17 Lukisan SBY Mejeng di Pasar Seni Lukis Surabaya, Dijual Harga Berapa?

Anis mengaku tidak tahu berapa harga lukisan karya SBY yang dijual di ajang ini.

oleh Liputan6.com diperbarui 19 Nov 2022, 12:07 WIB
Diterbitkan 19 Nov 2022, 12:07 WIB
Punya Jiwa Seni, Ini 7 Potret Hasil Karya Lukisan SBY yang Banyak Dipuji
Lukisan karya Susilo Bambang Yudhoyono (Sumber: Instagram/aniyudhoyono)

Liputan6.com, Surabaya - Sebanyak 17 lukisan karya Presiden RI ke- 6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meramaikan Pasar Seni Lukis Indonesia (PSLI) 2022 di Surabaya. 

SBY diundang secara khusus untuk mendisplai karya-karyanya dalam kegiatan dalam rangkaian peringatan Hari Jadi Provinsi Jawa Timur ke-77, yang diselenggarakan di Gedung JX International Surabaya, 18-27 November 2022.  

"Selain juga dijual, tujuan utamanya agar masyarakat Surabaya dan sekitarnya dapat melihat secara langsung karya-karya lukisan Pak SBY," kata Ketua Penyelenggara M Anis, Jumat malam (18/11/2022), dikutip dari Antara. 

PSLI merupakan agenda rutin setiap tahun yang digelar dalam rangkaian peringatan Hari Jadi Provinsi Jawa Timur

Penyelenggaraan tahun ini diikuti oleh sebanyak 220 pelukis dari berbagai daerah se-Indonesia, yang menempati 130 stan dan dibuka oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Anis mengaku tidak tahu berapa harga lukisan karya SBY yang dijual di ajang ini.

"PSLI itu para pelukis dilarang mencantumkan harga. Harga itu disampaikan secara lisan saja. Kalau transaksi kami juga tidak melakukan pungutan komisi. Pak SBY saya juga gak tahu karya-karyanya dijual berapa," ujarnya.  

Selain pengunjung umum yang memanfaatkan karya-karya lukisan SBY sebagai latar belakang untuk swafoto, juga menjadi perhatian bagi para seniman asal Kota Surabaya dan sekitarnya. 

Salah satunya pelukis senior asal Kota Surabaya Asri Nugroho yang mengaku kagum dengan karya-karya SBY.

"Saya tahu Pak Susilo Bambang Yudhoyono itu dengar-dengar melukis. Tapi tidak tahu kalau karyanya ternyata bagus-bagus. Ini karya yang benar, sebagai lompatan awal seorang pelukis ya seperti ini," katanya.  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cat Aklirik

SBY dan keluarga menggelar acara peringatan 1.000 hari kepergian Ani Yudhoyono di JCC, Senayan, Jakarta. (Liputan6.com/Delvira Hutabarat)
SBY dan keluarga menggelar acara peringatan 1.000 hari kepergian Ani Yudhoyono di JCC, Senayan, Jakarta, Minggu (19/6/2022). Puluhan lukisan karya SBY dipamerkan di acara bertajuk “Mengenang Ani Yudohoyono”. (Liputan6.com/Delvira Hutabarat)

Karya-karya lukisan menggunakan cat akrilik di atas kanvas itu seluruhnya dibuat SBY dalam rentang waktu tahun 2021 – 2022, dengan mencontoh dari foto-foto aslinya. 

Nuansa realis dan kedetailan lukisan di keseluruhan karyanya tampak muncul begitu kuat dengan pemilihan warna-warna cerah, yang mungkin secerah suasana hatinya. 

Asri Nugroho menilai SBY benar-benar memanfaatkan kegemaran melukisnya sebagai sarana rekreasi. 

"Bisa jadi untuk menenangkan pikiran di tengah panasnya suhu politik Tanah Air, setelah tidak lagi menjabat sebagai Presiden RI," tuturnya.

Infografis Piala Dunia 2022
Infografis Piala Dunia 2022. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya