Dapil Pemilu 2024 Kota Probolinggo Bertambah Jadi 5, Cek Rinciannya

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Probolinggo mulai menetapkan jumlah Daerah Pemilihan (Dapil) di kota setempat. Pada Pemilu 2029 terdapat 3 Dapil, untuk tahun 2024 mendatang bakal ada 5 dapil.

oleh Hermawan Arifianto diperbarui 12 Feb 2023, 16:05 WIB
Diterbitkan 12 Feb 2023, 16:05 WIB
Ketua KPU Kota Probolinggo Ahmad Hudri  (Istimewa)
Ketua KPU Kota Probolinggo Ahmad Hudri (Istimewa)

Liputan6.com, Probolinggo Kota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Probolinggo mulai menetapkan jumlah Daerah Pemilihan (Dapil) di kota setempat. Pada Pemilu 2019 terdapat 3 Dapil, untuk tahun 2024 mendatang bakal ada 5 dapil.

Ketua KPU Kota Probolinggo, Ahmad Hudri mengatakan, perubahan  dapil itu menindaklanjuti terbitnya PKPU nomor 6 Tahun 2023, tentang Daerah Pemilihan (Dapil) dan alokasi kursi

Meliputi untuk DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota di Pemilu Tahun 2024 yang mana ditetapkan Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari pada Senin 6 Februari 2023.

“Jadi pada Pemilu Tahun 2024 nanti. Bakal ada 5 dapil atau sama dengan jumlah kecamatan di Kota Probolinggo,”ujar Hudri Jumat (10/2/2023)

Hundri mengatakan, kalau perubahan dapil tersebut, juga sesuai dengan salah satu rancangan yang sudah disusun oleh KPU Kota Probolinggo

“Kami sebelumnya telah membahas 3 rancangan dapil, yakni 3 dapil 4 dapil, dan 5 dapil. Dan dalam pembahasanya, melibatkan para stakeholder terkait lewat dua kali uji publik dan satu kali Fokus Group Discussion (FGD),”tutur Hudi

Dalam forum itu dihadiri partai politik, Bawaslu, Forkopimda, perguruan tinggi, organisasi kemasyarakatan, organisasi kepemudaan, organisasi kemahasiswaan dan wartawan.

Setelah ditentukan, lanjut Hudri, perubahan dapil bakal disosialisasikan oleh KPU Kota Probolinggo pada Stakeholder terkait, namun sebelumnya dilakukan pleno terlebih dahulu.

Hal Yang sama juga dikatan Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU, Kota Probolinggo, Upik Raudhatul Hasanah, Upik  mengatakan, dengan adanya perubahan menjadi 5 dapil di Kota Probolingo, maka di masing- masing Kecamatan Nantinya bakal ada 1 dapil.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Rincian Dapil

Dapil Kota Probolinggo 1 adalah Kecamatan Kanigaran dengan 8 kursi,

Dapil Kota Probolinggo 2 adalah Kecamatan Mayangan dengan 8 kursi

Dapil Kota Probolinggo 3 adalah Kecamatan Wonoasih dengan 4 kursi.

Dapil Kota Probolinggo 4 adalah Kecamatan Kedopok dengan 5 kursi.

Dapil Kota Probolinggo 5 adalah Kecamatan Kademangan dengan 5 kursi.

Infografis Alasan & Solusi Harga BBM Subsidi Naik
Infografis Alasan & Solusi Harga BBM Subsidi Naik (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya