4 Fakta Jatuh Bangun Base Jam Selama 25 Tahun Berkarya

Grup Base Jam jadi salah satu band favorit di tahun 1990-an

oleh Sapto Purnomo diperbarui 09 Jul 2019, 13:00 WIB
Diterbitkan 09 Jul 2019, 13:00 WIB
[Bintang] Base Jam
Base Jam (Muhammad Iqbal Nurfajri/Bintang.com)

Liputan6.com, Jakarta Grup Base Jam jadi salah satu band favorit di tahun 1990-an. Lewat album perdananya berjudul Bermimpi yang rilis tahun 1996, Base Jam berhasil merebut hati pencinta musik Tanah Air.

Sejak album Bermimpi booming, Base Jam yang kala itu digawangi Sigit Wardana (vokal), Adon (vokal), Aris (gitar), Adnil (gitar), Sita (bass), BS (drum) dan Anya (keyboard) mulai diperhitungkan di kancah musik Indonesia.

Namun dibalik semua itu, tak banyak yang tahu jatuh bangunnya Base Jam dalam menapaki karir mereka di industri musik nasional.

Apa saja sih jatuh bangun yang dirasakan band yang sudah 25 tahun malang melintang di Industri musik Indonesia, berikut ulasannya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bongkar Pasang Personil

[Bintang] Eksklusif Base Jam C2
Eksklusif Base Jam (Photographer: Bambang E. Ros/Bintang.com, Digital Imaging: Muhammad Iqbal Nurfajri/Bintang.com)

Base Jam terbentuk sejak tahun 1994. Sebelum mendapatkan formasi solid, Base Jam sempat gonta-ganti personil. Band yang terbentuk untuk memeriahkan Hut kemerdekaan RI yang ke-48 pada 1993. Awalnya Base Jam digawangi Aris (gitaris), Sita (bassist) serta sepupu mereka, Enya (gitaris), dan Sigit (vocal).

Namun sayangnya, pada pertengahan 1994, Enya dan Arif mengundurkan diri. Untuk mengisi kekosongan ini, dipilihlah Adnil (adik kandung Arif) sebagai pemain gitar. Sampai akhirnya mereka membuat album perdana bertajuk Bermimpi yang rilis tahun 1996 dengan formasi Sigit Wardana (vokals), Adon (vokal) Aris (gitar), Adnil Farsal (gitar), Sita (bass), BS (drum) dan Anya (keyboard).


Kehilangan Personil

[Bintang] Base Jam
Foto Base Jam di PRJ (Galih W. Satria/bintang.com)

3 tahun berkarya di industri musik Tanah Air, Base Jam harus menerima pil pahit kehilangan pemain keyboard, Anya dan Andil pemain Gitar. Keputusan itu diambil keduanya setelah merilis album ketiga mereka bertajuk, Ti3a.

Tak lama setelah Anya dan Andil memutuskan hengkang, BS si penabuh drum menyusul. Bambang Susanto (BS) memutuskan untuk vakum bermusik untuk sementara waktu, karena ingin berlatih drum. Kekosongan posisi gitar Base Jam yang sempat ditinggalkan Adnil kemudian diisi oleh Christopher "Coki" Bollemeyer dan drumernya diisi oleh Wally.

Meski ditinggal beberapa personilnya, Base Jam banyak menyabet penghargaan lewat album ketiga mereka dengan lagu jagoannya "Bukan Pujangga".


Ditinggal Vokalis

[Bintang] Base Jam
Foto Base Jam di Jakarta Fair Kemayoran (Galih W. Satria/bintang.com)

Base Jam merupakan band yang dikenal memiliki dua vokalis yaitu Adon dan Sigit Wardana. Kolaborasi keduanya mengantarkan Base Jam mendapatkan penghargaan bergengsi di industri musik.

Namun setelah merilis album keenam bertajuk Dua Sisi pada tahun 2003, Sigit Wardhana memutuskan hengkang. Ia memilih bersolo karir dan sempat tergabung dalam Nufa Band.

 


Vakum

[Bintang] Eksklusif Base Jam A3
Eksklusif Base Jam (Photographer: Bambang E. Ros/Bintang.com, Digital Imaging: Muhammad Iqbal Nurfajri/Bintang.com)

Setelah ditinggal beberapa personilnya, Base Jam sempat vakum dari Industri musik Tanah Air. Para personil yang tersisa sibuk dengan kegiatan mereka masing-masing. Dikutip dari Wikipedia, Adon Saptowo sibuk dengan solo karier untuk album rohaninya, Ardhi "Aris" Isnandar sibuk dengan kuliah, dan personel masing-masing dengan urusan pribadinya.

Sampai akhirnya pada tahun 2010, Base Jam kembali setelah bertahun-tahun mati suri. Kini mereka menamakan diri The New Base Jam di mana personelnya adalah Adon Saptowo (vokal), Alvin Kurniawan (vokal), Ardhini "Sita" Citrasari (bass), Ardi "Aris" Isnandar (gitar), Oni Fathoni (gitar), dan Echa Soemantri (drum).

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya