Bupati Banyuwangi Dukung Keputusan Larangan Mudik

Bagi Bupati Banyuwangi, keputusan larangan mudik sudah pasti melalui kajian dan pertimbangan matang untuk menenakan laju penyebaran Covid-19.

oleh Liputan6.com diperbarui 28 Mar 2021, 15:31 WIB
Diterbitkan 28 Mar 2021, 15:31 WIB
Ilustrasi mudik 2021 (Liputan6.com / Abdillah)
Ilustrasi mudik 2021 (Liputan6.com / Abdillah)

Liputan6.com, Surabaya- Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas menilai keputusan pemerintah pusat melarang mudik Lebaran 6 sampai 17 Mei 2021 demi kebaikan masyarakat. Bagi Bupati Banyuwangi, keputusan larangan mudik sudah pasti melalui kajian dan pertimbangan matang untuk menenakan laju penyebaran Covid-19.

"Kalau ngegas terus, rem diblong, bisa masuk jurang, jadi harus seimbang," ujarnya, seperti yang dikutip dari Antara, Minggu (28/3/2021).

Meskipun demikian, Bupati Banyuwangi menyadari mudik adalah tradisi masyarakat saat Lebaran. Namun, kondisi saat ini meminta pemahaman masyarakat supaya penyebaran Covid-19 bisa ditekan.

Apalagi, saat ini vaksinasi Covid-19 telah dilakukan. Proses masih berjalan dan belum mencapai jumlah yang ideal untuk mencapai kekebalan komunal (herd immunity).

Menurut Ipuk, larangan mudik menjadi upaya mengoptimalkan efek vaksinasi Covid-19.

Untuk menindaklanjuti kebijakan larangan mudik, Bupati Banyuwangi akan melakukan koordinasi dengan Satgas Covid-19, termasuk dengan para camat dan kepala desa, sembaru menunggu aturan teknis kementerian terkait.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya