Warga Binaan Rutan Makassar Dilatih Jadi Penata Rambut Profesional

Rutan Makassar beri pelatihan warga binaannya menjadi hair stylist profesional.

oleh Eka Hakim diperbarui 15 Sep 2024, 20:02 WIB
Diterbitkan 15 Sep 2024, 19:55 WIB
Rutan Makassar beri pelatihan warga binaannya menjadi hair stylist profesional.
Rutan Makassar beri pelatihan warga binaannya menjadi hair stylist profesional.

Liputan6.com, Makassar Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Kelas I Makassar mengikuti pelatihan penata rambut. Pelatihan ini menghadirkan Arkam Zulfikar, seorang Hair Stylist profesional, Sabtu 14 September 2024.

"Ada 15 warga binaan kita yang menjadi peserta dalam pelatihan yang bertema "Profesional Barbershop, Get A Modern and Cool Hairstyle" ini, mereka sangat antusias," ucap Kepala Rutan Kelas I Makassar, Jayadikusumah.

Ia berharap para peserta mengikuti pelatihan dengan baik agar ilmu yang diperoleh bisa menjadi bekal keterampilan saat mereka kembali ke masyarakat. 

"Sekecil apapun keterampilan yang didapat, semoga bisa bermanfaat dan menjadikan saudara warga binaan lebih bertanggung jawab, menjadi aktif dan produktif setelah menjalani masa pidana," ujarnya memotivasi. 

Tak hanya itu, Jayadikusumah kembali menyampaikan harapan agar kiranya bekal keterampilan ini mampu membantu warga binaan membangun masa depan yang lebih cerah dan berdaya saing. 

Kepala Sub Seksi Bimbingan Kegiatan Kerja, M. Iqbal, dalam laporannya menyebutkan bahwa pelatihan ini merupakan implementasi dari Undang-Undang Nomor 22 tentang Pemasyarakatan, pasal 7 poin (c). 

"Bahwasanya setiap warga binaan berhak mendapatkan pendidikan, pengajaran dan kegiatan rekreasional serta kesempatan mengembangkan potensi," tuturnya. 

Selain itu, M. Iqbal menyebut bahwa pelatihan diharapkan adanya regenerasi warga binaan yang mahir dalam bidang barbershop sehingga dapat mengembangkan Sub Seksi Bimbingan Kegiatan Kerja. 

"Pelatihan ini akan berlangsung selama 16 kali pertemuan, diawali dengan materi dan dilanjutkan praktek. Nantinya semua peserta yang lulus akan mendapatkan sertifikat," ucap Iqbal yang belum genap sebulan bertugas di Rutan Makassar ini. 

Sementara itu, Narasumber Arkam Zulfikar menjelaskan kepada peserta tentang dasar-dasar gaya rambut modern, serta keterampilan yang dibutuhkan dalam industri penataan rambut profesional.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya