5 Alasan Seunghan Keluar dari RIIZE, OT7 Hanya Bertahan 2,5 Bulan dan Kini Tinggal Kenangan

SM Entertainment mengumumkan Seunghan keluar permanen dari RIIZE, hanya dua hari setelah menyampaikan bahwa pria ini akan mengakhiri hiatus panjang.

oleh Ratnaning Asih diperbarui 14 Okt 2024, 12:00 WIB
Diterbitkan 14 Okt 2024, 12:00 WIB
RIIZE saat baru debut. (SM Entertainment via Soompi)
SM Entertainment mengumumkan Seunghan keluar permanen dari RIIZE, hanya dua hari setelah menyampaikan bahwa pria ini akan mengakhiri hiatus panjang. (SM Entertainment via Soompi)

Liputan6.com, Seoul - Bocornya beberapa foto Seunghan tak lama setelah ia debut bersama RIIZE, menimbulkan dua guncangan besar dalam BRIIZE—sebutan bagi penggemar grup ini. “Gempa” pertama terjadi pada tahun lalu, menyebabkan Seunghan akhirnya mengambil hiatus panjang dari grup hanya sekitar 2,5 bulan setelah grupnya debut.

Guncangan kedua terjadi pada Minggu (13/11/2024) kemarin. SM Entertainment—melalui Wizard Production, divisi yang menangani RIIZE—akhirnya mengumumkan bahwa Seunghan mundur secara permanen dari grup.

Sebenarnya apa alasan Seunghan keluar dari RIIZE? Ada setidaknya empat alasan, baik yang dirilis Seunghan maupun pihak SM Entertainment. Apa saja?

1. Respons Negatif Penggemar

Tampaknya, foto-foto Seunghan pradebut saat ia bermesraan dengan seorang wanita yang bocor, begitu melukai hati sebagian penggemar. Karena itu, gelombang protes di Korea Selatan begitu riuh. Dilansir dari Allkpop dan SBS Star, sejumlah penggemar bahkan secara kolektif mengirim truk protes dan pernyataan akan memboikot Seunghan. Pantauan di media sosial, karangan bunga dukacita pun memenuhi kantor SM. 

Pihak Wizard Production mengakui sentimen negatif dari penggemar memainkan peran besar atas diambilnya keputusan ini.

“Setelah mengumumkan bahwa ia akan kembali, kami mempertimbangkan secara cermat setiap pendapat dan respons yang dikirimkan penggemar. Kami menyadari bahwa keputusan kami sebenarnya menyakiti penggemar dan malah menyebabkan kebingungan yang lebih besar bagi mereka,” kata perwakilan Wizard Production dalam pernyataannya, diwartakan Soompi.

2. Seunghan Juga Ingin Keluar

Seunghan RIIZE (SM Entertainment via Soompi)
Seunghan RIIZE (SM Entertainment via Soompi)

Pihak Wizard Production juga mengungkap bahwa Seunghan pun sudah memiliki keinginan untuk keluar dari RIIZE.

“Pada saat yang sama, Seunghan dengan konsisten menyatakan keinginannya untuk meninggalkan grup demi para member dan penggemar.”

Ditambahkan, “Demi menghormati keputusan sang artis, kami mengumumkan bahwa Seunghan keluar dari RIIZE, dan tidak bergabung dalam grup.”

3. Seunghan Diliputi Kecemasan

Seunghan RIIZE (SM Entertainment via Soompi)
Seunghan RIIZE (SM Entertainment via Soompi)

Seunghan juga telah merilis pernyataannya mengenai alasan di balik keputusannya keluar dari RIIZE. Salah satu hal yang ia sebut, adalah kecemasan dalam dirinya bila kembali bergabung dengan Anton dkk.

"Setelah merenungkan secara mendalam mengenai apakah selama ini saya hanya memikirkan diri sendiri, apakah saya terlalu merugikan para member dan agensi, dan apakah tidak masalah saya menjadi bagian dari RIIZE yang seharusnya dicintai, yang saya rasakan hanyalah kekhawatiran dan penyesalan," tulis Seunghan.

4. Tak Ingin Merugikan RIIZE

RIIZE (SM Entertainment via Soompi)
RIIZE (SM Entertainment via Soompi)

Meski hanya sempat menyandang nama RIIZE kurang dari tiga bulan, Seunghan tak mau grupnya ini mendapat imbas negatif bila ia tetap bergabung dalam grup ini.

"Saya tidak ingin menyebabkan para penggemar terluka atau merasa bingung lagi, dan saya tidak ingin menyakiti para member lebih jauh, pun tak mau merugikan agensi ke depannya," kata dia.

Seunghan juga menyatakan dirinya akan terus mendukung RIIZE. 

5. Tak Ingin Fans Terpecah

RIIZE. (SM Entertainment via Soompi)
RIIZE. (SM Entertainment via Soompi)

Selama dua hari setelah pengumuman Seunghan comeback dari hiatus, suasana dalam fandom BRIIZE tampaknya begitu panas. Suara pro dan kontra di antara penggemar mengenai keberadaan Seunghan sama-sama nyaring terdengar. 

Hal ini pun diketahui Seunghan, dan menimbulkan tekanan baginya.

"Saya sungguh tak ingin hubungan RIIZE dan BRIIZE, yang berkembang bersama dengan saling mendukung, rusak karena saya. Hati saya juga hancur melihat para penggemar, yang seharusnya cukup dengan mencintai RIIZE saja, bertengkar satu sama lain karena saya," ujarnya.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya