Saham GOTO dan TOTO Kompak Merah pada Perdagangan Hari Ini 23 Agustus 2023

Selama sepekan terakhir, saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) melemah, sedangkan saham PT Surya Toto Indonesia Tbk Tbk (TOTO) stagnan.

oleh Pipit Ika Ramadhani diperbarui 23 Agu 2023, 20:45 WIB
Diterbitkan 23 Agu 2023, 20:42 WIB
Saham GOTO dan TOTO Kompak Merah pada Perdagangan Hari Ini 23 Agustus 2023
Saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) dan saham PT Surya Toto Indonesia Tbk (TOTO) kompak ditutup merah pada perdagangan, Rabu, 23 Agustus 2023. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta - Saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) dan saham PT Surya Toto Indonesia Tbk (TOTO) kompak ditutup merah pada perdagangan hari ini, Rabu 23 Agustus 2023. Saham GOTO terkoreksi 2,27 persen sedangkan saham TOTO terkoreksi 0,85 persen.

Melansir data RTI, saham GOTO saat ini berada pada posisi 86. Saham gOTO dibuka pada posisi 89 dan bergerak pada rentang 85-90. Frekuensi perdagangan saham GOTO tercatat sebanyak 32.570 kali. Volume saham yang ditransaksikan yakni 2,97 miliar lembar senilai Rp 258,94 miliar.

Dalam sepekan, harga saham GOTO turun 11,34 persen. Sedangkan dalam satu tahun terakhir, saham GOTO terkoreksi 71,90 persen. Kapitalisasi GOTO saat ini tercatat sebesar Rp 101,86 triliun.

Sementara saham TOTO ditutup pada posisi 232. Saham TOTO dibuka pada posisi 234 dan bergerak pada rentang 232-236. Frekuensi perdagangan pada hari ini tercatat sebanyak 243 kali. Volume saham yang ditransaksikan yaki 2,33 juta lembar senilai Rp 542,75 juta.

Dalam sepekan, saham TOTO stagnan atau tidak alami perubahan 0,00 persen. Sedangkan dalam satu tahun terakhir, harga saham TOTO terkoreksi 15,33 persen. Kapitalisasi PT Surya Toto Indonesia Tbk saat ini adalah Rp 2,39 triliun.

Pada paruh pertama tahun ini, GOTO berhasil mencatatkan perbaikan kinerja signifikan. Dari sisi pendapatan, perseroan berhasil membukukan peningkatan 102,94 persen menjadi Rp 6,9 triliun. Pada semester I tahun lalu, pendapatan perseroan tercatat sebesar Rp 3,4 triliun.

Dari raihan itu, perseroan berhasil menekan rugi bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk menjadi Rp 7,16 triliun. Hampir separuh dari rugi bersih yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk pada semester I 2022, yang tercatat sebesar Rp 13,65 triliun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Aset Perseroan

Pergerakan IHSG Turun Tajam
Pengunjung melintas di papan elektronik yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Jakarta, Rabu (15/4/2020). Pergerakan IHSG berakhir turun tajam 1,71% atau 80,59 poin ke level 4.625,9 pada perdagangan hari ini. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Dari sisi aset perseroan hingga 30 Juni 2023 mengalami penyusutan menjadi Rp 133,21 triliun dibandingkan posisi akhir tahun lalu yang tercatat sebesar Rp 139,22 triliun. Liabilitas turun menjadi RP 15,89 triliun dari Rp 16,49 triliun.

Bersamaan dengan itu, ekuitas sampai dengan 30 Juni 2023 turun menjadi Rp 117,32 triliun dibandingkan posisi akhir tahun lalu yang tercatat sebesar Rp 122,72 triliun.

Kinerja Fundamental TOTO

Hingga paruh pertama 2023, TOTO membukukan pendapatan Rp 986,49 miliar. Pendapatan itu turun 5,33 persen dibandingkan semester I tahun lalu yang tercatat sebesar Rp 1,04 triliun. Dari raihan itu, perseroan membukukan laba periode berjalan sebesar Rp 125,51 miliar atau turun 19,26 persen dari Rp 155,45 miliar pada semester I 2022.

Aset perseroan sampai dengan 30 Juni 2023 tercatat sebesar Rp 3,28 triliun atau turun dibandingkan posisi akhir tahun lalu yang tercatat sebesar Rp 3,3 triliun. Liabilitas turun menjadi Rp 925,96 miliar dari Rp 1 triliun pada Desember 2022. Sementara ekuitas sampai dengan 30 Juni 2023 naik tipis menjadi Rp 2,33 triliun dari Rp 2,30 triliun pada Desember tahun lalu.

 

 


Patrick Walujo Resmi Jadi Direktur Utama GoTo Gojek Tokopedia

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan dan Luar Biasa (RUPST & RUPSLB) PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) menominasikan Patrick Sugito Walujo sebagai direktur utama/CEO GoTo menggantikan pejabat sebelumnya, Andre Soelistyo.
Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan dan Luar Biasa (RUPST & RUPSLB) PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) menominasikan Patrick Sugito Walujo sebagai direktur utama/CEO GoTo menggantikan pejabat sebelumnya, Andre Soelistyo. (Foto: PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk)

Sebelumnya, PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) memutuskan merombak jajaran dewan komisaris maupun direksi. Salah satunya secara resmi mengangkat Patrick Walujo menjadi Direktur Utama GOTO dan Agus D. W. Martowardojo menjadi Komisaris Utama GOTO.

Hal itu telah disetujui dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) serta Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB). GoTo Gojek Tokopedia pun mengumumkan jajaran kepemimpinan yang lebih kuat guna meningkatkan tata kelola perseroan serta menjalankan operasional bisnis yang lebih efisien dan cepat untuk mendorong bisnis dalam percepatan langkahnya menuju profitabilitas.

Sekretaris Perusahaan GoTo Koesoemohadiani menyampaikan, pihaknya sangat bersyukur dengan terselenggaranya RUPST dan RUPSLB ini, dan berterima kasih atas dukungan dan persetujuan pemegang saham terhadap seluruh agenda yang diajukan. 

"GoTo akan terus berkembang dengan memperhatikan sepenuhnya kebutuhan para pemegang saham dan seluruh pemangku kepentingan di dalam ekosistem kami. Kami berkomitmen untuk terus menjadi penyedia on-demand services, e-commerce, dan financial technology terkemuka di Indonesia," kata Koesoemohadiani dalam keterangan resminya, Jumat (30/6/2023).

Seluruh agenda RUPST dan RUPSLB yang memerlukan persetujuan pemegang saham telah disetujui, termasuk Laporan Tahunan Perseroan tahun 2022, dan pengesahan laporan keuangan konsolidasian Perseroan dan entitas anak untuk tahun buku yang berakhir 31 Desember 2022.

Pemegang saham juga telah menyetujui mata acara RUPSLB yaitu penambahan anggota Direksi Perseroan yang dapat menjadi pemegang saham Seri B.

 


Perubahan Susunan Dewan Komisaris dan Direksi

Gojek Tokopedia
GoTo, hasil bergabungnya Gojek dan Tokopedia. (Foto: YouTube Gojek Indonesia)

Sehubungan dengan pengawasan dan pengurusan Perseroan, RUPST juga telah memutuskan beberapa perubahan dalam susunan dewan komisaris dan direksi Perseroan, di antaranya menerima pengunduran Andre Soelistyo dari jabatannya sebagai Direktur Utama Perseroan dan kemudian menunjuk Andre Soelistyo untuk menjabat sebagai Komisaris Perseroan, berlaku terhitung sejak ditutupnya RUPST, untuk masa jabatan sesuai dengan yang telah ditetapkan dalam Anggaran Dasar Perseroan. 

Selain itu, menerima pengalihan tugas dan wewenang Garibaldi Thohir yang semula sebagai Komisaris Utama Perseroan menjadi Komisaris Perseroan, berlaku terhitung sejak ditutupnya RUPST, untuk masa jabatan sesuai dengan yang telah ditetapkan dalam Anggaran Dasar Perseroan.

Lalu, menerima pengalihan tugas dan wewenang Agus D. W. Martowardojo yang semula sebagai Komisaris Perseroan menjadi Komisaris Utama Perseroan, berlaku terhitung sejak ditutupnya RUPST, untuk masa jabatan sesuai dengan yang telah ditetapkan dalam Anggaran Dasar Perseroan.

 

Infografis Bank Dunia Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global Bakal Terjun Bebas. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Bank Dunia Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global Bakal Terjun Bebas. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya