10 Serial Televisi Paling Laris Dibajak Sepanjang 2013

Terbatasnya tayangan televisi rupanya bukan halangan bagi para penggemar untuk menjadikan Game of Thrones sebagai serial terlaris.

oleh Feby Ferdian diperbarui 27 Des 2013, 20:40 WIB
Diterbitkan 27 Des 2013, 20:40 WIB
game-of-thrones-131217b.jpg
Terbatasnya tayangan televisi rupanya bukan halangan bagi para penggemar serial. Tak tanggung-tanggung, selain berlangganan saluran kabel, beberapa pecandu serial televisi pun nekat mengunduh secara ilegal untuk bisa menikmatinya.

Diketahui, di luar judul-judul serial yang laris menjadi santapan para pecandu donwonload, terdapat serial 'Game of Thrones' yang berhasil duduk di puncak peringkat lewat total unduhan sebanyak 5,9 juta.

Sedangkan untuk peringkat keduanya, tercantum nama 'Breaking Bad' yang saat ini resmi mengakhiri cerita lewat musim kelima.

Penasaran? Berikut daftar lengkapnya:

1. "Game of Thrones" - 5.9 juta
2. "Breaking Bad" - 4.2 juta
3. "The Walking Dead" - 3.6 juta
4. "The Big Bang Theory" - 3.4 juta
5. "Dexter" - 3.1 juta
6. "How I Met Your Mother" - 3 juta
7. "Suits" - 2.6 juta
8. "Homeland" - 2.4 juta
9. "Vikings" - 2.3 juta
10. "Arrow" - 2.2 juta

Meskipun tren download ilegal banyak dipercaya mampu memperluas pasar dari stasiun televisi. Beberapa sineas televisi pun belakangan ini mulai mengeluhkan keadaan tersebut.

Dituturkan oleh Gale Anne Hurd, produser eksekutif untuk serial "The Walking Dead", para pengunduh gratis diharapkan bisa mematuhi hukum untuk mau membayar apa yang mereka nikmati. Menurutnya, jika terus dibiarkan, akan terjadi pemahaman yang salah di mata masyarakat tentang tren ini.

"Ada keyakinan yang salah dari para eksekutif TV tentang manfaat dari pembajakan." ucapnya.

Nampaknya, kebijakan perlindungan atas hak cipta materi di internet masih tak cukup hanya dengan Stop Online Piracy Act (SOPA) dan Protect IP Act (PIPA), padahal ketika diterapkan, kebijakan tersebut mempengaruhi aturan yang diberlakukan oleh para penyedia layanan internet.(Feb)



POPULER

Berita Terkini Selengkapnya