Artis Inisial R Diduga Terlibat Praktik Pencucian Uang Mantan Pejabat Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Rafael Alun Trisambodo

Iskandar Sitorus, Sekretaris Pendiri Indonesian Audit Watch (IAW), mengatakan bahwa artis inisial R itu diduga terlibat dalam dugaan tindak pencucian uang yang dilakukan oleh Rafael Alun Trisambodo.

oleh Surya Hadiansyah diperbarui 31 Mar 2023, 09:53 WIB
Diterbitkan 31 Mar 2023, 09:50 WIB
Ekspresi Lelah Ayah Mario Dandy Rafael Alun Trisambodo Usai Diperiksa KPK Selama 8 Jam
Mantan pejabat Ditjen Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Rafael Alun Trisambodo yang juga ayah Mario Dandy berada di dalam mobil usai menjalani pemeriksaan di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Rabu (1/3/2023). Rafael menjalani pemeriksaan lebih dari delapan jam terkait LHKPN yang angkanya terbilang fantastis saat menjabat sebagai pejabat pajak. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta Masalah Mantan Pejabat Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (DJP Kemenkeu) Rafael Alun Trisambodo turut menyeret seorang artis terkenal di Tanah Air. Rafael Alun Trisambodo disebut-sebut terkoneksi dengan seorang artis berinisial R.

Iskandar Sitorus, Sekretaris Pendiri Indonesian Audit Watch (IAW), mengatakan bahwa artis inisial R itu diduga terlibat dalam dugaan tindak pencucian uang yang dilakukan oleh Rafael Alun Trisambodo.

"Beberapa aset dari Rafael yang sudah diperiksa, ternyata Rafael terakses dengan orang kaya baru yang mengendalikan bisnis. Modal dasarnya saja Rp170-an miliar, lalu bisnis ini angkanya triliun," katanya seperti dikutip dalam unggahan akun Instagram @lambe_turah pada Kamis (30/3/2023).

"Inisialnya orang kaya baru Ini adalah R," sambungnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sangat Dikenal

Ilustrasi Korupsi
Ilustrasi Korupsi. (Photo by Pixabay)

Lebih lanjut, Iskandar mengatakan bahwa artis inisial R itu sangat dikenal dan tinggal di Jakarta.

"R tersebut laki-laki, orang kaya baru, di data kami disebut Orang kaya baru. Di Jakarta tinggalnya, sangat dikenal," ujarnya.


Mengingatkan

Ilustrasi Korupsi (Istimewa)
Ilustrasi Korupsi (Istimewa)

Meski belum diketahui secara pasti siapa sosok R yang dimaksud itu, Iskandar Sitorus mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati lantaran di luar sana, banyak yang terlihat seperti terhormat, namun kenyataannya tidak sebaik yang ditampilkan.

"Kami hanya mengingatkan bahwa banyak yang terlihat seakan-akan terhormat, sejatinya dia adalah merampas kehormatan uang rakyat yang ditilep koruptor," ucapnya.


PR Baru

Artis inisial R ini menjadi PR baru masyarakat dalam menebak-nebak siapa sosok yang dimaksud. Sebelumnya, Iskandar Sitorus sempat membeberkan temuan yang juga menimbulkan rasa penasaran warganet.

Ia menyampaikan bahwa ada artis inisial P yang ikut terlibat di dalam dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang dilakukan satu perusahaan. Meskipun artis inisial P yang dimaksud tak disebut sebagai pelaku, namun netizen Tanah Air tetap penasaran dengan sosok yang dimaksud oleh pihak Indonesian Audit Watch tersebut.

Infografis rincian harta kekayaan Rafael Alun Trisambodo. (Foto: Dok. Instagram @liputan6)
Infografis rincian harta kekayaan Rafael Alun Trisambodo. (Foto: Dok. Instagram @liputan6)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya