Habib Ja'far Bagikan Momen Ketemu Paus Fransiskus, 1 Detik untuk Toleransi Beragama Selamanya

Habib Ja'far membagikan sejumlah momen dan hal terkait pertemuannya dengan Paus Fransiskus. Termasuk, saat ia menuju lokasi sambil naik ojol.

oleh Ratnaning Asih diperbarui 05 Sep 2024, 14:00 WIB
Diterbitkan 05 Sep 2024, 14:00 WIB
Habib Husein Jafar Bahas Silaturahmi dan Mantan
Habib Ja'far membagikan sejumlah momen dan hal-hal terkait pertemuannya dengan Paus Fransiskus. Termasuk saat ia menuju lokasi sambil naik ojol. (Adrian Utama PUtra)

Liputan6.com, Jakarta Habib Ja’far salah satu orang yang beruntung karena bisa bertemu langsung dengan Paus Fransiskus dalam kunjungannya ke Indonesia. Dalam unggahan yang ia bagikan pada Kamis (5/9/2024), Habib Ja’far diundang dalam pertemuan tokoh agama bersama Sri Paus yang digelar di Masjid Istiqlal, Jakarta.

Rekan Onadio Leonardo ini membagikan sejumlah momen dan hal terkait pertemuan dengan Paus. Mulai dari surat undangan, kala ia menuju lokasi sambil naik ojol, hingga momen Paus Fransiskus turun dari mobil.

Momen saat Paus Fransiskus menuju panggung sambil menaiki kursi roda pun, tak luput dari kamera pria 36 tahun ini. Dalam unggahan ini ia menulis, “1 Detik Perjumpaan Dengan Paus Untuk Toleransi Selamanya Bagi Umat Beragama.”

Unggahan ini direspons dengan aneka komentar warganet, mulai dari yang lucu hingga kalimat adem. “Ketika Paus satu tempat dengan Paus tad..” tulis seorang warganet.

“Bersama walau tak sama. Menghormati tidak menghakimi. Bhineka Tunggal Ika,” kata yang lain.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pesan Habib Ja

Unggahan Habib Jafar. Instagram/ husein_hadar
Unggahan Habib Jafar. Instagram/ husein_hadar

Ini bukan unggahan pertama Habib Ja'far di medsos mengenai kedatangan Paus ke Indonesia pada 3 hingga 6 September 2024. "Welcome to Indonesia, Pope," begitu pesan Habib Husein Ja'far Al Hadar bersama emotikon simbol hati dalam unggahan Rabu kemarin.

Habib Ja'far juga berpesan umat Islam di Indonesia. "Jadilah tuan rumah yang baik. Begitu nasihat para nabi & nenek moyang kita," tambah Habib Ja'far.


Kesan Paus Fransiskus Datang ke Masjid Istiqlal

Paus Fransiskus Di Istiqlal
Pemimpin Takhta Suci Vatikan Paus Fransiskus (tengah depan) berfoto bersama dengan Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar dan tamu undangan lainnya di Masjid Istiqlal, Jakarta, Kamis (5/9/2024). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Dilansir dari kanal News Liputan6.com, Paus Fransiskus mengaku bahagia bisa berkumpul bersama, bahkan lintas agama di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. Keberadaan masjid tersebut dinilainya menjadi anugerah bagi Bangsa Indonesia.

“Saudara dan saudari terkasih selamat pagi, saya bahagia bisa berada di sini, di masjid terbesar di Asia bersama anda semua. Saya menyapa Imam Besar dan berterimakasih atas sambutannya yang disampaikan kepada saya,” tutur Paus Fransiskus di Masjid Istiqlal.

Ia menambahkan, "Yang mengingatkan kepada kita bahwa tempat ibadah dan berdoa ini juga merupakan rumah besar untuk umat manusia, tempat semua orang bisa masuk dan meluangkan waktu untuk diri mereka, guna menciptakan ruang bagi kerinduan akan Dia yang tak terbatas, yang dibawa oleh kita masing-masing dalam hati kita."


Rekayasa Lalu Lintas Saat Misa Akbar

Paus Fransiskus juga akan memimpin Misa Akbar atau Holy Mass pada sore hari ini.

Direktorat Lalu Lintas atau Dirlantas Polda Metro Jaya menyiapkan skenario rekayasa lalu lintas di sekitar Gelora Bung Karno atau GBK Senayan, Jakarta. Masyarakat diimbau mencari jalur-jalur alternatif guna mencegah terjadinya kemacetan saat misa berlangsung.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi menerangkan, rekayasa lalu lintas bersifat situasional.

"Diimbau kembali untuk menghindari jalan seputaran Stadion Gelora Bung Karno dikarenakan adanya kegiatan Misa Pope Francis Apostolic," kata Ade Ary dalam keterangan tertulis, Kamis (5/9/2024).

 

Berikut rekayasa lalu lintas yang disiapkan Polda Metro Jaya:

- Arus lalu lintas dari arah Jalan Gatot Subroto yang akan menuju ke Jalan Gerbang Pemuda diarahkan lurus ke arah Slipi

- Arus lalu lintas dari arah Slipi diarahkan lurus ke arah Semanggi, tidak ada yang menuju Layang Ladokgi ke arah Jalan Gerbang Pemuda

- Arus lalu lintas dari arah Bundaran Senayan yang akan menuju Jalan Pintu Satu Senayan diluruskan ke Jalan Jenderal Sudirman arah Semanggi

- Arus lalu lintas dari arah Jalan Mustopo yang menuju ke arah Jalan Asia Afrika di belokkan ke kanan menuju Jalan Hang Tuah Raya

- Arus lalu lintas dari arah Jalan Patal Senayan 1 yang akan menuju ke arah Jalam Asia Afrika di belokkan ke kiri ke Jalan Tentara Pelajar

- Arus lalu lintas dari arah Jalan Tentara Pelajar yang akan menuju Jalan Patal Senayan diluruskan ke arah Jalan Permata Hijau

- Arus lalu lintas dari arah Manggala Wanabakti yang akan menuju Jalan Gelora diluruskan ke arah Jalan Tentara Pelajar

Infografis Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia 3-6 September 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia 3-6 September 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya