Produser Musik David Elsandro Taruh Harapan Besar pada Industri di Indonesia

Selain penyanyi, seorang produser musik juga menaruh peranan yang sangat penting, salah satu nama yang berada dalam jajaran tersebut adalah David Elsandro.

oleh Ruly Riantrisnanto diperbarui 09 Jul 2024, 22:36 WIB
Diterbitkan 09 Jul 2024, 14:20 WIB
David Elsandro
David Elsandro, seorang produser musik. (Dok. Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta Orang-orang yang terlibat dalam proses pembuatan sebuah lagu, biasanya jumlahnya sangat banyak. Selain penyanyi, seorang produser musik juga menaruh peranan yang sangat penting. Sehingga, sebuah lagu yang sedang dikerjakan dapat tersaji dengan apik.

David Elsandro adalah salah satu sosok produser asal Indonesia yang telah berkarier di dunia musik sejak beberapa tahun ke belakang. Tentunya, banyak hal yang dilakoninya selama menjadi produser, termasuk menjadi bagian dari sejarah sejumlah musisi.

“Menjadi seorang music producer merupakan sebuah privilege karena bisa melihat dan ikut andil dalam perjuangan dan perjalanan karier dari musisi itu sendiri,” ucap David, berkisah tentang alasannya menjadi seorang produser, mengutip keterangan siaran pers yang kami terima baru-baru ini.

"Gue juga jadi terus secara otomatis untuk ikut belajar jadi lebih peka terhadap jenis musik yang berbeda-beda genre. Begitu juga dengan karakter penyanyi yang berbeda-beda," sambung David Elsandro.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tidak Menyangka Digiring untuk Berkarier sebagai Produser Musik

David Elsandro
David Elsandro, seorang produser musik. (Dok. Istimewa)

Kisah awal mula David serius terjun sebagai seorang produser sebenarnya sangat menarik. Karena pada mulanya ia tidak menyangka akan ‘digiring’ untuk meniti karier di ranah produser musik. Ketika terjun ke dunia musik, David sebenarnya bermimpi untuk menjadi seorang drummer session player lantaran dirinya memiliki bekal untuk bermain drum.

Namun, karena beberapa kali dipercaya oleh teman-temannya untuk memproduksi musik, maka hal tersebutlah yang dilakukan oleh David.

“Ya, kalau dibilang secara religius, Tuhan itu seperti menggiring gue untuk jadi seorang music producer karenague merasa suka saja bikin sesuatu dan mengulik sesuatu dari sebuah musik,” kisahnya.

 

 


Produser Musik Harus Mengonsumsi Banyak Lagu

Menurut David, hal yang perlu dikuasai oleh seorang produser sebenarnya bukanlah sesuatu yang sangat teknis. Ia merasa, seorang produser musik harus mengonsumsi banyak lagu.

Sehingga, seorang produser dapat membayangkan bagaimana proses pembuatan dari awal hingga lagunya rampung sekaligus dapat menelaah mengapa seorang penyanyi dapat cocok membawakan lagu tersebut.

“Selain itu, produser juga bisa berkomunikasi dengan baik juga percaya diri, sih!” ujarnya. “Karena tidak akan ada penyanyi yang berhasil tanpa adanya music producer danpenulis lagu yang berjuang sebegitunya di belakang sang penyanyi.”

Sejauh ini, sudah banyak nama musisi yang mempercayai David sebagai Music Producer untuk karya-karya mereka. Sebut saja: Aruma, Arash Buana, FAV (Aldo, Mahen, Fredo, Wendra), Luthfi Aulia, Awdella, Suara Kayu, hingga Fiersa Besari.

 


Proyek Terkini David

Kini, David tengah mengerjakan beberapa proyek besar, di antaranya album baru Suara Kayu, Album penyanyi cilik jebolan Indonesia’s Got Talent yang bernama Laura Geraldine, lalu ada albumnya Awdella, dan masih banyak lagi.

Bahkan untuk menunjukkan keseriusannya di industri musik Indonesia, David kini telah mendirikan sebuah music production yang bernama LDR (Lihat Dengar Rasakan).

Diharapkan LDR bisa menjadi wadah musisi-musisi untuk dapat terus merilis karya-karya terbaik mereka.

 


Berharap Industri Musik Menjadi Lebih Baik

Berbicara tentang musik Indonesia, David berharap industri musiknya untuk menjadi lebih baik ke depannya.

“Gue berharap para produser dan penulis lagu bisa mendapatkan sistem yang jauh lebih baik dan efektif untuk mendapatkan hak mereka," ungkapnya.

"Selain itu, dari segi attitude, para penyanyi untuk dapat lebih menghargai para produser yang sejak awal jadi orang di belakang layar, dan yang mendukung mereka. Karena gue percaya kalau rasa saling menghargai itu sering dilakukan, akan banyak music producer yang lebih sejahtera hidupnya,” tutup David.

Media sosial David Elsandro bisa dilihat melalui Instagram @davidelsandro.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya