Romie Johanes Terinpirasi dari Seniman Jepang Saat Mendalami Seni Lukis Abstrak

Salah satu nama pelukis Indonesia di zaman kontemporer saat ini yaitu Romie Johanes.

oleh Hernowo Anggie diperbarui 08 Jul 2023, 20:58 WIB
Diterbitkan 08 Jul 2023, 07:40 WIB
Romie Johanes
Romie Johanes

Liputan6.com, Jakarta - Romie Johanes muncul sebagai pelukis Indonesia yang berkarier di zaman kontemporer saat ini. Peraih gelar diploma pendidikan seni di Vancouver, Kanada, sudah menekuni lukisan bergaya fine art.

Belakangan, perhatian Romie justru terpusat pada seni lukis abstrak. Menurut dia, ada seniman Jepang yang menginspirasinya dalam menyeriusi lukisan abstrak.

"Ada kekaguman dari sisi ketelitian, kualitas, dan ketekunan seniman Jepang saat membuat lukisan abstrak," kata Romie melalui keterangan tertulis, Sabtu, 8 Juni 2023.

Meski sudah mendapatkan gelar akademik di Kanada, Romie memutuskan untuk kembali belajar lukisan abstrak di Jepang. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Teknik Melukis

Di Jepang, Romie menjalani sejumlah latihan teknik yang dinilai sulit dalam praktek melukis abstrak. Teknik yang ia pelajari yakni Suminagashi (teknik melukis kuno dengan media diatas air) dan Shodo (teknik melukis kaligrafi Jepang).

"Sebagian besar yang ditampilkan pada lukisan saya merupakan teknik dan gerakan yang fasih. Saya ingin mereka merasakan setiap gerakan dan coretan dari kuas saya, sehingga mereka ikut terbawa oleh setiap gerakan yang mengalir diatas kanvas," kata dia.

 

 


Teknik Penuangan dan Pewarnaan

Selain itu, ciri khas dari lukisan abstrak Romie yaitu teknik penuangan dan pewarnaan. Bahkan terkadang, lukisan Romie tanpa melakukan perencanaan sebelumnya. 

Saat ini, Romie telah menghasilkan seri lukisan Satin. Pada lukisan terdapat bentuk garis-garis yang terdiri dari beberapa warna. "Lukisan ini mempunyai filosofi jika hidup mempunyai perjalanannya tersendiri, ada kalanya berhasil dan ada kalanya kita berada dibawah atau gagal," dia menuturkan.

 


Seri Aqua, Olive dan Terra

Selain Satin, Romie juga melukis seri Aqua, Olive dan Terra. Seri ini terinspirasi dari indahnya dan hangatnya alam Indonesia yang terdiri dari 17,499 pulau dan memiliki pantai-pantai yang indah.

Di lukisan Aqua, merepresentasikan kekuatan, keindahan, dan ketenangan lautan. Olive merepresentasikan keindahan tanaman hijau yang subur dan Terra yang merepresentasikan keindahan tanah, kayu, serta bumi dari sudut pandang Romie.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya