Profil Farid Irfan Siddik, Suami Jelita Jeje yang Disorot KPK

Suami Jelita Jeje, Farid Irfan Siddik jadi sorotan KPK usai sang istri ramai dibahas oleh warganet.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 26 Agu 2024, 13:25 WIB
Diterbitkan 26 Agu 2024, 13:14 WIB
Jelita Jeje
Barang mewah Jelita Jeje, istri pejabat yang diduga keceplosan mengaku terima gratifikasi. (dok. Instagram @jelitajee/https://www.instagram.com/p/C8mZrHTplSc/)

Liputan6.com, Bandung - Kepala Badan Pengusahaan (BP) Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Bintan, Kepulauan Riau, Farid Irfan Siddik belakangan ini jadi sorotan KPK dan publik. Diketahui Farid jadi sorotan usai sang istri, Jelita Jeje ramai jadi perhatian warganet.

Sebagai informasi nama Jelita Jeje mendadak jadi sorotan warganet khususnya di media sosial X (sebelumnya Twitter). Saat itu, Jelita jadi perhatian setelah pernyataannya di Instagram Story pada Kamis (22/8/2024) memicu perdebatan.

Diketahui, Jelita Jeje diduga membela Erina Gudono yang saat itu mendapatkan kritikan di tengah seruan tagar #KawalPutusanMK. Jelita terpantau membela Erina Gudono terkait pembahasan warganet tentang roti seharga Rp 400 ribu dan dugaan penggunaan jet pribadi.

Apalagi yang lebih lucu sampe bahas orang beli roti 400 ribu, beli stroller 30 juta, keluar negeri pakai jet pribadi. Ya Allah segitunya amat, padahal itu mah wajar kali,” kata Jelita.

Kemudian, namanya semakin jadi sorotan usai tangkapan layar diduga balasan Jelita Jeje di pesan langsung (DM) Instagram. Melalui tangkapan layar tersebut Jelita Jeje diduga menulis tentang penggunaan jet pribadi.

Jet pribadi kan udah kebukti bukan milik negara. Lagian sekelas presiden kalo pergi jalan-jalan juga bukan (dari) kantong pribadi kali, apalagi duit negara,” katanya.

Selain itu, Jelita juga diduga menyinggung mertuanya yang diketahui sebagai Staf Ahli Kejaksaan Agung, Asri Agung Putra. Ia menyebutkan ketika pergi ke luar negeri menggunakan fasilitas tanpa diminta.

Ga usah jauh-jauh, gue juga jadi banyak tahu dari mertua gue (Staf Ahli Kejaksaan Agung Asri Agung Putra), kita kalau ke luar negeri itu di-cover sama pengusaha-pengusaha yang emang ngasih fasilitas tanpa diminta. Disuruh milih mau nginep di mana, naik pesawat apa, ga pernah pusing,” ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Dituding Gratifikasi

Ilustrasi gratifikasi
Ilustrasi gratifikasi. (Image by storyset on Freepik)

Alhasil, melalui tangkapan layar tersebut Jelita Jeje semakin jadi sorotan publik dan tidak sedikit warganet menudingnya telah menerima gratifikasi. Salah satu warganet bahkan menandai akun Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Warganet tersebut menyebutkan bahwa pernyataan tersebut menjadi pengakuan adanya penerimaan gratifikasi secara terbuka. Saat ini dugaan tersebut kemudian menyebar baik pada suami dan mertuanya.

ada lagi nih orang buka kotak pandoranya sendiri. Akui kepuasan secara terang-terangan hahahahahaha. Waktu dan tempat dipersilahkan guys, mengakui sering dapet pinjaman fasilitas. Mertuanya adalah staf ahli keakgung Asri Agung Putra. Gua ga doxxing ya googling juga langsung keluar,” kata salah satu warganet mengutip dari Liputan6.

Sebagai informasi, gratifikasi merupakan pemberian yang meliputi banyak hal bisa berupa uang, barang, diskon, komisi, pinjaman tanpa bunga, tiket perjalanan, fasilitas penginapan, perjalanan wisata, pengobatan cuma-cuma, dan fasilitas lainnya.

Mengutip dari Kementerian Keuangan, gratifikasi cukup berbeda dengan suap dan pungli. Pasalnya, gratifikasi lebih sering dimaksudkan agar pihak petugas layanan dapat tersentuh hatinya untuk memudahkan pemberi di kemudian hari.


Suami Jelita Jeje Disorot KPK

Ilustrasi KPK
Gedung KPK (Liputan6/Fachrur Rozie)

Suami Jelita Jeje, Farid Irfan Siddik diketahui jadi sorotan KPK di tengah-tengah memanasnya kritikan warganet kepada istrinya. Melansir dari beberapa sumber Farid Irfan jadi sorotan karena belum melaporkan harta kekayaannya kepada KPK.

Sementara, Farid telah menjabat sebagai Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Bintan (BP Bintan) sejak 2022. Menanggapi informasi tersebut Juru Bicara KPK, Tessa Mahardhika Sugiarto memberikan tanggapan.

Pihaknya menyampaikan apresiasi kepada masyarakat yang telah memberikan informasi awal terkait dugaan tindak pidana korupsi. Ia juga menegaskan bahwa KPK akan menindaklanjuti setiap informasi dan masukan dari masyarakat.

“KPK menyampaikan terima kasih atas informasi awal yang disampaikan masyarakat, baik berupa dugaan gratifikasi maupun ketidakpatuhan dalam pelaporan LHKPN,” ucapnya.


Profil Farid Irfan Siddik

Jelita Jeje
Barang mewah Jelita Jeje, istri pejabat yang diduga keceplosan mengaku terima gratifikasi. (dok. Instagram @jelitajee)

Farid Irfan Siddik merupakan seorang Kepala Badan Pengusahaan (BP) Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Bintan atau Free Trade Zone (FTZ). Farid telah resmi menikah dengan Jelita Jeje yang dikenal dengan gaya hidup mewahnya.

Pria yang lahir pada tanggal 20 Oktober 1993 itu disebut-sebut sebagai anak dari seorang staf ahli Jaksa Agung, Asri Agung Putra. Dia juga sebelumnya aktif di media sosial (@faridrifansiddik) namun saat ini akun tersebut sudah tidak bisa diakses lagi.

Adapun namanya jadi sorotan setelah sang istri, Jelita Jeje jadi perbincangan warganet. Belakangan diketahui sebagai seorang pejabat Farid Irfan Siddik juga ternyata belum pernah membuat Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN).

Melansir dari situs e-Announcement LHKPN Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pencarian nama Farid Irfan Siddik justru tidak muncul dalam daftar pejabat yang membuat laporan dan membuat publik semakin menyoroti sosoknya dan mengadukannya ke KPK.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya