Tebak Kata dan 6 Game Asah Otak Pengisi Waktu Senggang dengan Cara Menyenangkan

Siapa sangka, kini permainan asah otak di masa kecil seperti tebak-tebakan atau tebak kata dapat dimainkan melalui smartphone secara online.

oleh Ruly Riantrisnanto diperbarui 01 Sep 2022, 11:09 WIB
Diterbitkan 31 Agu 2022, 09:50 WIB
5 Tips Sukses Mendapatkan Pasangan Lewat Aplikasi Kencan Online
Ilustrasi bermain game bersama pasangan. (Foto: unsplash/Afif Kusuma)

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak kenal dengan permainan tebak tebakan? Permainan itu pastinya sudah kita mainkan sedari kecil. Ada banyak jenis permainan tebak-tebakan, mulai dari tebak tebakan gambar, tebak suara, tebak lagu, tebak kata dan lainnya.

Permainan ini biasanya menjadi pilihan untuk melepaskan rasa penat dan bosan sekaligus mengakrabkan diri dengan teman ataupun keluarga. Tak heran bila permainan ini tidak lekang oleh waktu.

Zaman telah berubah, perkembangan teknologi membawa perubahan di banyak lini kehidupan, tak terkecuali permainan tebak tebakan.

Siapa sangka, kini permainan masa kecil tersebut dapat dimainkan melalui smartphone secara online. Tak peduli ada atau tidak ada teman, kini Kamu dapat memainkan tebak-tebakan online kapanpun dan di manapun.

Pilihan jenis permainan tebak tebakan online pun semakin beragam, mulai dari jenis, tingkat kesulitan hingga hadiah yang diberikan.

Berikut ini beberapa referensi permainan tebak tebakan online yang dapat dijadikan pilihan untuk mengasah otak dengan cara menyenangkan, melansir dari BGtekno.com.

 


1. Word’s Crush: Hidden Words!

kepribadian
ilustrasi menebak kepribadian/copyright Unsplash/Andrew Neel

Word’s Crush: Hidden Words merupakan salah satu permainan tebak tebakan online yang paling banyak di-download.

Di samping karena permainannya yang seru, pemain pun berkesempatan mendapatkan hadiah yang dapat diklaim ke uang tunai, menarik bukan?

Cara memainkannya pun terbilang sederhana, pemain hanya diminta untuk menyelesaikan misi atau tugas menebak kata tersembunyi di dalam susunan teka-teki silang atau TTS.

Sulit? tenang akan ada beberapa kisi-kisi untuk menebak seluruh kata yang ditanyakan.

 


2. Word Brain

Ilustrasi kata-kata, minta maaf
Ilustrasi kata-kata, minta maaf. (Photo by Brett Jordan on Unsplash)

Di game WordBrain ini menantang pemain untuk menemukan kata-kata tertentu. WordBrain juga merupakan salah satu permainan kata paling populer di dunia karena telah didownload lebih dari 40 juta!

Tips untuk memainkannya, berhati-hatilah dalam mengumpulkan huruf, karena urutan kata kata yang akan Kamu pilih akan menentukan apakah Kamu dapat menyelesaikan seluruh teka-teki di game ini atau tidak.

 


3. Guess the word

Ilustrasi kata-kata tentang orang pendiam
Ilustrasi kata-kata tentang orang pendiam (Photo by Kristina Flour on Unsplash)

Sesuai namanya, Guess the word adalah permainan tebak kata melalui gambar. Kisi kisi gambar yang disajikan akan disesuaikan dengan level yang dimainkan.

Semakin sulit level yang dimainkan maka akan semakin sedikit kisi-kisi untuk menebaknya dengan tepat.

Yang menarik, permainan dimainkan menggunakan bahasa Inggris sehingga dapat sekaligus mengasah kemampuan skill bahasa Inggrismu.

Tips bermain game ini adalah penguasaan kosakata, semakin banyak kosakata yang pemain hafal maka akan semakin mudah memainkannya

 


4. Cari Kata

Ilustrasi tertawa, lucu, kata-kata malam Minggu
Ilustrasi tertawa, lucu, kata-kata malam Minggu. (Photo by Malte Helmhold on Unsplash)

Kalau yang sebelumnya kata pengantar Bahasa permainannya adalah bahasa Inggris, cobalah download permainan Cari Kata ini. Dalam game ini semua pilihan kata ditampilkan dalam Bahasa Indonesia.

Cara bermain sangat sederhana, pemain diminta fokus untuk mencari kata dalam bentuk vertikal dan horizontal. Setiap level kata kata yang perlu dicari akan semakin sulit dari berbagai kategori.

Kategori tersebut bisa saja berupa bisnis, hiburan atau yang lainnya. Hal ini membuat kemampuan berpikir para pemain akan terus diuji.

Kemudian, para pemain diharuskan untuk menemukan kata yang berhubungan dengan kategori tersebut, menarik bukan?

 


5. Tebak Kata

Salah satu game tebak tebakan online paling seru saat ini adalah Tebak Kata. Game yang satu ini meskipun menggunakan bahasa Indonesia, tetapi memiliki tingkat kesulitan yang cukup menantang.

Sama dengan game sebelumnya, penguasaan kosa kata yang banyak akan memudahkan pemain untuk memainkan game ini.

 


6. Word Crossword Search

Game yang satu ini terkenal akan tingkat kesulitannya yang tinggi. Game Word Crossword Search memiliki level kesulitan hingga 3.000.

Setiap levelnya sudah pasti sulit ditebak. Yang menarik dari game ini adalah tampilan visualnya yang atraktif sehingga pemain tidak bosan untuk memainkannya.

Tak ada sinyal untuk memainkannya? Tenang game ini dapat dimainkan secara offline sehingga dapat dimainkan dimana saja dan kapan saja.

Namun juga Kamu butuh tantangan, bermain secara online akan membawa kamu mendapatkan lawan yang jago dari berbagai negara di dunia.

 


7. Word Of Wonders

Di urutan terakhir, Word of Wonders dapat menjadi pilihan untuk bersenang senang sekaligus menambah wawasan. Yang menarik, game yang satu ini mengharuskan pemainnya untuk mencapai misi yang ditetapkan di awal permainan.

Di setiap levelnya nanti, pemain akan mendapatkan hidden secret untuk menyelesaikan misi yang telah diberikan.

Itu tadi 7 permainan tebak – tebakan yang dapat diunduh untuk bersenang senang sekaligus mengasah otak. Semoga bermanfaat.

Infografis Bisnis Game di Indonesia (Liputan6.com/Deisy Rika)
Infografis Bisnis Game di Indonesia (Liputan6.com/Deisy Rika)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya