Begini Kronologi Terungkapnya Kasus Narkoba T.O.P Big Bang

Kepolisian ternyata telah mengincar T.O.P Big Bang sejak cukup lama.

oleh Ratnaning Asih diperbarui 04 Jun 2017, 08:00 WIB
Diterbitkan 04 Jun 2017, 08:00 WIB
Big Bang
Kepolisian ternyata telah mengincar T.O.P Big Bang sejak cukup lama.

Liputan6.com, Seoul - T.O.P Big Bang kali ini terlibat dalam skandal yang cukup besar, yakni kasus penggunaan narkoba. Pemeriksaan folikel rambut T.O.P di laboratorium menunjukkan bahwa rapper Big Bang ini positif mengonsumsi ganja.

Simpang siur kabar yang beredar, membuat banyak tanda tanya muncul di benak penggemar. Salah satunya, bagaimana sejak awal polisi bisa mencurigai T.O.P dalam kasus hukum ini.

Dilansir dari Koreaboo, Sabtu (3/6/2017), Dispatch merangkum kronologi perjalanan kasus T.O.P Big Bang dari sejumlah peristiwa dan bocoran dari kepolisian. Dalam kronologi ini, terkuak bahwa polisi sebenarnya telah mengincar T.O.P sejak cukup lama.

Kasus ini disebut-sebut bermuara pada kasus narkoba yang menjerat Yang Seung Ho alias Xin pada Maret 2016. Xin, adalah penata busana 2NE1, rekan satu agensi Big Bang. Ia dikabarkan ditangkap di Jepang karena mengisap ganja. Dua tahun sebelumnya, ia juga tertangkap memiliki kokain di Los Angeles, California, Amerika Serikat.

Kala itu, ramai disebut-sebut bahwa penangkapan Xin juga akan menyeret sejumlah idol yang dekat dengannya. Namun pada akhirnya, polisi tidak menangkap satu pun idol yang terjerat kasus yang sama.

Namun baru-baru ini, Dispatch mendapati bahwa kasus Xin di tahun 2016 inilah yang menjadi petunjuk awal polisi yang mengarah pada T.O.P. Meski ada kecurigaan awal, kurangnya barang bukti membuat polisi tak bisa menuntut T.O.P untuk melakukan tes narkoba.

Barulah pada setahun kemudian, petunjuk lain datang dari seorang trainee bernama Han Seo Hee. Gadis muda ini diperiksa polisi karena penyalahgunaan narkoba pada Maret 2017. Bocoran dari kepolisian menyebut ia mulai menggunakan narkoba akibat stres karena tak kunjung bisa debut sebagai artis.

Saat pemeriksaan, polisi menemukan bahwa T.O.P juga mengisap ganja bersamanya. Pemeriksaan barang-barang milik gadis ini mengonfirmasi bahwa hal ini benar adanya.

Awalnya, T.O.P menyanggah tuduhan ini, dan mengatakan bahwa yang ia konsumsi adalah rokok elektrik belaka. Namun setelah dikonfrontasi dengan barang bukti, ia tidak bisa mengelak. T.O.P mengaku bahwa ia mengisap ganja di rumahnya bersama Han Seo Hee, setidaknya pada tiga kejadian terpisah dalam kurun waktu 9-12 Oktober 2016.

Polisi akhirnya bisa menuntut T.O.P untuk melakukan tes narkoba, yang akhirnya berujung positif.

Dari kasus ini, personel Big Bang yang lain ternyata terkena getahnya. Dispatch mendapat informasi bahwa polisi lantas menuntut seorang personel Big Bang lain untuk melakukan tes narkoba. Untungnya, tes menunjukkan hasil negatif.

Kini kasus T.O.P Big Bang dan Han Seo Hee telah dilimpahkan ke kejaksaan untuk diproses di depan hukum.

 

 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya