siap menyulap TWA Talaga Bodas Garut, Jawa Barat, menjadi kawasan wisata kelas dunia yang mempesona. (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)
Siti Mamduhah Ma'ruf Amin, yang juga putri Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin, siap menyulap TWA Talaga Bodas Garut, Jawa Barat, menjadi kawasan wisata kelas dunia yang mempesona. (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Namun ujar dia, rencana yang tengah disusun Putri Wapres Ma'Ruf Amin itu tidaklah mudah, selain membutuhkan investasi yang cukup besar dalam pembangunan infrastruktur, juga mesti dilengkapi aturan yang jelas dalam pengelolaan kawasan wisata TWA Talag Bodas.

“Kita sudah sepakat bahwa kita akan menempuh (membantu) apa yang menjadi kewajiban untuk menjadi tempat wisata,” ujar dia.

Seperti diketahui, kawasan TWA Talaga Bodas menyimpan sejuta pesona alam yang indah. Selain airnya yang terlihat putih bak air susu, rindangnya pepohonan yang memayungi kawasan taman wisata alam Talaga Bodas, menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung untuk berlama-lama betah di sana.

Selain indah, TWA Talaga Bodas yang diketahui merupakan sumber daya air bagi beberapa sungai di wilayah Garut sebut saja sungai Citareptep, Ciparay, Cikahuripan, Cikawedukan, Cisurian, dan Sungai Cibeureum.

Tidak hanya itu, kawasan TWA Talaga Bodas sejak lama menjadi tempat tinggal beberapa habitat asli fauna, sebut saja Kukang Jawa (Nycticebus javanicus), Kukang Sunda (Nycticebus Coucang), Mencek (Muntiacus muntjak), Kera ekor panjang (Macaca fascicularis), Macan tutul (Panthera pardus), Babi hutan (Sus vitasus), Musang (Paradoxurus hermaproditus), Tupai (Calosciurus notatus) dan Trenggiling (Manis javanica).

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya