Tips Persiapkan Karir dengan Cerdas ala Vina Muliana dalam ‘Networking Party’ #SerunyaBelajar Ada di TikTok

TikTok yang merupakan platform distribusi video pendek, mengenalkan kampanye terbarunya yang bertajuk, “#SerunyaBelajar Ada di Tiktok”.

oleh Fachri pada 11 Jul 2022, 15:00 WIB
Diperbarui 11 Jul 2022, 16:34 WIB
Vina Muliana.
TikTok Edu Creator Vina Muliana saat mengisi acara Networking Party #SerunyaBelajar Ada di Tiktok' berlangsung pada 9 dan 10 Juli di Mbloc, Jakarta Selatan.

Liputan6.com, Jakarta TikTok yang merupakan platform distribusi video pendek, mengenalkan kampanye terbarunya yang bertajuk, “#SerunyaBelajar Ada di Tiktok”. Lewat kampanye edukasi kali ini, TikTok mendorong terciptanya konten edukasi yang seru dan bermanfaat dari komunitas platform berbagi video pendek tersebut.

Kampanye tersebut, diisi oleh rangkaian kegiatan yang menarik dan juga edukatif. ‘Networking Party’ menjadi kegiatan pamungkas dari rangkaian kampanye tersebut.

‘Networking Party’ berlangsung di M Bloc Space, Jakarta, yang dimulai dari tanggal 9 hingga 10 Juli 2022, sukses digelar. Berlangsung selama dua hari, sesi kelas dipenuhi oleh para pengunjung. Berbagai speakers yang menarik dihadirkan, salah satunya Vina Muliana (@vmuliana). Konten kreator TikTok yang sempat masuk dalam jajaran Forbes 30 Under 30 itu, berbagi tips bagaimana mempersiapkan karir dengan cerdas buat para jobseeker.

“Karir dan masa depan harus dipersiapkan dengan tepat. Sebenarnya nggak sulit kok untuk mewujudkan itu. Tapi, emang butuh trik yang cerdas supaya karir di masa depan bisa lebih gemilang,” kata Vina Muliana, Sabtu (9/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Melamar Kerja Seperti Mencari Soulmate

Vina Muliana.
TikTok Edu Creator Vina Muliana saat mengisi acara Networking Party #SerunyaBelajar Ada di Tiktok' berlangsung pada 9 dan 10 Juli di Mbloc, Jakarta Selatan.

Melamar pekerjaan merupakan pintu pertama untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Banyak yang harus dipersiapkan secara benar dan tepat.

“Kita nggak bisa memberikan treat dalam bentuk CV yang sama ke beberapa perusahaan yang ingin kita lamar. Anggaplah, melamar kerja ini seperti fase PDKT untuk mencari soulmate, kan nggak mungkin kita sama ratakan treat-nya,” ujar Vina.

Bagi Vina, ada tiga cara yang benar dan tepat dalam membuat CV. Pertama, kalian harus sesuaikan CV dengan pekerjaan yang ingin dilamar.

“Kalian harus mention kata kunci dan skills di CV yang termasuk dalam lowongan pekerjaan perusahaan yang ingin dituju,” sebutnya.

Kedua, kalian harus membuat CV dengan sangat profesional, agar tidak disangka asal jadi, bahkan main-main. Dengan cara memasukkan dan memastikan kontak yang tercantum dalam CV itu benar dan up to date. Dan yang ketiga, selalu tulis hasil yang dapat diukur dan contoh pencapaian yang spesifik dari setiap pengalaman kerja yang sudah dilalui.

“Supaya menarik, kalian harus selalu menuliskan kinerja dari pengalaman kerja yang sudah dilalui, itu sangat berguna untuk kalian mendapatkan pekerjaan yang diinginkan,” tambahnya.


2. Recruiter Tidak Membaca CV

Vina Muliana.
TikTok Edu Creator Vina Muliana saat mengisi acara Networking Party #SerunyaBelajar Ada di Tiktok' berlangsung pada 9 dan 10 Juli di Mbloc, Jakarta Selatan.

Dalam sesi Networking Party TikTok, Vina juga memaparkan fakta terkait dengan CV. Menurut Vina, HRD tidak membaca CV yang kalian buat, melainkan hanya melakukan scanning terhadap CV tersebut.

“Hari ini, recruiter hanya melihat sekilas CV yang dikirimkan. Mereka hanya butuh waktu, rata-rata 7,4 detik saja untuk itu. Recruiter juga melihat CV dengan pola berbentuk huruf F,” katanya.

Selain hanya melakukan scanning, HRD juga lebih suka memakai software ATS guna membantu proses rekrutmen karyawan baru. Untuk itu, Vina mengingatkan agar membuat CV yang ATS friendly.

“Kalau kalian ingin lolos ATS, harus memasukkan ciri yang menarik dari skill yang kalian punya. Setelah itu, masukkan juga keyword dan cocokkan SEO dengan deskripsi pekerjaan yang ingin dilamar. Gunakan juga font dan layout yang terlihat profesional, kurangi desain yang nggak perlu dan warna yang mencolok,” ungkapnya.


3. Persiapkan Job Interview

Vina Muliana.
Networking Party #SerunyaBelajar Ada di Tiktok' berlangsung pada 9 dan 10 Juli di Mbloc, Jakarta Selatan.

Job interview adalah proses rekrutmen dan seleksi calon karyawan yang sangat penting. Perusahaan melihatnya sebagai cara menemukan dan menentukan kecocokan antara karakteristik pelamar dengan kualifikasi pekerjaan yang ditawarkan dan kultur perusahaan.

Untuk itu, wanita yang juga pegawai BUMN MIND ID ini memberikan tips bagaimana mempersiapkan job interview dengan matang. Baginya, 3P dalam interview harus dimatangkan.

“Yang harus diingat pelamar ketika ingin interview adalah 3P. P yang pertama adalah prepare, kalian harus kenal sama diri sendiri, kenal juga dengan perusahaannya, dan pekerjaan yang nanti akan dijalankan. P yang kedua adalah presence, kalian harus memberikan tampilan yang sesuai. Jika interview di lembaga pemerintahan, ya gunakan business formal, jika di perusahaan startup, pakai casual,” jelasnya.

“Dan P yang ketiga adalah practice. Kalian harus berlatih terus menerus untuk bisa menjawab pertanyaan HRD dengan jujur dan diplomatis. Karena, HRD akan memberikan 3 tipe pertanyaan dalam sebuah interview. Yang pertama personal interview question, kedua behavioral based question, dan yang ketiga hypothetical question,” tambahnya.

Ia juga memberikan apresiasi kepada TikTok karena sudah memberikan wadah yang kreatif serta edukatif melalui Networking Party ini.

“Di sini, kita bisa bersama-sama menciptakan ekosistem yang edukatif dan juga kreatif. Apresiasi saya ke TikTok karena bisa membuat acara sebesar ini,” tutup Vina.


4. Hadirkan Speakers Menarik

Vina Muliana dan Pak Win.
Networking Party #SerunyaBelajar Ada di Tiktok' berlangsung pada 9 dan 10 Juli di Mbloc, Jakarta Selatan.

Selain Vina Muliana (@vmuliana), Networking Party #SerunyaBelajar Ada di Tiktok yang merupakan sesi belajar eksklusif dan asik, juga menghadirkan speakers menarik dalam memberikan edukasi seputar bidang yang dikuasai masing-masing.

Rachel Amanda.
Rachel Amanda saat mengisi acara Networking Party #SerunyaBelajar Ada di Tiktok' berlangsung pada 9 dan 10 Juli di Mbloc, Jakarta Selatan.

Di hari pertama, pada Sabtu (9/7/2022), ada Rachel Amanda (@auroraamanda95) yang memberikan inspirasi bagaimana menjadi kreatif dengan merangkul sisi rapuh yang dibawakan secara monolog. Lalu, ada pula Pak Win (@asahpolapikir) yang berbagi pengalaman kunci sukses dalam berbisnis. Dan Anton Ismael (@antonismael_) yang memberikan pemikirannya bagaimana seharusnya mengapresiasi diri sendiri saat orang-orang terjebak pada ‘mabuk visual’.

Merry Riana.
TikTok Master Educator Merry Riana saat mengisi acara Networking Party #SerunyaBelajar Ada di Tiktok' berlangsung pada 9 dan 10 Juli di Mbloc, Jakarta Selatan.

Pada Minggu (10/7/2022), giliran Merry Riana (@merryriana) yang berkesempatan berbagi pengalamannya terkait dengan kreativitas. Juga, ada Urrofi (@urrofi) yang memberikan tips bagaimana meramu video di era baru audiovisual. Erika Richardo (@erikarichardo) yang memberikan inspirasi dalam mengekspresikan diri melalui lukisan. Dan Garin Nugroho (@garinfilm), yang berbagi ilmunya dalam sesi Networking Party berkembang dan berbagi dengan bercerita.

Rangkaian kampanye #SerunyaBelajar Ada di TikTok telah usai. Kampanye tersebut memberikan ragam insight menarik dan juga edukatif. Lewat Networking Party yang dijadikan sebagai acara puncak, semua TikTok Master Educator dan juga TikTok Edu Creator mampu memberikan inspirasi untuk 100 pengunjung yang memenuhi seat Live House M Bloc Space selama dua hari.

Untuk kalian semua yang ingin mendapatkan berbagai konten edukasi yang inspiratif dan menghibur di TikTok, kalian bisa cari konten-konten tersebut menggunakan hashtag #SerunyaBelajar di TikTok atau kalau kalian ingin mendapatkan informasi lebih lengkap terkait dengan kegiatan kampanye #SerunyaBelajar Ada di Tiktok, bisa mengunjungi link ini!

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya