Makna Lagu Pinocchio di Trailer Avengers: Age of Ultron

I've Got No Strings yang dipopulerkan pertama kali sebagai soundtrack Pinocchio pada 1940 hadir dalam trailer Avengers: Age of Ultron.

oleh Ruly Riantrisnanto diperbarui 27 Okt 2014, 18:15 WIB
Diterbitkan 27 Okt 2014, 18:15 WIB
Lagu Pinocchio di Trailer Avengers: Age of Ultron Berkaitan
I've Got No Strings yang dipopulerkan pertama kali sebagai soundtrack Pinocchio pada 1940 hadir dalam trailer Avengers: Age of Ultron.

Liputan6.com, Los Angeles Dalam trailer perdana Avengers: Age of Ultron yang diunggah melalui situs YouTube, kita mendengarkan sebuah lagu yang terkesan gelap dan suram. Namun tahukah kalian kalau ternyata lagu tersebut pernah dipakai sebagai soundtrack film animasi Pinocchio garapan Walt Disney?

Lagu tersebut memiliki judul I've Got No Strings yang dipopulerkan pertama kali oleh Dickie Jones dan Patricia Page pada tahun 1940 bersamaan dengan perilisan film animasinya. Mendiang Dickie Jones yang wafat 7 Juli 2014 lalu, turut terlibat sebagai pengisi suara Pinocchio (kadang ditulis Pinokio dalam bahasa Indonesia).

Saat menyanyikan lagu ini, biasanya Dickie Jones menari bersama dengan berbagai jenis boneka buatan Belanda, Perancis, Rusia, dan Cossack. Komposisi musik I've Got No Strings ditulis oleh Leigh Harline dengan lirik hasil tulisan Ned Washington.



I've Got No Strings kemudian direkam ulang dengan Barbra Streisand sebagai penyanyinya pada 1965 yang dimasukkan ke dalam albumnya kala itu, My Name Is Barbra. Sementara itu, aransemennya digarap oleh Peter Matz dengan corak musik bergaya 1960an.

Banyak yang mengaitkan karakter antagonis Ultron dengan Pinocchio. Salah satunya adalah dibuatnya sang robot dengan watak yang nyaris mirip seperti sang boneka kayu. Seperti kita ketahui, Pinocchio merupakan cerita anak-anak yang pertama kali muncul pada akhir abad ke-19. Di situ ia digambarkan sebagai boneka ciptaan seorang tukang kayu yang tidak patuh lagi kepada tuannya. 

Kisahnya sendiri bervariasi hingga pada akhirnya menjadi sangat terkenal setelah memiliki konsep versi Disney. Di situ, tukang kayu bernama Geppetto berdoa agar boneka kayu buatannya bisa hidup, dan sesosok peri pun mengabulkan doanya.

Pinocchio yang akhirnya diperlakukan sebagai anak Geppetto malah melakukan pembangkangan dengan tidak patuh terhadap tuannya itu. Namun pada akhirnya, sang boneka kayu memberi pesan moral yang sangat baik terhadap anak-anak.

Buka halaman selanjutnya >>

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pinocchio dan Ultron

Lagu Pinocchio di Trailer Avengers: Age of Ultron Berkaitan
I've Got No Strings yang dipopulerkan pertama kali sebagai soundtrack Pinocchio pada 1940 hadir dalam trailer Avengers: Age of Ultron.

Sama seperti boneka Pinocchio, Ultron yang bertindak sebagai robot ciptaan Tony Stark, diberi kehidupan baru dan diperbolehkan untuk memiliki kehendak untuk bebas. Namun Ultron tak mampu dikendalikan oleh Stark dan malah memiliki visi untuk memusnahkan umat manusia sekaligus menciptakan masyarakat robot agar bisa memerintah dunia.

Sementara itu makna asli kata 'strings' dalam judul lagu I've Got No Strings, dimaksudkan sebagai tali untuk menggerakkan boneka pada zaman dahulu. Sementara, makna `I've Got No Strings` merupakan cerminan Pinocchio yang mampu bergerak meski tak ada benang sehelai pun.

Arti strings dalam trailer Avengers: Age of Ultron disebut memiliki perbedaan, seperti disebut oleh laman Vox.com. Diketahui, tali yang dimaksud adalah hubungan antara para anggota The Avengers, S.H.I.E.L.D., dan juga pemerintah.



Namun setelah S.H.I.E.L.D. ketahuan sebagai Hydra, maka setiap kelompok tidak memiliki hubungan erat lagi ketika menghadapi Ultron, dan hal itu sangat sesuai dengan tema di dalam judul lagunya. Ada juga yang menyatakan bahwa tema lagu I've Got No Strings kini sedang dikembangkan dalam komik bertajuk Axis.

Hingga kini, masih belum ada informasi mengenai siapa sosok yang menyanyikan lagu I've Got No Strings versi suram di trailer Avengers: Age of Ultron. Namun dipastikan, versi tersebut memang dibuat khusus untuk trailer yang kemungkinan bakal diperdengarkan di dalam filmnya.

Avengers: Age of Ultron bakal menjadi proyek Marvel Studios-Disney terdekat. Rencananya film tersebut dirilis pada 1 Mei 2015 mendatang. Proyek Marvel Studios kemudian dilanjutkan dengan Ant-Man pada 17 Juli 2015 dan Doctor Strange pada 8 Juli 2016. (Rul/Feb)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya