William Friedkin Sang Sutradara Film Ikonis The Exorcist Meninggal Dunia di Usia 87 Tahun

Kabar meninggalnya William Friedkin sang sutradara film The Exorcist membuat para tokoh di industri film Hollywood ikut berduka.

oleh Ratnaning Asih diperbarui 08 Agu 2023, 11:15 WIB
Diterbitkan 08 Agu 2023, 11:15 WIB
William Friedkin  (AP Photo/Alessandra Tarantino, File)
William Friedkin (AP Photo/Alessandra Tarantino, File)

Liputan6.com, Jakarta Sutradara Hollywood ternama William Friedkin kini telah berpulang untuk selamanya. Kabar duka ini dikonfirmasi oleh sang istri, yang merupakan mantan produser Sherry Lansing kepada media.

Dilansir dari BBC News, sang sutradara film horor ikonis The Exorcist tutup usia pada Senin (7/8/2023) kemarin.

“Ia menjalani kehidupan yang hebat. Umurnya hampir 88—dan ada filmnya yang akan rilis,” kata Shherry Lansing kepada BBC sambil berurai air mata.

Ia menambahkan, “Ia adalah seorang suami yang hebat. Ia adalah ayah yang luar biasa. Hidupnya begitu hebat. Tak ada mimpinya yang tak menjadi nyata.”

Hingga saat artikel ini ditulis, tak diungkap apa penyebab William Friedkin meninggal dunia. Namun, selama beberapa tahun belakangan ia memang dikabarkan mengalami sejumlah gangguan kesehatan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Para Sutradara Film Horor dan Thriller Berduka

William Friedkin.  (AP Photo/Joel Ryan, File)
William Friedkin. (AP Photo/Joel Ryan, File)

Kabar meninggalnya William Friedkin membuat para tokoh di industri film Hollywood ikut berduka.

Dilansir dari Deadline, aktor dan sutradara Eli Roth menulis, “Beristirahatlah dengan tenang, sang legenda William Friedkin…Salah satu sutradara paling berpengaruh sepanjang masa, yang mengarahkan jalan hidup saya ke arah yang berbeda lewat The Exorcist.”

Sutradara The Exorcism of Emily Rose dan Sinister Scott Derrickson mencuit, “Sebuah kehormatan bisa melakukan banyak obrolan panjang lewat Twitter dengan William Friedkin. Dia juga mengirim kabar melalui istrinya ke salah satu produser saya bahwa dia menonton & menyukai The Black Phone – sebuah pernyataan yang akan selalu saya kenang.”


Ucapan Duka Kiefer Sutherland, Bintang Film Terbarunya

Tak hanya para sineas, aktor Elijah Wood juga ikut mengucap kalimat belasungkawa. “Ia adalah seorang master sinema sejati, yang pengaruhnya akan terus berlanjut, selamanya,” kata Elijah Wood.

Kiefer Sutherland yang membintangi film mendiang yang akan rilis, The Caine Mutiny Court-Martial, juga mengucap dukacita. “Bekerja bersama William Friedkin merupakan salah satu kehormatan besar dalam karierku."


Peraih Grammy Awards dan Sutradara Film Ikonis

William Friedkin lahir di Chicago pada 1935, dan mulai terjun sebagai sutradara pada 1965 lewat salah satu episode dalam The Alfred Hitchcock Hour.

Kariernya meroket setelah menyutradarai The French Connection (1971) yang mendapatkan lima piala Oscar, termasuk Film Terbaik, Sutradara Terbaik, dan Aktor Terbaik. Dua tahun kemudian, ia merilis film horor ikonis, The Exorcist.

Film lain yang ia bintangi antara lain Sorcerer (1977), To Live and Die in L.A. (1985),  Rules of Engagement (2000) dan Bug (2006).

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya