Ipay Lakukan Ini Jika Hak Lagu Cinderella Kembali Padanya: Dikubur dan Tak Perlu Dinyanyikan Lagi

Rival Achmad Labbaika alias Ipay, sempat melayangkan somasi kepada Band Radja terkait status lagu Cinderella, yang diklaim sebagai ciptaannya.

oleh M Altaf Jauhar diperbarui 02 Sep 2023, 17:00 WIB
Diterbitkan 02 Sep 2023, 17:00 WIB
Ipay Cinderella Radja
Rival Achmad Labaikka alias Ipay pencipta lagu Cinderella untuk band Radja di Kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Senin (21/8/2023). (Dok. via M. Altaf Jauhar)

Liputan6.com, Jakarta Rival Achmad Labbaika alias Ipay, sempat melayangkan somasi kepada Band Radja terkait status lagu Cinderella, yang diklaim sebagai ciptaannya. Bahkan, ia pun melaporkan Ian Kasela, vokalis Radja, atas dugaan pelanggaran hak cipta.

Ipay menduga, Ian Kasela menggunakan dan mengklaim sebagai pencipta lagu Cinderella. Sementara Ipay mengaku sudah menciptakan lagu itu sejak 1996, dan telah dipublikasikan pada 1998.

Lantas, apa yang akan dilakukan Ipay terhadap lagu Cinderella jika memenangkan gugatannya, dan hak atas lagu itu kembali kepadanya dari tangan Ian Kasela dan Radja?

"Saya akan mengajukan pada negara, apa pun itu bentuknya, saya ingin lagu itu ditiadakan," aku Ipay di Polda Metro Jaya, Jumat (1/9/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pertimbangkan Dampak Psikologis

Radja Band
Ian Kasela dan Radja Band. (Dok. via M. Altaf Jauhar)

Ipay mengungkap alasannya ingin memusnahkan lagu "Cinderella" dari khazanah musik Indonesia. Ia tak ingin lagu "Cinderella" berdampak pada psikis rekan-rekannya, yang ikut terlibat dalam penggarapannya. Apalagi setelah polemik panjang yang mereka hadapi.

"Ada anak-anak (teman) di sekitar lagu itu. Kalau diputar akan ada dampak psikologis. Jadi apapun bentuknya, itu dihapus, dianggap tidak ada lagi. Dikubur dan tak perlu dinyanyikan lagi siapa pun penyanyinya," jelasnya.

 


Tak Mau Menyanyikan Cinderella

Ipay Polisikan Ian Kasela
Ipay Polisikan Ian Kasela (Foto: Liputan6/ M. Altaf Jauhar)

Ipay enggan menyanyikan lagu "Cinderella" andai hak atas lagu tersebut dikembalikan. Ia juga membantah anggapan mensomasi Band Radja, lantaran ingin membawakan lagu "Cinderella".

"Saya juga tidak ingin menyanyikan lagu itu. Jadi jangan berpikir saya mensomasi karena ingin nyanyikan lagu Cinderella, bukan. Saya hanya ingin ambil hak saya, meluruskan kebenarannya dan hukum," kata Ipay.

 


Laporkan Ian Kasela

Ian Kasela
Vokalis Radja, Ian Kasela sudah menjadikan kacamata hitam sebagai bagian dari identitasnya. Style yang khas itu pun masih dipertahankan sampai sekarang, konsisten! [Instagram @iankaselaradja]

Buntut dari polemik status lagu Cinderella, Ipay melaporkan Ian Kasela atas dugaan pelanggaran hak cipta. Bahkan, Ipay juga menyerahkan bukti berupa perjanjian kontrak atara Ian Kasela dan publisher.

"Kita membawa surat perjanjian kontrak yang dibuat dan ditanda tangani oleh IK dan publisher. Lalu ada juga bukti DAT, itu demo master yang dibuat Pak Ipay selaku pelapor," pungkas Tiara Octavia, kuasa hukum Ipay.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya