Morgan Stanley Tambah Saham di Grayscale Bitcoin Trust

Investasi ini mengkokohkan Morgan Stanley sebagai pemegang saham kedua di Grayscale.

oleh Liputan6.com diperbarui 02 Okt 2021, 20:58 WIB
Diterbitkan 01 Okt 2021, 14:30 WIB
Pasar Saham AS atau Wall Street.Unsplash/Aditya Vyas
Pasar Saham AS atau Wall Street.Unsplash/Aditya Vyas

Liputan6.com, Jakarta - Bank investasi multinasional Amerika Serikat (AS) Morgan Stanley membeli 30.000 saham kendaraan investasi Grayscale Bitcoin Trust.

Langkah ini dilakukan oleh Morgan Stanley Europe Opportunity Fund, cabang investasi yang spesialisasi pada perusahaan-perusahaan baru dan mapan yang nilainya di bawah harga pasar. Investasi ini mengkokohkan Morgan Stanley sebagai pemegang saham kedua di Grayscale Bitcoin Trust. Posisi atas ditempati oleh Cathie Wood’s ARK Investment Management.

Pengumuman dibuat melalui keterangan tertulis di pengajuan regulasi bank, Senin 27 September 2021. Pengajuan sebelumnya pada Juni menunjukkan investasi di Grayscale meningkat lebih dari 30 ribu saham dalam satu kuartal. Grayscale Bitcoin Trust merupakan lembaga investasi uang digital terkemuka.

Dengan kepemilikan bitcoin lebih dari USD 30 miliar atau sekitar Rp 429,44 triliun (estimasi kurs Rp 14.314 per dolar AS). Aset bitcoin itu dimaksudkan untuk menciptakan Bitcoin Exchange Traded Fund.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tingkatkan Eksposur

Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital. Kredit: WorldSpectrum from Pixabay
Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital. Kredit: WorldSpectrum from Pixabay

Pembelian saham Grayscale oleh Morgan Stanley suatu kemajuan pada 2021. Pada Maret, bank memberi peringatan kepada pelanggan tentang bahaya investasi aset kripto (cryptocurrency) dan mengimbau untuk berhati-hati.

Sejak saat itu, Morgan Stanley (MS) pertama kali meningkatkan eksposur pada Juni dengan menginvestasikan senilai USD 800 ribu atau sekitar Rp 11,4 miliar. Keuntungan yang diperoleh MS lebih banyak, di suatu posisi pernah mencapai USD 2,4 miliar atau Rp 34,3 triliun.

Pencapaian itu juga menjadikan tahun yang suskes bagi Grayscale. Nilai sahamnya meroket di belakang NFT yang ciptakan “rally Ethereum”. Awal September dilaporkan nilai Grayscale lampaui nilai saham Bahrain. Di beberapa dana institusional Morgan Stanley, kenaikan ini menjadikan total saham MS di Grayscale sekitar 6,5 juta.

 

Reporter: Ayesha Puri

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya