Hotman Paris Minta Nadiem Makarim Usut Dugaan Ijazah Palsu Sarjana Hukum Razman Arif Nasution

Dugaan ijazah palsu yang menjerat Razman Arif Nasution memasuki babak baru. Tanpa sebut nama, Hotman Paris minta Nadiem Makarim selesaikan kasus ini.

oleh Wayan Diananto diperbarui 22 Agu 2022, 11:40 WIB
Diterbitkan 22 Agu 2022, 11:40 WIB
Hotman Paris. (Foto: Dok. Instagram @hotmanparisofficial)
Dugaan ijazah palsu yang menjerat Razman Arif Nasution memasuki babak baru. Tanpa sebut nama, Hotman Paris minta Nadiem Makarim selesaikan kasus ini. (Foto: Dok. Instagram @hotmanparisofficial)

Liputan6.com, Jakarta Hotman Paris menyenggol Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI, Nadiem Makarim. Ia menyayangkan Mas Menteri yang seolah kurang responsif atas kasus dugaan ijazah palsu yang menjerat seorang pengacara.

Tanpa sebut nama, ini dilontarkannya dalam video yang diunggah di akun Instagram terverifikasi, Senin (22/8/2022). Publik menduga ini terkait dugaan ijazah palsu Razman Arif Nasution kurang dapat perhatian publik.

Pasalnya, selama berminggu-minggu masyarakat Indonesia menyorot kasus polisi tembak polisi yang melibatkan seorang Irjen. Hotman Paris lantas mempertanyakan aksi nyata Kementerian terkait.

“Gara-gara viral penembakan, pembunuhan oknum polisi, media jadi lupa tentang soal ijazah palsu dari seorang oknum pengacara. Halo Bapak Menteri Pendidikan? Kenapa dari Kementerian sampai hari ini belum ada legal action?” katanya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Berakibat Fatal

Tangkapan layar video Hotman Paris menyenggol Nadiem Makarim. (Foto: Dok. Instagram @hotmanparisofficial)
Tangkapan layar video Hotman Paris menyenggol Nadiem Makarim. (Foto: Dok. Instagram @hotmanparisofficial)

Presenter The Hotman dan Hotroom menilai dugaan ijazah palsu yang menjerat seorang pengacara bisa berakibat fatal. Publik bisa saja berasumsi semudah itu bikin ijazah abal-abal.

“Karena ini sangat-sangat berakibat fatal. Itu bisa memengaruhi orang jadi begitu gampang saja memalsukan ijazah. Ini diduga, diduga palsu bukan hanya Sarjana Hukum-nya, tapi juga ijazah S2 ataupun ijazah doktornya,” Hotman Paris menambahkan. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Segera Bertindak!

Hotman Paris (https://www.instagram.com/p/CCr91hLF0sx/)
Hotman Paris (https://www.instagram.com/p/CCr91hLF0sx/)

Lebih lanjut, pengacara kelahiran Laguboti Sumatra Utara, 20 Oktober 1959, meminta Nadiem Makarim membuat tim investigasi khusus sampai ke Malaysia untuk mengecek kebenaran ijazah doktor pihak seberang.

“Tolong Bapak Menteri Pendidikan segera bertindak. Kasihlah contoh. Kasih contoh bahwa pendidikan itu tidak boleh begitu saja dimainkan. Segera bentuk tim investigasi khusus sampai ke Malaysia, benar enggak itu orang pernah kuliah doctor di Malaysia,” urainya.


Diduga Palsu

Razman
Razman Arif Nasution. (Liputan6.com/Putu Merta Surya Putra)

“Kalau ijazah Sarjana Hukumnya diduga palsu, apalagi ijazah doktornya. Ayo, Nadiem Makarim di mana kau?” Hotman Paris mengakhiri. Diberitakan sebelumnya, dugaan ijazah palsu yang membelit Razman Arif Nasution berbuntut panjang.

Presiden Kongres Advokat Indonesia, Siti Jamaliah Lubis, menjelaskan dugaan ijazah palsu itu tengah diselidiki. Juli 2022, dugaan ijazah palsu Razman Arif Nasution menyeret nama Universitas Ibnu Chaldun Jakarta.

Infografis Pengacara Setya Novanto Mundur
Infografis Pengacara Setya Novanto Mundur
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya