Survei ARCI: Prabowo Unggul di Jatim Capai 40,1 Persen, Faktor Gibran dan Jokowi

Baihaki menjelaskan, faktor Prabowo-Gibran unggul di Jatim salah satunya migrasi pendukung PDIP yang awalnya memilih Ganjar Pranowo, kini beralih ke Prabowo.

oleh Dian Kurniawan diperbarui 02 Nov 2023, 14:02 WIB
Diterbitkan 02 Nov 2023, 14:02 WIB
Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka
Prabowo-Gibran didaftarkan oleh tujuh partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Kamis (19/10/2023) atau hari terakhir pendaftaran. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Surabaya - Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) merilis hasil survei terbaru di Jatim terkait elektabilitas bacapres-bacawapres yang sudah mendaftar di KPU.

Hasilnya, pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka teratas di Jawa Timur dengan angka 40,1 persen. Kemudian disusul Ganjar Pranowo-Mahfud MD 35,9 persen. Dan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar di angka 22,2 persen.

"Sebanyak 1,8 persen responden belum menentukan pilihan," ucap Direktur Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) Baihaki Sirajt, Kamis (2/10/2023).

Baihaki menyebut, bergabungnya Gibran membuat Prabowo mendapat limpahan suara loyalis Jokowi di Jatim. Apalagi, Jatim merupakan basis Jokowi selama dua kali Pilpres di 2014 dan 2019.

"Salah satu faktornya loyalis Jokowi yang dulunya banyak merapat ke Ganjar, kini mulai beralih ke Prabowo," ujarnya.

Baihaki menjelaskan, faktor Prabowo-Gibran unggul di Jatim salah satunya migrasi pendukung PDIP yang awalnya memilih Ganjar Pranowo, kini beralih ke Prabowo.

"Pemilih PDIP, terutama di basis mataraman yang awalnya memilih capresnya Ganjar, kini beralih ke Prabowo karena faktor Gibran," ucap Baihaki.

"Selama ini Prabowo lemah di mataraman. Begitu ada Gibran, bisa mengangkat suara Prabowo di basis-basis PDIP di mataraman," tambah Baihaki.

Baihaki mengatakan, sebanyak 33,7 persen pemilih PDIP memilih Prabowo-Gibran. Sementara 66,3 persen memilih Ganjar-Mahfud MD. Tidak ada pemilih PDIP yang ke Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Survei ARCI Dilakukan pada 22-27 Oktober 2023

Deklarasi Milenial Creative Bandung Dukung Prabowo-Gibran, Rabu (01/11) (Istimewa)
Deklarasi Milenial Creative Bandung Dukung Prabowo-Gibran, Rabu (01/11) (Istimewa)

"Faktor Gibran dan Jokowi mempengaruhi pemilih PDIP di Jatim beralih dari Ganjar ke Prabowo. Jadi mereka kalau partai tetap memilih PDIP, tapi capresnya Prabowo," ujarnya.

"Survei ini kami lakukan saat bacapres mendaftar ke KPU, dan saat Gibran diumumkan sebagai cawapres oleh Prabowo," pungkas Baihaki.

Survei ARCI dilakukan pada 22-27 Oktober 2023. Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 1.200 responden yang tersebar proporsional di 38 kabupaten/ kota Jatim. Survei ARCI memiliki margin of error sebesar 2,8 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Infografis Prabowo Usung Gibran Jadi Cawapres di Pilpres 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Prabowo Usung Gibran Jadi Cawapres di Pilpres 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya