Anies Baswedan Ziarah ke Makam K.H. Muhammad Shiddiq, Kenang Sosok Mbah Shiddiq Sebagai Pembuka Kota Jember

Selama berada di Jember, Jawa Timur, Anies Baswedan, menyempatkan diri untuk berziarah ke makam K.H. Muhammad Shiddiq atau lebih dikenal dengan sebutan Mbah Shiddiq.

oleh Meiristica Nurul diperbarui 12 Mei 2023, 19:16 WIB
Diterbitkan 12 Mei 2023, 19:16 WIB
Anies Baswedan (Foto: Instagram/@aniesbaswedan)
Selama berada di Jember, Jawa Timur, Anies Baswedan, menyempatkan diri untuk berziarah ke makam K.H. Muhammad Shiddiq atau lebih dikenal dengan sebutan Mbah Shiddiq. (Foto: Instagram/@aniesbaswedan)

Liputan6.com, Jakarta - Anies Baswedan, melakukan perjalanan ke Jember, Jawa Timur. Beberapa tempat disinggahi Anies Baswedan untuk bersilaturahmi dengan para petinggi di pesantren hingga berziarah ke makam K.H. Muhammad Shiddiq bin Abdullah bin Sholeh.

Sesampainya di tempat peristirahatan terakhir K.H. Muhammad Shiddiq alias Mbah Shiddiq, Anies Baswedan bersama beberapa orang langsung mengangkat kedua tangannya dan berdoa di depan makam tersebut.

Momen ini dibagikan mantan Gubernur DKI Jakarta di akun Instagram terverifikasi miliknya, Kamis (11/5/2023). Tampak terlihat Anies Baswedan mengenakan koko putih dipadu sarung dan kopiah hitam.

"Alhamdulillah berkesempatan berziarah di Pesarean Al Maghfurlah K.H. Muhammad Shiddiq bin Abdullah bin Sholeh. K.H. Muhammad Shiddiq atau Mbah Shiddiq di masa hidupnya memiliki andil besar terhadap proses terbentuknya peradaban masyarakat, khususnya di Jember," tulisnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kenang Sosok Mbah Shiddiq Sebagai Tokoh Pembuka Kota Jember

Anies Baswedan (Foto: Instagram/@aniesbaswedan)
Anies Baswedan (Foto: Instagram/@aniesbaswedan)

Dalam salah satu foto yang diunggah, tampak Anies Baswedan tangah menunjuk sebuah foto yang diduga itu adalah foto Mbah Shiddiq. Ia pun mengenang sosok ulama yang meninggal dunia pada 9 Desember 1934.

"Mbah Shiddiq dikenal sebagai tokoh pembuka atau yang membabat Jember. Dia juga dikenal sangat peduli terhadap pendidikan. Mbah Shidiq juga salah satu ulama yang dimintai pertimbangan atas rencana didirikannya ormas keagamaan Nahdhatul Ulama (NU)," lanjutnya.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Doa Anies Baswedan: Semoga Bisa Meneruskan Sifat Kejuangan Mbah Shiddiq

Anies Baswedan (Foto: Instagram/@aniesbaswedan)
Anies Baswedan (Foto: Instagram/@aniesbaswedan)

Di akhir kalimatnya, Anies Baswedan memanjatkan doa agar masyarakat bisa meneladani perjuangan Mbah Shiddiq.

"Semoga kita semua bisa meneladani dan meneruskan sifat kejuangan beliau demi terbentuknya peradaban masyarakat yang berkeadilan.

#AniesBaswedan #KHMuhammadShiddiq #Jember #untukIndonesia," tutupnya.

 


Datangi Pondok Pesantren Al-Qodiri Hingga Hadiri Haul Akbar Habib Sholeh bin Muhsin Al-Hamid

Anies Baswedan (Foto: Instagram/@aniesbaswedan)
Anies Baswedan (Foto: Instagram/@aniesbaswedan)

Sebelumnya, Anies Baswedan sempat singgah di Pondok Pesantren Al-Qodiri, Gebang, Jember. Di sana ia disambut oleh pendiri ponpes yaitu K.H. Achmad Muzakki Syah, dan putranya, Lora Fadil Muzzaki Syah. Kedatangan Anies untuk meminta restu dalam menjalani amanah rakyat bila terpilih menjadi presiden.

"Kami berkunjung untuk mendengar masukan, nasihat, dan aspirasi dari tokoh agama terkemuka di Jember dan memohon restu agar amanah ini diberikan kemudahan dan kelancaran.

#AniesBaswedan #PPAlQodiri #Jember #JawaTimur #UntukIndonesia," paparnya.

Infografis Deretan Wilayah Indonesia Terancam Kekeringan Parah dan Terdampak El Nino. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Deretan Wilayah Indonesia Terancam Kekeringan Parah dan Terdampak El Nino. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya