780 Ribu Kendaraan Lintasi Tol Ngawi-Kertosono Saat Mudik Lebaran

Ia menilai peningkatan tersebut dipengaruhi oleh tingginya animo masyarakat untuk mudik di tahun ini setelah dua tahun sebelumnya dilarang karena pandemi COVID-19.

oleh Liputan6.com diperbarui 30 Apr 2022, 20:12 WIB
Diterbitkan 30 Apr 2022, 20:12 WIB
Presiden Jokowi meresmikan Jalan Tol Ngawi-Kertosono (Ruas Ngawi-Wilangan) pada Kamis, (29/3/32018). (Dok Jasa Marga)
Presiden Jokowi meresmikan Jalan Tol Ngawi-Kertosono (Ruas Ngawi-Wilangan) pada Kamis, (29/3/32018). (Dok Jasa Marga)

Liputan6.com, Ngawi - Direktur Utama PT Jasa Marga Ngawi Kertosono Kediri (JNK) Arie Irianto memprediksi volume kendaraan yang melintasi Jalan Tol Ngawi-Kertosono, selama masa arus mudik dan balik Lebaran 2022 mencapai sekitar 780.000 unit.

Menurut ia, proyeksi volume kendaraan tersebut meningkat 29 persen dibandingkan masa mudik dan balik Lebaran 2019.

Ia menilai peningkatan tersebut dipengaruhi oleh tingginya animo masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik di tahun ini setelah dua tahun sebelumnya dilarang karena pandemi COVID-19.

"Untuk puncak mudik, kami perkirakan terjadi mulai Jumat ini hingga Minggu nanti dengan jumlah kendaraan bisa mencapai lebih dari 42.000 unit setiap harinya. Sejauh ini sudah 80.000 unit dan terus bertambah," kata dia, Sabtu (30/4/2022), dikutip dari Antara.

Dengan peningkatan volume kendaraan tersebut, pihaknya meminta para pengguna jalan tol untuk lebih berhati-hati demi terwujudnya keselamatan berkendara.

Sebab, keselamatan berkendara di jalan tol merupakan tanggung jawab bersama, yang bukan hanya tanggang jawab pihak pengelola tol dan polisi, namun juga pengendara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Keselamatan Berkendara

Jalan Tol Ngawi Kertosono KM 604+000 Madiun Jawa Timur Banjir
Jalan Tol Ngawi Kertosono KM 604+000 Madiun Jawa Timur Banjir

Arie menambahkan guna menekan kecelakaan lalu lintas di jalan tol, pihaknya telah melalukan berbagai upaya mulai dari menjaga kelancaran dan kelayakan sarana jalan, pemasangan rambu-rambu lalu lintas, hingga melakukan kampanye keselamatan berkendara.

"Pastikan saat berkendara di jalan tol, kondisi kesehatan pengendara fit, kondisi kendaraan baik, patuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada, dan terlebih tidak melebihi batas kecepatan yang ditentukan. Banyak kejadian kecelakaan yang berdasarkan hasil investigasi disebabkan karena over speed dari yang ditetapkan," katanya.

Pihaknya mengimbau kepada pengguna jalan tol, khususnya yang melintas Tol Ngawi-Kertosono, untuk tetap mematuhi aturan yang berlaku agar selamat selama perjalanan di jalan tol.

Infografis Jadwal Ganjil Genap dan One Way Arus Mudik Lebaran 2022
Infografis Jadwal Ganjil Genap dan One Way Arus Mudik Lebaran 2022.
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya