Cerita Isnaeni Achdiat, Musisi Indonesia yang Persembahkan Lagu untuk Olimpiade Tokyo 2020

Isnaeni Achdiat, seorang musisi Indonesia turut mempersembahkan sebuah karya spesial untuk Olimpiade Tokyo 2020.

oleh Surya Hadiansyah diperbarui 06 Agu 2021, 17:56 WIB
Diterbitkan 06 Agu 2021, 17:40 WIB
Isnaeni Achdiat, Musisi Indonesia yang Persembahkan Lagu Take to The Sky untuk Olimpiade Tokyo 2020
Isnaeni Achdiat, Musisi Indonesia yang Persembahkan Lagu Take to The Sky untuk Olimpiade Tokyo 2020. (instagram.com/isnaeniachdiat)

Liputan6.com, Jakarta Ajang perhelatan olahraga Olimpiade Tokyo 2020 masih berlangsung dan menyita perhatian mata dunia. Di tengah ajang olimpiade itu bergulir, Isnaeni Achdiat, seorang musisi Indonesia turut mempersembahkan sebuah karya spesial untuk Olimpiade Tokyo 2020.

Karya tersebut tertuang dalam lagu berjudul "Take to The Sky". Saat berbincang dalam acara Inspirato Sharing Session lewat Instagram Live Liputan6.com, Isnaeni Achdiat menceritakan tentang proses kreatif di balik terciptanya lagu ini.

Ia mengatakan bahwa menciptakan lagu untuk ajang olahraga kelas internasional itu merupakan cita-citanya sejak masih kecil. Namun saat itu, ia tidak terlalu menekuni dunia musik karena merasa masih ragu-ragu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tak Ditekuni

Take To The Sky
Lagu Take to The Sky ciptaan musisi Isnaeni Achdiat untuk Olimpiade Tokyo 2020 (Liputan6.com / Istimewa)

"Kalau dulu, mikrinya musik itu takutnya nggak dapat duit, susah kalau main musik dapatnya dikit, jadi kita belajar (formal) aja deh, coba dapat universitas terbaik, akhirnya dapat di UI. Kita sibuk belajar aja, kerja, jadi dulu takut, nasib musisi di Indonesia kan susah, kayaknya itu jalur yang nggak saya pengin," kata Isnaeni Achdiat.


Terwujud

Isnaeni Achdiat, Musisi Indonesia yang Persembahkan Lagu Take to The Sky untuk Olimpiade Tokyo 2020. (instagram.com/isnaeniachdiat)
Isnaeni Achdiat, Musisi Indonesia yang Persembahkan Lagu Take to The Sky untuk Olimpiade Tokyo 2020. (instagram.com/isnaeniachdiat)

Namun 40 tahun berselang, ia kembali teringat akan mimpinya saat masih kecil. Oleh karenanya, memanfaatkan masa pandemi ini Isnaeni kemudian mencoba untuk kembali mewujudkan impian masa kecilnya itu sehingga terlahirlah lagu "Take to The Sky" itu.

"Ternyata lagunya begitu jadi katanya bagus, banyak apresiasi, ya kita senang. Di balik itu, banyak sekali orang yang terlibat, ada rekan saya dan teman-teman yang main orkestra, kalau dari segi musik instrumen, ada yang kelola, saya nggak mampu. Saya hanya sebatas menulis lirik lagunya dalam bahasa Indonesia. Dibantu sama temen juga untuk ke bahasa Inggris dan Jepang, karena liriknya takut salah kan," jelasnya.


Harapan

Foto: Pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 Tetap Meriah di Masa Pandemi Covid-19
Para penari tampil di depan logo Olimpiade saat upacara pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 di Olympic Stadium, Tokyo, Jepang, Jumat (23/7/2021). (Foto: AP/Pool/Dylan Martinez)

Ke depannya, ia berharap lagunya ini dapat didengar dengan cakupan lebih luas lagi. Tidak menutup kemungkinan, lagu ini dapat diputar secara resmi dalam perhelatan Paralimpiade Tokyo 2020 yang berlangsung di Jepang mulai 24 Agustus sampai 5 September 2021.

"Kita sebagai pencipta lagu, tentu ada usaha untuk mempromosikan lagu, ada relawan-relawan yang bantuin untuk campaign, kalau olimpiade Tokyo kan sudah ada lagu resminya. Kita sebagai pencipta menyajikan seperti ini. Mudah-mudahan masih bisa diterima, karena masih ada Paralympic. Yang penting kita menyajikan karya untuk dunia," bebernya.


Karya Lain

Inspirato Sharing Session Instagram Live Liputan6.com
Isnaeni Achdiat dalam Inspirato Sharing Session Instagram Live Liputan6.com

Selain "Take to The Sky", Isnaeni Achdiat juga telah menciptakan banyak lagu lain. Salah satunya juga dibawakan oleh Kotak di bawah naungan label Warner Music Indonesia. Lagu bertema nasionalis itu berjudul "Sayap-Sayap Garuda".

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya