Trinity Youth Symphony Orchestra Sukses Gelar 4 Konser di Skotlandia dan Inggris

Trinity Youth Symphony Orchestra (Trust Orchestra ) sukses menggelar 4 konser di 3 kota di Skotlandia dan Inggris, dengan tajuk Brit Tour 2024 Echoes from The Archipelago-an Indonesian Music Odyssey

oleh Hernowo Anggie diperbarui 13 Agu 2024, 17:30 WIB
Diterbitkan 13 Agu 2024, 17:30 WIB
Trinity Youth Symphony Orchestra (Trust Orchestra)
Trinity Youth Symphony Orchestra (Trust Orchestra)

Liputan6.com, Jakarta Trinity Youth Symphony Orchestra (Trust Orchestra) sukses menggelar 4 konser di 3 kota di Skotlandia dan Inggris, dengan tajuk Brit Tour 2024 Echoes from The Archipelago-an Indonesian Music Odyssey.

Grup Orkestra yang terdiridari 75 musisi muda Indonesia ini membawakan lagu-lagu daerah dan lagu nasional, di antaranya "Cublak-Cublak Suweng", "Manuk Dadali", "Sirih Kuning", "Janger", "Bungong Jeumpa", "Kopi Dangdut", "Tanah Air", "Perahu Kertas" dan "Laskar Pelangi".

Khusus untuk pesembahannya kali ini, mereka berlatih secara intensif selama 6 bulan. Konser di kota Glasgow menjadi pembuka dari rangkaian Brit Tour 2024. Tanggal 4 Agustus 2024, bertempat di Amphitheatre Royal Conservatoire Of Scotland, Ttust berhasil memukau penonton yang hadir.

Tak hanya para diaspora Indonesia, para pecinta musik dan akademisi di kota Glasgow juga turut menyaksikan kebolehan TRUST memainkan lagu-lagu Indonesia. Sebagai informasi, Royal Conservatoire Of Scotland (RCS) adalah kampus musik nomor 6 terbaik di dunia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ambil Materclass

Trinity Youth Symphony Orchestra (Trust Orchestra)
Trinity Youth Symphony Orchestra (Trust Orchestra)

Kesempatan ini juga dimanfaatkan para anggota Trust untuk mengambil masterclass selama 1 hari demi memperdalam keahlian bermusik. Selanjutnya pada 6 dan  7 Agustus 2024, Trust tampil gemilang dan mendapat sambutan meriah dari penonton saat tampil di Edinburgh Festival Fringe 2024.

Konser digelar di The Queens Hall, Edinburgh selama 2 hari berturut-turut. Selain membawakan lagu-lagu Indonesia, penampilan Trust terasa lebih spesial karena berkolaborasi dengan musisi Skotlandia.

 


Tampil Bersama Ailis Sutheeland

Lagu berjudul “Highland Cathedral” dibawakan secara apik bersama Ailis Sutheeland, seorang pemain alat musik tiup “bagpipes” khas Skotlandia. Sementara penyanyi Skotlandia bernama Kim Carnie turut berkolaborasi dengan menyanyikan lagu berbahasa Gaelic (lagu tradisional Skotlandia).

Selain berkolaborasi dengan musisi lokal Skotlandia, TRUST juga tampil bersama Duta Besar Republik Indonesia untuk Britania Raya, Desra Percaya, yang mempersembahkan lantunan saxophone dengan lagu "Tanah Air"


Perkenalkan Folksong Indonesia

Trust Orchestra dibawah pimpinan Nathania Karina ini berhasil mempersembahkan belasan alunan lagu-lagu daerah yang diaransemen secara modern. Nathania Karina sebagai Music Director Trust Orchestra mengatakan tentang lagu folk Indonesia yang bagus.

“Lagu folksong Indonesia itu sebenarnya bagus-bagus banget. Nah kita pengen mengemas lagu folksong ini supaya bergaya anak muda gitu ya. Karena Trust orchestra ini youth orchestra. Di Indonesia, generasi muda juga banyak yang nggak tahu folk song, bahkan nggak pernah denger. Nah, memperkenalkan ini menjadi salah satu misi yang utama," Nathania memaparkan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya