Raup Untung Pedagang Perlengkapan Haji Keliling, Sebulan Kantongi Rp 100 Juta

Datangnya musim haji membawa berkah bagi pedagang perlengkapan haji di Kota Malang. Dengan berkeliling mereka meraup banyak keuntungan karena dagangannya laris diserbu pembeli.

oleh Liputan6.com diperbarui 22 Mei 2023, 10:05 WIB
Diterbitkan 22 Mei 2023, 10:05 WIB
Menunaikan Ibadah Haji dan Umroh
Ilustrasi Menunaikan Ibadah Haji Credit: pexels.com/pixabay

Liputan6.com, Jakarta Datangnya musim haji membawa berkah bagi pedagang perlengkapan haji. Dengan berkeliling mereka meraup banyak keuntungan karena dagangannya laris diserbu pembeli.

Salah satunya adalah Ali Wahyudin, pria asal Tegal, Jawa Tengah itu mengaku jika di musim haji seperti ini dia berkeliling lintas kota dan kabupaten di Jawa Timur. Bahkan, omset yang diperoleh pun ternyata sangat besar.

Di tiap musim haji, Ali mengaku omzetnya per bulan kira-kira mencapai Rp100 juta.

“Karena sebulan itu pasti muter terus, kemana-mana. Nanti dari Kota Malang, ke Situbondo, lalu Tuban, dan seterusnya,” jelasnya saat jualan di Kota Malang, ditulis Senin (22/5/2023).

Untuk perlengkapan haji yang dijual tentunya untuk memenuhi kebutuhan dari para jemaah calon haji dan itu bermacam-macam jenisnya. Mulai dari kebutuhan aksesoris dari kepala hingga ujung kaki.

Untuk harga juga relative, yaitu mulai dari Rp15 ribu hingga Rp200 ribu.

“Ada topi, kacamata, masker, sajadah, kaos kaki, botol kerikil, kerudung, hingga baju dan celana. Yang paling banyak dibeli sama mereka itu mesti topi dan kacamata,” katanya.

Salah satu pembeli, Tri Agus Tono (61), mengatakan jika dengan adanya pedagang ini tentu sangat membantu dirinya untuk memenuhi kebutuhannya dalam melakukan ibadah haji. Terlebih, menurutnya harga yang dijualkan lebih murah daripada di toko lainnya.

“Tadi beli tempat kerikil, lalu sajadah yang agak lembab untuk di Musdalifah nanti. Pasti ini sangat membantu, karena di sini harganya juga lebih murah dari pada lainnya. Kemudian, ini juga langsung di depan mata jadi tidak perlu masuk cari-cari ke dalam toko,” jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sangat Membantu

Dilihat dari Rukunnya
Ilustrasi Melaksanakan Ibadah Haji Credit: pexels.com/pixabay

Sementara itu, pembeli lain, Endang Sarasati Ningsih (58), mengatakan dengan adanya pedagang ini juga sangat membantu dirinya. Pada kesempatan ini ia membeli beberapa barang yang belum dimiliki, seperti sarung tangan dan dalaman kerudung.

“Sangat terbantu tentunya dengan adanya pedagang ini, karena masih ada beberapa barang yang kurang, akhirnya beli di sini. Alhamdulillah untuk persiapan fisiknya pun juga sudah semua,” imbuh Endang

Infografis Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji 2022 per Jemaah
Infografis Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji 2022 per Jemaah (Liputan6.com/Trie Yas)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya