Grammy Awards 2021 Mendapat Protes dari The Weeknd dan Nicki Minaj

Beyonce Knowles meraih nominasi paling banyak untuk Grammy Awards 2021.

oleh Ruly Riantrisnanto diperbarui 01 Des 2020, 09:00 WIB
Diterbitkan 01 Des 2020, 09:00 WIB
The Weeknd menang di AMA 2020 tapi tak masuk Grammy Awards 2021. (AP Photo/Chris Pizzello)
The Weeknd di AMA 2020. (AP Photo/Chris Pizzello)

Liputan6.com, Jakarta - Para pecinta musik internasional telah mengetahui daftar nominasi Grammy Awards 2021 yang diumumkan pada 24 November 2020 lalu. Terdapat 83 kategori yang diperebutkan oleh sejumlah musikus dunia dalam nominasi masing-masing.

Biarpun Beyonce Knowles meraih nominasi paling banyak untuk Grammy Awards 2021, yakni sembilan kategori, masih ada suara-suara protes dari para musikus lainnya. Mereka adalah The Weeknd dan Nicki Minaj.

Dalam protesnya, The Weeknd heran dirinya tak mendapatkan nominasi di Grammy Awards 2021 padahal ia banyak menang di ajang-ajang lain. Sementara itu, Nicki Minaj menyorot dugaan rasisme di dalam gelaran tahun ini.


Protes The Weeknd

[Bintang] The Weeknd
The Weeknd di Billboard Music Awards 2016. (Foto: AFP / SUZANNE CORDEIRO)

The Weeknd telah meluncurkan album bertajuk After Hours pada Maret 2020 lalu. Lagu hit-nya, "Blinding Lights" sangat dikenal di kalangan pecinta musik seluruh dunia. Dari situlah protesnya disuarakan.

"Grammy masih saja curang. Kalian berutang transparansi kepadaku, penggemarku, dan kepada industri," tulis pemilik nama Abel Tesfaye itu.

 


Protes Nicki Minaj

Nicki Minaj Pakai Mantel Bulu
Penyanyi Nicki Minaj berpose ketika menghadiri fashion show koleksi Fall/Winter 2017 Oscar de la Renta di New York Fashion week, Senin (11/9). Rapper 34 tahun itu memancing perhatian dengan mantel bulu tebal saat cuaca panas. (AP Photo/Kathy Willens)

Sementara itu, Nicki Minaj membuka kembali luka lamanya saat masuk ke dalam nominasi Best New Artist pada 2012 lalu. Pada saat itu, Nicki kalah dari Bon Iver. Ia pun merasa dicurangi oleh Grammy atas dugaan warna kulit.

Nicki Minaj selama bertahun-tahun memang sudah masuk ke dalam nominasi Grammy Awards sebanyak 10 kali. Namun ia tak pernah sekalipun menyabet piala bergengsi ini. Bahkan untuk tahun ini, ia tak masuk dalam kategori manapun.

 


Kenangan Pahit

"Tak pernah lupa bagaimana Grammy tak memberiku piala Best New Artist ketika aku memiliki tujuh lagu yang secara bersamaan masuk di dalam tangga lagu Billboard dan lebih besar pada minggu perdana dibandingkan semua rapper wanita pada akhir dekade itu," tulis Nicki Minaj.

"(Dan) mereka memberikannya kepada Bon Iver si kulit putih," tambahnya.

 


Puncak Acara

Nominasi Grammy Awards 2021 yang merupakan ajang ke-63 ini merupakan deretan karya yang dirilis sejak 1 September 2019 hingga 31 Agustus 2020. Daftar pemenang diumumkan dalam acara puncaknya, yakni Anugerah Grammy Awards ke-63 yang disiarkan pada 31 Januari 2021 waktu Amerika Serikat untuk disiarkan melalui saluran CBS.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya