Debat Capres 2024 Dimulai, Mengenal Lagu Jingle Pemilu yang Dibawakan Band Cokelat

Debat perdana capres - cawapres dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan lagu Jingle Pemilu 2024 yang dipopulerkan oleh band Cokelat.

oleh Hernowo AnggieVera Utami diperbarui 12 Des 2023, 20:37 WIB
Diterbitkan 12 Des 2023, 20:10 WIB
KPU Luncurkan Maskot dan Jingle Pemilu 2024
Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI secara resmi meluncurkan maskot dan jingle untuk gelaran pesta demokrasi Pemilu serentak 2024 di Ancol, Jakarta, Jumat (2/12/2022). Peluncuran maskot dan jingle Pemilu 2024 tersebut dilakukan langsung oleh Ketua KPU Hasyim Asy'ari dan jajarannya. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta - Debat Capres - Cawapres 2024 yang perdana digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (12/12/2023), dimulai pukul 19.00 WIB.

Debat dihadiri tiga paslon capres - cawapres terdaftar, yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka serta Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Debat dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan lagu jingle Pemilu 2024 yang dipopulerkan oleh band Cokelat.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI sendiri menggandeng band Cokelat untuk merilis jingle Pemilu 2024 yang diberi judul Memilih untuk Indonesia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Diciptakan Kikan Namara

[Bintang] Kikan Namara Menikah dengan Pria Kewarganegaraan Malaysia Tahun Lalu
Kikan Namara resmi melepas masa jandanya setelah bercerai pada tahun 2007 silam dengan mantan suami yang bernama Yuke. (Adrian Putra/Bintang.com)

Makna lagu jingle pemilu 2024 ini sendiri memiliki makna yang erat kaitannya tentang semangat demokrasi.

Pesan dari lagu ini mempertegas bahwa pemilu merupakan panggilan untuk berpartisipasi dalam menentukan arah dari masa depan negara Indonesia.

Lagu "Memilih untuk Indonesia" yang dinyanyikan oleh grup band Cokelat dan lagu ini diciptakan langsung oleh sang vokalis, yaitu Kikan Namara.


Dirilis Bersamaan dengan Maskot Pemilu 2024

The Sounds Project Vol. 6
Vokalis yang satu ini punya karakter yang khas. Ia adalah Kikan Namara, vokalis Cokelat. [Adrian Putra/Fimela.com]

Merangkum dari berbagai sumber, lagu Memilih Untuk Indonesia sudah dirilis oleh band Cokelat sejak Jumat, 2 Desember 2022.

Dan dihari yang sama KPU juga meluncurkan maskot baru untuk Pemilu 2024 yang diberi nama Sura Sulu. 

Adapun Sura dan Sulu ini digambarkan sebagai jenis burung asal Bali, yaitu Jarak Bali yang berjenis kelamin jantan untuk Sura dan betina untuk Sulu. Sura sendiri juga dilambangkan sebagai perwakilan dari peserta pemilih dari laki-laki dan Sulu mewakili peserta pemilih perempuan.

Infografis Deklarasi Kampanye Pemilu Damai 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Deklarasi Kampanye Pemilu Damai 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya